Belum lama ini saya membaca berita di Detik foto yang menyajikan beberapa warga di Jakarta yang melakukan aktivitas pengumpulan bunga kamboja. Bunga yang khas dengan kuburan ini memang realtif terlupakan karena selama ini dikenal orang sebagai tanaman yang biasa tumbuh di areal perkebunan saja.

Soal pohon kamboja ini, ingatan saya terbang mengenang kondisi rumah waktu masih kecil. Rumah di daerah Purwokerto Kidul, waktu itu dihiasi dengan sebatang tanaman kamboja yang tumbuh di halaman depan. Memang tidak banyak orang yang menanam tumbuhan ini karena mungkin terkesan memberi suasana angker. Namun saat itu bagi kami biasa saja. Bahkan kami sering bermain di pohon itu. Sekedar naik sampai batang tertinggi yang masih dinaiki. Bermain membuat kipas dari daun kamboja ini. Membuat rangkaian kalung dari bunga yang mekar. Salah satu acara bermain yang menarik adalah mencari jumlah kelopak bunga yang unik. Untuk diketahui jumlah kelopak bunga kamboja selalu lima. Namun kadang kami menemukan yang lain seperti empat atau enam. Kalau tidak dapat menemukan juga, seringkali menipu teman dengan membuang satu kelopak atau menambahkan kelopak palsu dalam kuntum bunga ini. Bunga dengan kelopak unik ini biasanya disimpan dalam lipatan buku sampai kering. Saat itu sama sekali tidak tahu tentang pemanfaatan bunga kamboja untuk hal yang berguna.

Bunga kamboja terdiri dari banyak jenis. Bunga yang sering tumbuh di kuburan adalah jenis Plumeria Acuminate. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sampai empat meter dengan batang yang keras. Sosol batang akan banyak mengalami percabangan. Bunga yang keluar berwarna putih dengan semburat kuning di bagian tengahnya.

Seperti yang saya baca di Detik tadi, beberapa warga Jakarta ada yang mengumpulkan bunga kamboja ini untuk dijual sebagai campuran obat nyamuk bakar. Mereka mengumpulkan bunga ini dari komplek kuburan atau dari taman kota maupun pohon liar yang yang tumbuh di beberapa kawasan di Jakarta.

Bunga kamboja yang biasa tumbuh di kuburan.

Bunga kamboja yang biasa tumbuh di kuburan.


Bunga yang sudah dikumpul selanjutnya dikeringkan dengan jalan penjemuran di bawah sinar matahari. Bunga yang sudah kering dikemas dan dikumpulkan untuk kemudian disetorkan ke pengepul yang datang secara periodik. Harga bunga kamboja basah akan dihargai sebesar Rp 3.000/kg, sedangkan bunga yang sudah kering dihargai Rp 15.000/kg.

Jika musim kering, pengumpul lebih senang menjual bunga kamboja kering karena dapat memperoleh uang lebih banyak. Proses pengeringan sangat mudah karena bunga cukup dijemur di atas anyaman bambu dan diletakkan di halaman supaya terkena sinar matahari. Dalam waktu tiga-empat hari biasanya bunga kamboja akan cepat kering.
Bunga kamboja digunakan sebagai campuran obat nyamuk bakar. Hal ini dimungkinkan karena kandungan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya yang memiliki sifat anti serangga. Selain itu bunga ini kalau terbakar juga memiliki aroma tertentu. Dengan demikian bahan ini bisa lebih berguna karena lebih ramah lingkungan.

Bunga kamboja dikumpulkan dari berbagai jenis bunga.

Bunga kamboja dikumpulkan dari berbagai jenis bunga.

Bunga yang kering dipila-pilah.

Bunga yang kering dipilah-pilah.

Proses pengeringan bunga kamboja.

Proses pengeringan bunga kamboja.

Ternyata banyak juga bahan di sekitar kita yang bisa menghasilkan pendapatan baru seperti halnya bunga kamboja ini. Tadinya dikira berupa barang tak berguna, tetapi dengan sedikit pengetahuan ternyata bisa memberikan peluang untuk menambah pendapatan.

