Saya kira semua tahu tentang bilangan phi ya ? Bilangan tertentu yang banyak digunakan oleh para kalangan tidak hanya dalam bidang matematika tetapi juga banyak bidang yang lain. Ternyata setiap tanggal 14  bulan maret ini selalu diperingati hari nasional bilangan phi bagi kalangan matematikawan di negara AS.

Bilangan phi.

Bilangan phi.

Bilangan phi sering dikenal dalam pecahan 22/7. Bilangan ini sebenarnya bukan suatu bilangan eksak dan merupakan bilangan pecahan dengan deret yang tak terhingga. Dalam kebanyakan perhitungan sering juga dibulatkan dalam dua angka signifikan yakni 3,14.

Saya pertama kali mengenal bilangan phi ini waktu diperkenalkan di pelajaran matematika tingkat smp. Guru matematika saya di SMP Negeri 1 Purwokerto waktu itu adalah bu Eti . Saya mengucapkan hormat dan apresiasi atas cara mengajar beliau soal pengenalan bilangan ini. Seluruh siswa saat itu diminta membuat lingkaran dengan menggunakan kertas. Ukuran kertas itu terserah yang penting harus berbentuk bulat sempurna. Setelah itu dengan menggunakan tali, siswa diminta mengukur keliling lingkaran itu. Selanjutnya siswa juga diminta untuk mengukur diameter dari lingkaran tersebut. Bu Eti kemudian membuat tabel di papan tulis sebanyak 4 kolom yakni berisikan nomor, keliling lingkaran, diameter lingkaran dan pada kolom terakhir keliling/diameter. Jadi mahasiswa diminta untuk membagi ukuran keliling dengan diameter masing-masing lingkaran yang dibuatnya. Setelah itu beberapa mahasiswa diminta maju ke depan, dan ternyata pada kolom ke empat itu diperoleh angka yang hampir serupa yakni mendekati 3,14. Itulah bilangan phi dan kemudian bu Eti baru menerangkan rumus perhitungan keliling dan luas dari suatu lingkaran. Dengan cara seperti itu rupanya bagi saya, menjadi melekat sekali rumus ini.

Jadi bilangan 3,14 ini merupakan angka yang disepakati pembulatan dari nilai phi itu. Berdasarkan angka 3,14 inilah maka dipilih tanggal 14 bulan 3 (Maret) ini sebagai hari bilangan phi nasional. Coba tengok gambar berikut, kalau disusun secara simetrik maka angka 3,14 ini kalau dibaca terbalik dapat menunjukkan kata pie. Menarik kan ?

3.14 apa pie ?

3.14 apa pie ?

Bilangan ini memiliki simbol dalam aksara yunani dengan lambang phi. Bilangan ini memiliki dua kaki. Ada satu jenis bilangan yunani lain yang menyerupai yakni tau, tetapi hanya memiki satu kaki. Jadi kalau kakinya lebih banyak lagi misal delapan, maka diduga namanya adalah oktophi.

Oktophi

Oktophi

Untuk memeriahkan hari peringatn bilangan phi ini, silakan berbagi kaos-kaos berikut.

tshirt polo dengan simbol phi.

tshirt polo dengan simbol phi.

phi+phi=pie

phi+phi=pie

Inilah poster peringatan hari phi sedunia tanggal 14 bulan 3 setiap tahunnya.

Poster peringatan happy phi day.

Poster peringatan happy phi day.

Iqmal Tahir

About these ads

8 responses »

  1. ireng mengatakan:

    sangat menarik. thank you

  2. abdul muhaimin mengatakan:

    bagi kaosnya dong…!
    I love math…

  3. Shasya Fedeliya mengatakan:

    tapi ada satu blog yg bilang klw bil Phi itu 1.618 …. bnr g sih ? jadi bingung !!! o.O

    • Iqmal mengatakan:

      Kalau angka konstanta 1,618 itu sebenarnya merupakan rasio yang muncul dalam deret fibonacci, sering disebut sebagai golden ratio atau malah yang ekstrim disebut angka tuhan. Kalau dalam perhitungan geometri untuk perhitungan yang dikenal sebagai bilangan phi itu ya 22/7 atau 3,14 itu….

  4. Hanind mengatakan:

    Keren sekali. Thanks artikelnya.. :)

    • Iqmal mengatakan:

      thanks juga kunjungannya….bisa menghitung soal ini gak :
      Phi kali Phi pangkat Phi kurang Phi dibagi Phi kali sinus Phi tambah Phi jadi berapa ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s