Saya menemukan kembali satu gambar yang sering saya bawakan untuk pelatihan 3R dalam pengelolaan sampah domestik. Gambar  ini saya temukan di website yang sering memuat gambar-gambar unik dari berbagai belahan dunia. Saya sendiri malah sudah lupa di web mana gambar itu diambil.

Dalam gambar diilustrasikan seorang yang menggunakan sandal yang terbuat dari botol plastik. Botol bekas yang tadinya digunakan untuk air minum itu kemudian diberi jepitan. Pada akhirnya botol ini kemudian digunakan sebagai alas kaki yang murah meriah bagi orang itu.

Botol bekas yang digunakan sebagai sandal.

Tentu saja bukan maksud saya untuk membuat bahan gurauan dengan menampilkan gambar tersebut. Bahkan jika mau jujur, kadang timbul rasa getir dan iba melihat sosok yang ada itu. Kita harus bersyukur atas kondisi kita yang boleh dikata relatif jauh lebih baik dari orang itu.

Botol bekas jadi sepatu.

Botol bekas jadi sepatu.


Maksud saya menampilkan gambar itu adalah untuk membuat bahan diskusi bagi peserta pelatihan 3R tersebut. Untuk diketahui 3R adalah konsep dari upaya Reduce, Reuse dan Recycle. Seringkali orang menambahkan konsep ini dengan 4R dengan penambahan recovery. Asal bukan terus jadi 5R untuk istilah reposting, kalau ini perbuatan yang sangat diharamkan bagi para blogger karena ada unsur plagiarismnya.

Konsep reduce sudah jelas maksudnya, akan tetapi konsep reuse dan recycle kadang sering diperdebatkan dalam artian batasan yang jelas. Padahal kalau dipikir jauh lebih penting untuk memikirkan praktek dan realisasi konsep itu daripada sekedar memperbincangkan teori saja. Namun memang sering tetap saja ada peserta pelatihan yang memperdebatkan hal ini. Dari sini saya memancing peserta untuk melihat kasus sandal itu itu memilih termasuk kategori yang mana.

Jadi menurut anda, kasus orang yang membuat alas kaki dari botol sandal bekas itu termasuk reuse atau recycle ?

Iqmal Tahir

2 responses »

  1. Luqman Ar-Raahman Al-Shaleh mengatakan:

    Assalamu’alaikum….

    Alhamdulillah wacanan ini sangat bermanfaat…
    Kunjungi blog saya http://abdurrahmanshaleh.wordpress.com/
    kasih komentar dan saran…
    Terimakasih…

    Wassalamu’alaikum….

Tinggalkan Balasan