Tanaman ini sampai sekarang belum ada yang melakukan budidaya secara khusus di lahan kebun. Padahal cara penanaman dan perawatan sangat mudah. Kamboja dapat ditanam dengan setek batang ataupun langsung memotong batang dan dapat segera tumbuh. Perawatan juga tidak memerlukan penanganan secara khusus, yang penting memperoleh air secara cukup. Apabila ditanam saat musim hujan lebih menguntungkan lagi. Tanaman ini juga dapat tumbuh di berbagai lahan tanah bahkan yang sedikit berpasir pun masih tahan.

Hayo siapa yang tertarik untuk budidaya tanaman kamboja ini ?

About these ads

»

  1. b d' ima mengatakan:

    rumah pwt-kidul..rmh kenangan…ada 2 pohon kamboja,dulu waktu kecil nyari yg genap trs ditaruh dibuku pelajaran….jare ben pinter….

  2. diana mengatakan:

    kalau tanah kapur. apa cocok budidaya tnaman kmboja?

    • Iqmal mengatakan:

      sepertinya tidak masalah, karena pohon kamboja ini tahan untuk tumbuh di berbagai jenis tanah…yang penting ditanam dari anakan tunas yang sudah berakar saja dan disiram air pada saat awal-awal penanaman (dipindah ke tanah yang berkapur itu)…. kalau musim kering biasanya pohon ini merontokkan daunnya dan nanti bersemi kembali di musim penghujan

    • adhaskincare mengatakan:

      klo sya rasa klo tanah yng berkapur ga tumbuh kali yah

      • Iqmal mengatakan:

        dekat yogya ada kuburan di tanah karst yang juga ditumbuhi pohon kamboja juga… berarti bisa hidup juga dong….

  3. wahh mengatakan:

    dibeli kamboja kering Rp50.000,-/kg. Call me: 081 916 373 900

  4. erwan mengatakan:

    saya mau beli kamboja agan mau di jual berapa?

  5. i mengatakan:

    kalo 70 ribu berani nga…..bozzzz tlp sy….ade 085218196117

  6. wahh mengatakan:

    Kami membeli kamboja kering sebanyak-banyaknya, dengan harga Rp50.000,-/kg. Silahkan menghubungi 081 916 373 900

  7. ristiwidian mengatakan:

    siap beli kamboja kering dengan harga 60.000,-/kg.bagi yang punya stok silahkan menghubungi di no 081330690807.

  8. Tomi mengatakan:

    membeli sebanyak banyak nya Kamboja kering
    80rb/Kg

    call/SMS : 083 381 000 025

  9. Jindro mengatakan:

    Bagi yang berminat, dijual bunga kamboja kering, hrg @80rb/kg, loks. bantul selatan.
    Hub’i = 087843144551

  10. nasrul mengatakan:

    saya agen dari surabaya jika ada yang mau jual bunga kamboja silahkan hub saya di mail saya zmarsallino@gmail.com. makasih

  11. Val mengatakan:

    Dibeli kamboja kering dgn harga 55rb/kg. Max dibutuhkan 20 ton. Lokasi Pengiriman Jkt. Hubungi 087788809986

  12. melon mengatakan:

    saya brani bli 80,000/kg hub 082144993902

  13. ari mengatakan:

    yang punya bunga kamboja kering..saya bel rp95.000/kg……..hub 0819 9749 1283….ketemuan ada barang ada uang

  14. budie firmansyah mengatakan:

    berani di harga 90 rbu per kg . dngan kadar air di bawah 15% d terima di tempat saya di gresik jawa timur… hub..089675861877 budi

  15. trimo mengatakan:

    kamboja wilayah jaktim/ bekasi hubungi kami

  16. trimo mengatakan:

    yg mau jual bunga kamboja kering/ basah wilayah jaktim/ bekasi hubungi kami di 081 381 342 343

    • hadi handita mengatakan:

      MAS Trimo saya hadi di bekasi utara kp.bogor rt001/04 tarumajaya sy punya bunga kamboja berapa perkilo nya? HUBUNGI SAYA di 02141754657

  17. Yanto mengatakan:

    Ada gak,yg siap beli pepaya california?jika siap saya mau tanam banyak.

