Kondisi kerja saat ini banyak membutuhkan air minum dalam jumlah besar. Pemenuhan konsumsi air minum dewasa ini cenderung berubah dengan tuntutan praktis untuk memperolehnya secara cepat dan mudah. Pilihan untuk kebutuhan minum manusia modern saat ini dapat diperoleh dengan menggunakan konsumsi air minum dalam kemasan. Banyak produsen minuman membuat air minum dalam kemasan botol plastik, kaleng, galon, kemasan tetrapak atau botol gelas. Jika botol gelas dan galon besar maka wadah dapat digunakan ulang, namun untuk kemasan lain maka wadah cenderung akan dibuang menjadi sampah.

Khusus untuk minuman yang menggunakan kemasan kaleng maka saat ini jumlahnya terus meningkat. Produsen pun terus banyak memproduksi jenis ini karena memang banyak disukai masyarakat. Penjualan produk ini dilakukan di banyak tempat baik melalui jaringan pemasaran konvensional melalui toko dan pengecer maupun secara khusus melalui mesin-mesin penjualan minuman otomatis. Konsumen pun banyak memilih jenis ini karena praktis, banyak tersedia, dan hieginis. Jika penjualan semakin meningkat maka otomatis limbah kaleng yang dihasilkan pun semakin banyak.

Untuk limbah kaleng yang dihasilkan dapat dikumpulkan untuk didaur ulang. Kaleng yang menggunakan campuran aluminium dan seng ini dapat dilebur untuk diolah kembali menjadi bahan lain. Proses seperti inilah yang disebut sebagai recycle. Namun limbah kaleng minuman sebenarnya dapat dimanfaatkan juga untuk produk lain yang dapat digunakan sehari-hari.

Limbah kaleng minuman untuk didaur ulang.

Limbah kaleng minuman untuk didaur ulang.

Limbah kaleng yang berbentuk tabung dapat diolah dengan kreativitas kita untuk dimanfaatkan menjadi beberapa keperluan. Jika kita memang berminat dan sungguh-sungguh untuk mengolah limbah kaleng ini tentunya dapat berguna lebih lanjut daripada hanya sekedar dibuang begitu saja.

Saya dahulu pernah menggunakan satu kaleng bekas untuk digunakan sebagai celengan. Lobang bekas bukaan minuman digunakan sebagai tempat memasukkan uang. Hanya saja karena lubang cukup besar maka uang sering juga diambil melalui lubang itu dengan mudah juga. Fungsi celengan menjadi kurang efektif.

Limbah kaleng berbentuk tabung ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat pensil. Cara pembuatannya pun cukup mudah. Bagian tutup kaleng yang berlubang dapat dibuang dengan menggunakan alat pembuka kaleng. Pengirisan tepi tutup kaleng ini harus rapi dan bersih sehingga tidak menyebabkan risiko menggores tangan pengguna.

Pada dasarnya tabung ini sudah siap untuk digunakan sebagai tempat pensil. Namun tentu saja hal ini kurang memuaskan pengguna karena masih tampak tampilan produk minuman asli. Untuk membantu menutup atau menghilangkan tampilan ini dapat saja menggunakan kreativitas kita. Gambar atau tulisan dalam kemasan kaleng ini dapat dihilangkan atau ditutup dengan bahan lain.

Jika diinginkan tampil polos, maka cat ini dapat dihilangkan dengan menggunakan bahan thinner atau pelarut organik guna melunturkan cat yang tertera. Hasilnya akan diperoleh permukaan logam yang polos. Kalau masih belum puas lagi maka permukaan logam ini dapat dicat atau dilukis sesuai keinginan kita.

Bagi yang ingin lebih praktis lagi maka permukaan kaleng dapat ditutup dengan menggunakan kertas, plastik atau kain dengan corak tertentu. Saat ini di toko alat tulis banyak tersedia kertas dan plastik hias yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kreasi seperti ini. Tinggal kreativitas kita saja yang dapat membuat tempat pensil sesuai imajinasi dan kreasi yang diinginkan.

Kreativitas seperti ini bahkan bisa berlanjut dengan menggunakan bahan sulaman dari benang wol yang dibuat dan didesain untuk menutup permukaan kaleng ini. Dengan demikian setelah dipasang maka akan diperoleh tempat pensil spesial yang sangat cantik dan tiada duanya.

Berikut saya sajikan beberapa contoh gambar yang saya peroleh di internet terkait contoh produk kerajinan ini.

Contoh tempat pensil dan atk (1)

Contoh tempat pensil dan atk (1)

Contoh tempat pensil dan atk (2)

Contoh tempat pensil dan atk (2)

Contoh tempat pensil dan atk (3)

Contoh tempat pensil dan atk (3)

Selamat mencoba.

Iqmal Tahir

ps. Kalau tertarik lebih lanjut di internet banyak cara praktis yang dapat digunakan sebagai rujukan :

About these ads

8 responses »

  1. […] tentang pemanfaatan limbah kaleng minuman terus berlanjut (kaleng pensil atau asesoris cantik dari limbah kaleng). Kali ini masih pemanfaatan kait tutup kaleng minuman. […]

  2. […] saya juga telah menyinggung soal ini,  tentang Asesoris Cantik dari Tutup Kaleng Minuman dan Tempat Pensil dari Limbah Kaleng Minuman. Untuk kali ini saya tuliskan satu jenis kerajinan tangan hasil kreativitas dengan memanfaatkan […]

  3. Holipah mengatakan:

    baqus bnqt …..

  4. teguh wahyu s mengatakan:

    jual berbagai jenis alumunium (siklu, babet, tebel, kuningan, minuman kaleng bekas non press)
    siklu : 23.500/kg
    babet : 18.000/kg
    tebel : 22.000/kg
    kuningan : 47.000/kg
    kaleng bekas non press : 18.500/kg
    bagi yang berminat dan serius hubungi 085776792626 tidak menerima sms, sistem timbang bayar, minimal pembelian 2-5 Ton dengan syarat rajin membeli setiap hari dengan jumlah minimal pembelian, bertempat di bogor, langsung komen atau telpon

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s