Satu tulisan saya kali ini terkait dengan tanaman yang multiguna lagi. Kebetulan di halaman belakang rumah asal saya di Blater – Purbalingga banyak tumbuh tanaman ini dengan cukup rimbun. Ibu saya setiap bulan sekali didatangi orang untuk membeli daun-daun pandan ini untuk dijual di pasar.

Daun pandan wangi yang kaya manfaat.

Daun pandan wangi yang kaya manfaat.


Untuk diketahui bahwa pandan merupakan jenis tanaman yang terdiri dari beberapa jenis, ada pandan berduri yang biasa untuk dijadikan bahan anyaman dan juga ada pandan wangi seperti yang saya tuliskan ini. Tanaman pandan wangi memiliki nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb. Tanaman ini dipercayai berasal dari Bangka, Indonesia serta telah tersebar luas di kawasan Asia Tenggara. Tanaman pandan wangi tumbuh di daerah tropis dan banyak ditanam di halaman atau di kebun. Pandan wangi kadang juga tumbuh liar di tepi sungai, tepi rawa, dan di tempat-tempat yang agak lembap, tumbuh subur dari daerah pantai sampai daerah dengan ketinggian 500 m dpl. Secara umum, tanaman berbentuk semak yang tumbuh menahun dengan tinggi 1-2 m. Batangnya berbetuk bulat dengan bekas duduk daun, bercabang, menjalar, serta terdapat akar tunjang yang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang. Pandan memiliki daun tunggal, duduk, dengan pangkal memeluk batang, tersusun berbaris tiga dalam garis spiral. Helaian daunnya berbentuk pita, tipis, licin, ujung runcing, tepi rata, bertulang sejajar, panjang 40 – 80 cm, lebar 3 – 5 cm, berduri tempel pada ibu tulang daun permukaan bawah bagian ujung-ujungnya, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, warnanya putih. Buahnya buah batu, menggantung, bentuk bola, diameter 4 – 7,5 cm, dinding buah berambut, warnanya jingga.

Berbeda dari tanaman pandan jenis lainnya, pandan wangi memiliki daun yang mengeluarkan aroma wangi dan menyegarkan. Dari Wikipedia, diketahui bahwa pada daun pandan banyak mengandung senyawa alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, polifenol, dan zat warna.

Budidaya tanaman pandan yang tumbuh menyemak

Budidaya tanaman pandan yang tumbuh menyemak


Mengingat penghasil aroma wangi ini, maka daun pandan disukai orang untuk berbagai keperluan seperti :

-sumber pengharum pada makanan tradisional dan minuman.

Salah satu aditif makanan adalah berupa pengharum makanan guna memancing selera makan. Pandan wangi dapat digunakan sebagai aditif makan alami yang tidak menimbulkan efek kesehatan. Aroma wangi yang dihasilkan sangat cocok untuk makanan yang memiliki rasa manis atau gurih, sehingga makanan yang dihasilkan akan memiliki cita rasa tersendiri.

Untuk makanan jajanan seperti nagasari atau makanan lainnya yang berbentuk potongan tunggal, daun pandan diiris kecil dan disisipkan di bahan sebelum dimasak. Kalau untuk bubur ketan atau bubur kacang hijau, maka daun pandan panjang diikat dan dimasukkan ke dalam makanan saat dimasak.

Selain untuk aditif bahan makanan, ternyata pandan wangi juga disukai untuk produk minuman. Saat ini ada beberapa produk sirup, minuman kacang soya dan santan kelapa dengan rasa pandan yang beredar di pasaran.

Selain efek wangi, daun pandan ini juga dapat befungsi sebagai pemberi warna hijau pada bahan yang digunakan. Hal ini karena kandungan zat warna hijau yang kuat pada daun pandan. Saat ini banyak beredar roti atau camilan dengan ciri khas pandan, yang umumnya berwarna kehijauan. Terkait dengan hal ini sekarang telah banyak dijual ekstrak daun pandan siap pakai yang dipergunakan sebagai perasa kue dan bahan makanan.

Sisa daun pandan untuk makanan bubur kacang hijau.

Sisa daun pandan untuk makanan bubur kacang hijau.


Kue bolu rasa pandan.

Kue bolu rasa pandan.

-Untuk pewangi dekorasi ruang kamar pengantin dan pelaminan

Ruang kamar pengantin atau tempat pelaminan biasanya dirias dengan dekorasi cantik dan seringkali menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga segar atau lainnya. Dekorasi seperti ini tidak lengkap jika tidak ada pengharum yang bersifat alami juga, dan dalam hal ini sering digunakan aroma wangi-wangian menggunakan bunga sedap malam dan daun pandan wangi. Bunga sedap malam tentu saja dilakukan dengan pemasangan beberapa tangkai bunga yang ditempatkan dalam vas berair, sedangkan pandan wangi dilakukan dalam bentuk irisan daun yang lembut dalam jumlah banyak untuk disebar ditumpuk di beberapa tempat.