  18. Oka mengatakan:

    kamboja kering sebenarnya buat apa ya selain parfun atau dupa ?

  19. dodi yudiana mengatakan:

    Kalo di bali, dmana pengepul kamboja keringnya?

    • Iqmal mengatakan:

      wah kalau di bali saya yakin banyak nih kambojanya, lha kan di sana hampir setiap sesaji saja biasanya pakai kamboja juga….

  20. umar mengatakan:

    Sya mau jual bunga kamboja,sya di daerah jaksel,,,di mna ya bisa jualnya dan brapa harganya,thx

  21. Wijaya mengatakan:

    Di Bali tinggal call ke no hp 08179768555 buyer bunga kamboja

  22. Muh Imanuddin Junaidy mengatakan:

    di daerah saya masih banyak bunga kamboja yang belum dimanfaatkan. jika ada yang siap menampung dengan harga bagus, Insya Alloh saya siap menjembatani.
    silahkan kontak di email saya and_klink@yahoo.co.id

  23. trimo mengatakan:

    sngt memperhtin kan, para pencari bunga kamboja,ad yg mematahkan tangkai bunga nya

    tapi smua pra pencri bunga kamboja g bgtu……
    pra pencri bunga kamboja yg mengerti …..ckup mengambil yg ber jatuhan sja…spya bunga kamboja ber bunga trus…..

    curhat krena melihat ☺

  24. trimo mengatakan:

    sngt memperhtin kan, para pencari bunga kamboja,ad yg mematahkan tangkai bunga nya

    tapi smua pra pencri bunga kamboja g bgtu……
    pra pencri bunga kamboja yg mengerti …..ckup mengambil yg ber jatuhan sja…spya bunga kamboja ber bunga trus…..

    curhat krena melihat ☺

    sy baru smpet online lg nich…..lg bnyk kerjaan.☺

    Mas Hadi & tmen yg laen maaf ya….

    • Iqmal mengatakan:

      Betul mas… seharusnya cukup petik saja bunga yang sudah mekar, karena di dalam tangkai bunga itu masih banyak kuncup bunga kamboja yang dapat mekar berkali-kali…. sangat sayang kalau langsung dipetik seluruh tangkainya….

      • Agung mengatakan:

        kk iqmal maw nanya ne…
        itu bunga kamboja itu biasa na berbunga rapa x sekali..
        terus biasa na itu klo dr mulai nanem itu rapa lama baru berbunga..

      • Iqmal mengatakan:

        waduh saya menyerah deh, ditanya yang kayak gini….
        yang jelas dari pengamatan saya, satu tangkai bunga kamboja itu akan berbunga secara terus menerus untuk jangka waktu lama, yang penting yang dipetik adalah bunga yang sudah mekar…. kuncup atau tunas bunga berikutnya akan segera mekar kembali dalam waktu tidak lama.
        oleh karena itu jangan sampai memetik bunga kamboja per tangkai besarnya, tapi per bagian bunganya saja….

  25. Rauf mengatakan:

    jual bunga kamboja kering Rp 90.000/kg kwalitas ok. Berminat hubung saya 083807383756

  26. catur budi mengatakan:

    aku punya 3kg nih lokasi sokaraja purwokerto 085742202156

  27. dwi aryo mengatakan:

    Terimakamboja kering harga terbaru…serius hub:085607463839

  28. trimo mengatakan:

    Bagi temen2 yg mencari/membutuh kan AYAM CIMANI bisa menghubungi saya.
    sy pnya AYAM CIMANI sepasang
    mau sy jual.
    HUB : 081 381 342 343

  29. trisnawati alit mengatakan:

    sy dimataram punya bunga kamboja kering 15kg,100% kering(95/kg)

  30. kambojaku ndak tak jual mengatakan:

    walah2 kok malah podo bakulan neng kene. ckckckc…..

