Beberapa bulan lalu, sewaktu pergi ke pasar Padang Besar yang merupakan salah satu check point perbatasan antara Malaysia dan Thailand, saya menemukan satu produk yang cukup menarik. Produk ini berupa hiasan gantung yang ternyata dapat berputar jika tertiup angin. Hal yang menarik adalah bahan ini terbuat dengan memanfaatkan limbah kaleng minuman bekas.

Kipas unik dari kaleng minuman bekas.

Kipas unik dari kaleng minuman bekas.

Kaleng-kaleng bekas minuman yang banyak dijumpai di tempat sampah ternyata dapat diolah lebih lanjut. Pada dua tulisan sebelumnya saya juga telah menyinggung soal ini,  tentang Asesoris Cantik dari Tutup Kaleng Minuman dan Tempat Pensil dari Limbah Kaleng Minuman. Untuk kali ini saya tuliskan satu jenis kerajinan tangan hasil kreativitas dengan memanfaatkan limbah kaleng minuman serupa.

Bentuk kerajinan ini seperti terlihat pada foto di atas. Selain itu saya juga hanya dapat melihat contoh barang yang sudah jadi dan dijual di pasar. Saya sebenarnya tertarik untuk dapat melihat pengrajin yang membuatnya dan juga sekaligus proses pembuatannya.

Meski demikian dengan hanya melihat contoh produk kerajinan ini, sebenarnya orang-orang yang kreatif akan dapat langsung ikut meniru dan membuatnya. Jika memang tidak untuk keperluan komersial, minimal dapat membuat untuk keperluan kita sendiri guna dipasang di rumah.

Tumpukan limbah kaleng minuman.

Tumpukan limbah kaleng minuman.

Kipas berputas kalau terkena angin.

Kipas berputas kalau terkena angin.

Kipas dari pelat logam, kalau ini sih produk dalam negeri.

Kipas dari pelat logam, kalau ini sih produk dalam negeri.

Salut juga untuk penemu ide kerajinan tangan seperti ini. Pada satu sisi akan ikut mengurangi jumlah limbah buangan dan sekaligus mendapatkan nilai tambah dari bahan buangan ini. Semoga dapat memancing ide dan kreativitas kita semua.

Iqmal Tahir

 

About these ads

6 responses »

  1. ibu mengatakan:

    wah la mana contoh gambarnya?

  2. asep rikrik rochyadi mengatakan:

    iya pak saya ingin lhat hsil produknya, mudah2an bisa d terapkan kpda generasi slajutnya….pak saya punya hsil karya dri smpah organik dari kulit ikan/sisik ikan yang bisa d buat figura. apakah bisa d tampilkan d blog sni? minta sarannya…..

    • Iqmal mengatakan:

      Itu dulu memang pas gak bawa kamera, jadi tidak bisa ambil fotonya…Kerajinan dari kulit ikan menarik juga tuh mas, boleh juga kalau ditampilkan di sini, cuma berarti harus kirim contoh produknya dong, baru bisa saya bantu penulisannya, lha kan belum pernah lihat….

      • Iqmal mengatakan:

        itu gambar kipas kreasi dari kaleng minuman sudah ada, mudah-mudahan bisa menjadi ide kreativitas yang lebih menarik….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s