Kreasi memang dapat dilakukan menghasilkan berbagai macam produk yang bermanfaat dan berguna. Kreasi yang menarik pula jika dilakukan terhadap suatu bahan yang dianggap suah tidak bernilai tetapi mampu diubah menjadi sesuatu produk yang berguna terlebih dapat dijual. Hal-hal seperti ini hendaknya mampu ditiru dan dikembangkan oleh banyak pihak. Dalam melakukan kreasi tidak perlu meniru, memodifikasi dan mengembangkan dari suatu produk yang sudah ada untuk hal yang lebih baru lagi.

Contoh kreasi yang menarik dan patut diacungi jempol adalah satu produk yang saya lihat sewaktu berkunjung ke nursery tanaman di negeri jiran. Setelah puas berkeliling melihat-lihat berbagai jenis tanaman hias yang dijual di nursery itu, kemudian pandangan mata saya tertumbuk pada sesuatu yang tergantung di dekat dinding di lokasi. Dari dekat barulah jelas bahwa ini merupakan pot gantung yang dapat digunakan untuk menanam tanaman jenis menjalar terurai ke bawah.

Pot tersebut merupakan pot unik yang dibuat dari kreasi dengan menggunakan bahan buah kelapa kering yang utuh. Jadi buah kelapa kering dibelah sekitar ukuran empat per lima dengan menggunakan gergaji potong. Bagian buah ini dibuat seperti saat kita membuat kupasan kelapa muda yang akan disajikan dengan cara dibelah sebagian ujungnya. Setelah itu air dan bagian dalam buah dibuang sehingga menyisakan bagian buah yang menyerupai mangkok tebal. Bagian inilah dijadikan pot gantung.

Pot gantung dari buah kelapa kering.

Pot gantung dari buah kelapa kering.


Untuk mempercantik tampilan pot gantung ini maka dilakukan proses penghalusan kulit buah kelapa yang digergaji. Kemudian seluruh bagian itu divernish mengkilat sehingga tampak cantik bersih. Sebagai pot, tidak lupa pada bagian bawah dibor sejumlah tiga titik untuk tempat air keluar sehingga tidak tergenang guna mencegah pembusukan akar tanaman. Pot ini dapat diletakkan pada tiang penyangga besi yang memiliki cincin melingkar untuk menyangga buah kelapa ini.

Variasi yang lain adalah jenis pot gantung dari buah kelapa yang dignatungkan dengan menggunakan tali plastik. Untuk pot jenis ini, di bagian tepi atas dibuat lubang untuk memasang tali yang berfungsi sebagai pot gantungan.

Dengan kreasi tambahan maka berbagai bentuk pot dari buah kelapa ini akan dapat dibuat. Ada yang teknik pemotongan tertentu sehingga menyisakan bagian atas buah melengkung yang sekaligus sebagai gantungan pot.

Buah kelapa kering untuk diolah jadi pot gantung.

Buah kelapa kering untuk diolah jadi pot gantung.

Pot gantung dari buah kelapa.

Pot gantung dari buah kelapa.

Tanaman hias jenis anggrek atau tanaman rambat dapat dipilih untuk pot ini.

Tanaman hias jenis anggrek atau tanaman rambat dapat dipilih untuk pot ini.

Kalau di Malaysia ternyata bahan baku kelapa kering memang ternyata banyak dijumpai. Berbeda halnya kalau di Indonesia dimana sukar untuk memperoleh buah kelapa yang sangat matang. Di negeri jiran sini sering buah kelapa dibiarkan sampai tua di pohon tidak ada yang memetik. Pada akhirnya buah yang sudah kering akan jatuh sendiri berceceran di bawah batang pohon kelapa. Buah kering yang berjatuhan inilah yang digunakan sebagai bahan baku pot unik ini.

Di Indonesia yang banyak adalah sisa buah kelapa muda (Ada juga tulisan saya soal limbah kulit kelapa muda, baca di sini atau yang ini). Namun untuk kelapa muda ini sepertinya  kurang bagus untuk dimanfaatkan menjadi pot. Hal ini karena sering tekstur menjadi keriput dan warna pun kurang menarik. Bahkan seringkali tampak di kulit kelapa muda ini tampak tumbuh jamur yang mengurangi keindahan bahan kalau akan digunakan sebagai pot.

Bisa juga bahan ini diperoleh jenis kelapa tertentu yang hampa. Perlu diketahui kadang ada pohon kelapa yang menghasilkan buah namun ternyata tidak ada isinya. Namun sekarang pohon kelapa seperti ini sudah jarang dijumpai lagi. Orang biasanya kalau sudah mengetahui buah kelapa yang dihasilkan tidak berisi maka pohon tersebut akan segera ditebang.

Buah kelapa kering yang terbuang.

Buah kelapa kering yang terbuang.

Tumpukan buah kelapa kering.

Tumpukan buah kelapa kering.

Contoh lain pot gantung dari buah kelapa.

Contoh lain pot gantung dari buah kelapa.

Alternatif lain pemenuhan bahan baku buah kelapa ini adalah memang disiapkan secara khusus. Jadi penjual buah kelapa dari awal menyiapkan pengupasan buah dengan cara khusus tidak harus denga menguliti buah terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memotong buah kelapa dengan gergaji, mengeluarkan isinya dengan parut mesin, dan kemudian akan diperoleh sisa kulit buah yang bisa dimanfaatkan sebagai pot gantung ini.

Hayo siapa tertarik untuk mengembangkan kreativitas ini sebagai lahan bisnis? Sekedar hobby pun juga bisa dilakukan dengan mudah….

ps. Dari penelusuran internet, ternyata dijumpai juga produk pot serupa (Dapat dibaca di sini) dan gambarnya terus dipakai di tulisan ini .

About these ads

4 responses »

  1. sixsanto mengatakan:

    bagus jg ut pertamanan para wanita………..

    • Iqmal mengatakan:

      iya tuh mas, produk pot kelapa ini memang dapat mmemberi nilai tambah daripada dijual sekaligus memancing tampilan unik buat taman.
      terimakasih sudah mampir ke sini…

  2. arlin umyum mengatakan:

    Kalau untuk penggunaan pot untuk anggrek media nya yang cocok apa ya??
    Mhon tipsnya ….mksih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s