  31. kefin mengatakan:

    hehhhhhhhh…gk ada yang mau beli 150.000 per..kilo tha …
    ngomong”……apabila ada yang please contact no : 082139288899

  32. Ibu Min mengatakan:

    saya bisa trima kamboja kering harga 100 rb/kg kadar air di bawah 14%
    no hp saya 085852507342 domisili trosobo jatim

  33. belo mengatakan:

    berani beli kamboja kering Rp. 75.000/kg hub. 089605558744 lokasi margahayu – bekasi timur

  34. abidin hamid mengatakan:

    Mantap…..
    Makasih semoga bermanfaat, lumayan bisa memberikan penghasilan tambahan bagi petani….

  35. abidin hamid mengatakan:

    Mantappp…..
    Makasih, akan bermanfaat bisa menjadi sual penghasilan tambahan khususnya bagi masyarakat desa….
    Yg jadi harapan semoga harga tidak dimonopolis lagi….

  36. abidin hamid mengatakan:

    Stok barang sedia (kering), 60rb siaappp…..
    Hub. 0852 9999 45 74.
    DIN.

  37. Bang opah mengatakan:

    Ada nih 20 kilo lbh kalo mau jemput.083899788580.dijatiwaringin.

  38. Orang kampong mengatakan:

    Jual kamboja kering.
    Lokasi pontianak.
    Contact person 089674853563

  39. Ryan mengatakan:

    Menjual berbagai stekan plumeria/kamboja berbagai warna
    untuk koleksi warna yg dijual silahkan lihat dan kunjungi : http://jualjepunbali.blogspot.com/
    Harga mulai Rp. 50.000
    Hub. 082147570798
    Melayani pembelian di seluruh wilayah Indonesia.
    Kunjungi dan like fans pagenya di https://www.facebook.com/JualPlumeriakambojaJepunBali

  40. robby mengatakan:

    kye q pngin golet pengepul sing gelem tuku kamboja kering daerah pbg / pwt ae sing perek nek ana mz ae 085726777645

  41. arofah mengatakan:

    terima bunga kamboja kering :

    untuk saat ini harga 55rbu/Kg
    ( harga bisa nego tergantung kualitas barang dan sewaktu2 bisa berubah naik/turun mengikuti harga pasar )
    kami juga menerima kapasitas ton…..

    Spesifikasi yang dibutuhkan:
    1. .bunga kering
    2. .bunga Bersih dari ranting, pasir, tanah, daun dll
    3. tidak bau ( jamuran )

    Dan kami jga mencari patner untuk kerjasama dlm bisnis bunga kamboja kering,untuk info lebh lanjut silahkan hubungi kami :

    “CV.ARKA JAYA”

    AROFAH

    081233899917 ( simpati )
    085646369882 ( Im3 )

    untuk sekitar kota/kabupaten Malang bisa langsung datang ke tempat kami :

    Jln.Raya Klampok no.409
    Rt.01 Rw.05
    Singosari – Malang
    Jawa Timur

    Kami tunggu gan…..

  42. Nengah Karba mengatakan:

    Kami pengepul bunga kamboja kering di Bali dan Sidoarjo, bagi rekan2 yang memiliki dan atau membutukan bunga kamboja kering silahkan hubungi kami di 0818582896, Thanks

  43. Nengah Karba mengatakan:

    Selama ini informasi bisnis binga kamboja kering masih simpang siur, bagaimana di tahun baru 2014 nanti kalua kita bikin wadah PENCINTA JEPUN/KAMBOJA BALI ( PJB ) agar satu sama lain bisa saling shering pengalaman, mengenai pembibitan, penanaman , pemeliharaan, proses pengeringan, pemasaran dan harga bunga kamboja kering. ( mohon masukannya ). Bagiaman kalu pertemuan perdananya kita adakan di Bali, berbisnis sambil tour, agar fun, kami siap membantu / mengkoordinir mempersiapkan akomodasi selamai di Bali.. semoga bermanfaat. Mohon sharing dari rekan2 pencinta kamboja. Thanks.

  44. Daniel L mengatakan:

    saya dari Jember, kalau boleh share alamat emailnya yang terima bunga kamboja kering di lokasi jawa timur (malang, Surabaya dan sekitarnya) agar hemat di transport. alamat email saya daniel@ndelta16.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s