Setelah seharian bekerja di laboratorium, badan akan terasa letih dan pegal-pegal. Untuk menyegarkan kembali, biasanya saya terus pergi mandi untuk membasuh seluruh tubuh dengan air dingin dan kemudian berbaring meluruskan tubuh. Memang sejenak akan hilang perasaan letih itu karena terasa kesegaran setelah mandi tersebut, namun tak lama kemudian di tubuh akan muncul kembali rasa pegal-pegal. Kalau di rumah, biasanya minta bantuan isteri untuk sedikit memijat punggung dengan diolesi balsam penghangat. Tetapi kalau saat jauh dari rumah seperti sekarang ini tidak ada yang dapat diminta tolong untuk memijat. Alternatif penyelesaian masalah ini kemudian adalah dengan menggunakan gadget sederhana yang berfungsi untuk memijat.

Alat pijat sederhana ini relatif berbentuk kecil dan dapat dioperasikan dengan bantuan empat batere kecil. Kalau buat saya yang orang kimia, bentuk alat pijat ini menarik. Gadget ini berbentuk tetrahedral semacam piramid dengan tiga sudut di alasnya. Ujung atas berbentuk besar untuk tempat mesin getar dan batere, sedangkan ketiga sudut di alasnya inilah yang digunakan untuk menempel di tubuh. Kalau orang kimia sekilas akan membandingkan dengan molekul khlorometana, CH3Cl.

Alat pijat elektrik yang berbentuk tetrahedral menyerupai struktur CH3Cl.

Cara penggunaan gadget yang saya miliki ini relatif sederhana. Alat dihidupkan dengan tombol on-off berupa ujung atas yang dapat ditekan. Setelah itu alat akan bergetar secara periodik dan bisa diatur kecepatan getarannya untuk kecepatan tinggi atau sedang. Alat tinggal disentuhkan ke bagian tubuh yang perlu dipijat. Tanpa ditekan dengan tangan pun getaran dari alat ini dapat mengenai tubuh yang terasa pegal-pegal. Jika ingin merasakan getaran lebih kuat, maka alat dapat ditekan sedikit. Mengingat bentuknya yang kecil maka alat ini dapat digunakan pada berbagai bagian tubuh seperti punggung, perut, dada, tengkuk, paha, betis, lengan atau bagian tubuh lain. Jadi penggunaan alat ini relatif sangat praktis walaupun hanya sekedar untuk pijat ringan saja.

Kalau saya lakukan pencarian informasi di internet, sebenarnya terdapat banyak alat serupa. Beberapa alat pijat manual yang ringkas terdapat di pasaran, baik untuk pijat punggung, pijat telapak kaki, bahkan ada yang untuk pijat mata. Untuk alat pijat punggung, seperti yang saya miliki di atas, ternyata juga ada yang berbentuk lain. Saya peroleh satu gadget pijat kecil yang berbentuk ikan lumba-lumba. Alat ini memang untuk pijat punggung dengan fungsi yang bergetar juga.

Alat pijat elektrik berbentuk lumba-lumba.

Apabila dibandingkan efektivitas alat pijat ini dengan pijat manusia, apalagi yang tenaga pemijat terlatih, tentu saja tidak ada apa-apanya. Alat pijat ini hanya memiliki arah pijatan yang terbatas, lebih banyak hanya menekan dengan frekuensi getaran tertentu saja. Daerah yang dipijat juga terbatas yang dikehendaki oleh kita sendiri yang kadang tidak mengetahui bagian tubuh mana yang harus diurut dengan baik.

Dari sisi penggunaan tenaga yang diperlukan gadget ini, kebanyakan menggunakan listrik dari batere. Terkait dengan penggunaan yang kerap kali diperlukan oleh pengguna, maka batere ini akan boros. Untuk itu disarankan agar selalu menggunakan batere yang dapat diisi ulang (rechargable) daripada menggunakan batere sekali pakai. Batere sekali pakai mungkin lebih murah tetapi hanya dapat digunakan untuk beberapa saat saja, dan yang jelas akan menghasilkan sampah batere yang termasuk bahan berbahaya dan beracun (B3). Apabila menggunakan batere isi ulang, memang dari sisi harga akan relatif lebih mahal, tetapi karena dapat digunakan berulang dengan jalan diisi kembali maka biaya operasional akan lebih hemat. Enaknya adalah saat batere telah diisi maksimum maka getaran yang dihasilkan dari gadget ini akan terasa kuat. Keuntungan lain adalah akan ikut berperan mengurangi jumlah sampah padat ke lingkungan.

Sekian dulu dan semoga bermanfaat.

 

Iqmal Tahir

About these ads

7 responses »

  1. erry mengatakan:

    pengin dipijat dong…

  2. achmad mengatakan:

    kalau saya mau beli brapaharganya ya mas ?

  3. achmad mengatakan:

    kalau saya mau beli harga nya berapa?

    • Iqmal mengatakan:

      waduh coba saja dicari informasi harganya di internet atau di forum jual beli ya mas, saya malah tidak tahu harga terkini alat itu…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s