Cukup menarik juga menikmati geliat pembangunan wisata di daerah Purbalingga Jawa Tengah. Ternyata pembangunan wisata setempat tidak melulu dikembangkan oleh pemerintah daerah. Pihak swasta ternyata juga memiliki inisiasi dan diberi kesempatan mengembangkan sektor ini guna memberi layanan rekreasi dan hiburan bagi masyarakat lokal dan sekitarnya. Jika dahulu sektor swasta banyak mengembangkan fasilitas tempat wisata hanya dalam bidang kuliner atau hiburan bioskop, maka alternatif tempat wisata lain juga dikembangkan. Di sini yang akan diulas adalah tempat wisata berupa komplek Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas.

Papan informasi wisata di daerah Purbalingga.

Tempat ini dirintis oleh putera daerah setempat yang bekerja di Jakarta. Atas inisiatif sendiri kemudian mengembangkan obyek wisata ini dengan suguhan utamanya adalah komplek akuarium air tawar. Sungguh satu hal yang membanggakan atas inisiatif ini sehingga semakin melengkapi keberadaan tempat-tempat wisata di Purbalingga yang dapat menjadi tujuan rekreasi banyak orang.

Obyek wisata ini terletak di desa Purbayasa, kecamatan Kalimanah, Purbalingga. Lokasi ini terletak dekat jalan alternatif penghubung Purwokerto-Purbalingga yang lewat Padamara. Dari Purbalingga sendiri relatif jaraknya cukup dekat tidak sampai 5 kilometer. Dengan demikian pengunjung sangat mudah menemukan arah dan menuju lokasi ini.

Di obyek wisata ini kita dapat menikmati berbagai macam hiburan. Pengunjung dapat menikmati suguhan yang ada di sana meliputi taman aquarium air tawar, kolam renang, water boom, bird park dan wisata air telaga fulus. Suguhan utama bagi pengunjung di sini tentu saja adalah berupa taman aquarium air tawar (river world).

Berfoto di logo taman wisata.

Masuk ke lorong akuarium seperti gua.

Melihat koleksi ikan di lorong akuarium.

Pengunjung di sini diarahkan rute perjalanan di dalam lokasi ini melalui jalur yang telah diarahkan. Jadi meskipun luas areal taman wisata ini relatif tidak begitu besar, namun pengunjung tetap dapat puas menikmati suguhan yang diberikan. Begitu melewati gerbang masuk yang berbentuk unik, maka pengunjung melewati lorong gua yang di kanan kirinya berupa akuarium. Kekhususan jenis ikan dan satwa air yang terdapat di akuarium ini adalah yang berasal dari air tawar jadi bukan satwa yang hidup di air laut. Berbagai jenis ikan air tawar terdapat di sini dan sebagian dicampur dalam satu akuarium. Banyak ikan yang hidup dengan berbagai ukuran, bergerak berenang hilir mudik sehingga memukau pengunjung. Untuk ikan yang bersifat galak, dipisahkan dalam akuarium tersendiri.

Dari lorong akuarium berbentuk gua, kemudian pengunjung melewati ruangan berisikan bak-bak akuarium. Di sini banyak disajikan ikan-ikan hias berbagai macam. Setelah itu masuk ke kolam terbuka yang berisikan ikan-ikan yang biasa hidup di kolam air deras seperti ikan emas, dan lain-lain.

Koleksi ikan raksasa dari sungai Amazon.

Andalan di akuarium air tawar ini adalah satu akuarium yang berisikan ikan air tawar raksasa. Ikan ini adalah ikan liar yang berasal dari sungai Amazon di Amerika Selatan. Ikan yang bernama Arapaima gigas ini bisa berukuran sampai panjang dua meter. Ikan ini berwarna coklat keemasan dengan bercak-bercak berwarna oranya di sekujur sisiknya. Di akuarium dengan kaca samping yang tranparan ini, pengunjung dapat melihat keberadaan ikan ini dengan mudah. Gerakan dan liukan ikan yang angggun dapat dinikmati pengunjung seperti sedang berenang bersama ikan itu.

Tahun 2006 yang lalu, pernah akuarium yang berisikan ikan raksasa ini pecah. Hal ini karena secara mendadak ikan menjadi beringas dan ternyata kaca samping yang tebal tidak kuat menahan sehingga pecah berantakan. Namun sekarang struktur akuarium sudah diperbaiki dengan menggunakan kaca yang lebih tebal. Dengan demikian dipastikan keamanan pengunjung tetap terjaga.

Di sini juga ada belut besar yang hidup dari sungai Serayu dalam satu akuarium khusus. Belut ini memang bersifat endemik di daerah perairan sekitar waduk Merica Banjarnegara. Belut berukuran besar ini sering berada dalam liang buatan dan kadang keluar meliuk-liuk dalam air. Warna dasar kulitnya yang berwarna hitam dengan beberapa motif membuat tampilannya banyak menarik perhatian pengunjung.

Fasilitas-fasilitas pendukung yang disediakan pihak pengelola relatif cukup lengkap. Pengunjung dapat memanfaatkan sarana yang tersedia guna kenyamanan mereka selama di lokasi. Beberapa fasilitas yang ada antara lain adalah tempat ibadah (mushola), tempat istirahat (gazebo), toilet dan kamar mandi, kios makanan dan souvenir, tempat parkir di dalam lokasi yang cukup luas dan aman, panggung hiburan, hall untuk pertemuan, serta wahana tangkap ikan.

Bermain di halaman taman rekreasi.

Lokasi kolam renang dan waterbom yang tersedia.

Tiket masuk ini sebenarnya cukup murah dan terjangkau oleh pengunjung yang ingin berekreasi bersama keluarga di sini. Hanya saja tiket itu ternyata hanya berlaku untuk masuk ke komplek akuarium dan taman burung saja. Jika ingin masuk ke kolam renang harus membayar tiket tambahan lagi.

Kolam renang yang tersedia berukuran relatif kecil sehingga lebih cocok untuk bermain bagi anak-anak. Walaupun kecil tetapi kolam ini dilengkapi dengan sarana waterbom guna permainan meluncur dari ketinggian sekitar 8 meter.

Beberapa mainan untuk pengunjung juga disediakan seperti ayunan, jongkat-jangkit, kursi putar dan lain-lain. Pengunjung setelah lelah berjalan menikmati sajian akuarium dapat beristirahat di tempat ini. Tersedia pula kantin yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan.

Keberadaan taman wisata rakyat ini juga cukup memberikan kontribusi bagi masyarakat setempat. Pengelolaan parkir dilakukan oleh kelompok masyarakat setempat dengan sistem bagi hasil lahan dan petugas. Selain itu masyarakat sekitar juga dapat membuat kios makanan dan souvenir di sekitar lokasi guna menambah matapencaharian mereka.

Jadi siapa yang tertarik datang ke Taman Wisata PurbaSari ini? Hayo ramai-ramai datang, ajak seluruh anggota keluarga dan teman semua untuk melepas penat dan bersantai di siniā€¦

Iqmal Tahir

About these ads

5 responses »

  1. uyung purwanta mengatakan:

    mohon harga tiket masuk terbaru :
    untuk hari:senin-jumat: ?
    hari sabtu-minggu-hari libur :?
    thanks

  2. yeni mengatakan:

    harga tiket sekarang berapa

    • Iqmal mengatakan:

      Wah info terakhir belum tahu nih, tapi dijamin murah… tiket masuk taman air sendiri, kemudian nanti kalau mau masuk kolam renang, masih bayar sendiri…

  3. ariesta mengatakan:

    Denah lokasi??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s