-Untuk pewangi toilet kamar mandi

Kalau yang ini saya baru sekali saja menjumpai dan kebetulan malah bertempat di kota besar di KL. Saat saya masuk ke toilet modern di salah satu pusat perbelanjaan di kota ini, ternyata terpasang satu ikat daun pandan wangi yang digunakan sebagai pengharum toilet ini. Toilet yang cukup bersih dan nyaman dgunakan, terletak di lokasi yang cukup modern, ternyata hanya menggunakan pengharum dari daun pandan wangi ini. Saya kira hal ini patut ditiru.

Pandan wangi untuk pengharum toilet.

-Untuk campuran kembang pada saat sesaji

Pada saat upacara penyemayaman jenasah, upacara penghantaran ke makam dan prosesi pemakaman, bagi orang Jawa selalu disertai dengan taburan bunga sesaji. Bunga ini terdiri dari campuran bunga mawar merah dan mawar putih, melati atau kantil, kenanga, serta ditambah dengan irisan daun pandan wangi, yang kesemuanya dicampur menjadi satu.

Kalau di beberapa kota di Jawa, kebutuhan ini biasanya selalu dapat dicukupi dengan jalan dibeli di pasar atau kios penjual bunga sesaji ini. Karena alasan tertentu maka sering ditafsirkan bahwa bunga ini adalah makanan bagi para roh halus. Buktinya salah satu kios penjual bunga sesaji di Yogyakarta saja, memasang spanduk reklamenya sebagai Warung Makan Roh Halus.

Pandan wangi juga dikatakan mempunyai khasiat perubatan. Bagi kegunaan perubatan pula antaranya adalah untuk merawat penyakit demam campak dan juga dikatakan berkesan bagi mengubati penyakit gonorea, sifillis, denggi dan anaemia. Untuk khasiat pengobatan, mungkin pembaca bisa merujuk pada berbagai link seperti  link ini atau link ini.

Satu lagi saya jumpai di internet adalah hiasan yang dibuat dari setangkai pucuk pandan dengan bagian ujung masing-masing helaian daun dirangkai. Rangkain ini cukup indah juga seperti tampak dalam gambar dan dapat ditiru untuk dekorasi di meja.

Hiasan bunga dari setangkai pandan wangi.

Hiasan bunga dari setangkai pandan wangi.


Detail hiasan bunga dari setangkai pandan wangi

Detail hiasan bunga dari setangkai pandan wangi

Kalau menurut saya sih, salah satu manfaat tanaman pandan ini dapat juga sebagai tanaman hias baik untuk ditanam di halaman maupun untuk di pot. Untuk tanaman halaman, saya kira cukup baik kalau ditanam berkelompok sebagai salah satu titik tarik pandangan. Dengan warna hijau yang segar, apalagi saat disiram dengan air, maka akan tercium aroma wangi yang benar-benar menyegarkan. Kalau ditanam di pot juga bagus, terlebih jika ditumbuhkan dengan memperlihatkan bagian batang dan akar batangnya, maka akan terlihat sebagai tanaman yang cukup eksotis.

Pandan sebagai tanaman hias dalam pot.

Pandan sebagai tanaman hias dalam pot.


Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang anda memanfaatkan bagian halaman rumah anda untuk ditanami dengan tanaman pandan wangi yang multi guna ini. Minimal kalau anda mau memasak makanan tertentu atau akan membuat bubur, tinggal menambahkan daun pandan dengan tidak perlu membeli cukup dipetik saja dari tanaman di halaman. Pada akhirnya, anda akan memperoleh halaman yang indah dan segar, serta ada langkah penghematan karena tidak perlu membeli bahan dari pasar. Tanaman ini mudah diperbanyak dengan hanya menggunakan tunas anakannya.

OK ! Kalau anda sudah menanam boleh memberi kabar ke saya, kalau memang sempat akan saya tengok, sekalian menunggu jamuan cake pandan dan es sirup pandannya juga.

Tertarik baca tulisan lain ? klik saja link berikut untuk menuju blog kami :
Iqmal Tahir

About these ads

4 responses »

  1. kemas yusra mengatakan:

    tnx infonya, om jamal… kebetulan saya juga mau riset tentang bahan dasar pandan wangi, klu nggak keberatan kita bisa sharing. email: yc3lok@yahoo.com. matur nuwun.

    • Iqmal mengatakan:

      om jamal dicari mas kemas tuh…. hehe… salah nama tuh….
      yang mau disharing apa lagi nih ? kan sudah ada tulisan saya di sini….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s