Pengalaman kerja dan keterampilan mahasiswa di laboratorium kimia dapat diperoleh dari pelaksanaan praktikum dan riset tugas akhir. Riset mahasiswa dilakukan dalam koridor pendidikan dan memberi bekal sebelum lulus untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Aktivitas riset di laboratorium kimia oleh mahasiswa harus dilaksanakan dengan memperhatikan aspek kesehatan dan keselamatan kerja, meskipun aktivitas dilaksanakan dalam waktu dan skala relatif kecil dibandingkan dengan aktivitas di laboratorium setelah bekerja nantinya.

Ancaman bahaya yang dapat timbul di laboratorium adalah bahaya akibat potensi bahan kimia dalam bentuk bahaya terhadap kesehatan, kemudahan terbakar, reaktivitas bahan dan bahaya khusus lainnya. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan pengenalan aspek-aspek yang terkait pada suatu bahan kimia. Keterangan tersebut termuat secara rinci pada suatu dokumen yang disebut dengan Material Safety Data Sheet (MSDS) atau Lembar Data Keamanan Bahan.

msds1.jpg

Contoh dokumen MSDS yang sederhana.

Contoh dokumen MSDS yang sederhana.

Pada makalah ini (Download artikel) diuraikan tentang pengertian MSDS, isi, cara penelusuran dan pengelolaan MSDS. Selain itu diberikan juga contoh pengelolaan MSDS bagi mahasiswa di dalam mendukung pelaksanaan riset tugas akhir. Teknik ini dapat diterapkan pada mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang melaksanakan kerja riset di laboratorium kimia.

Risiko bahaya karena ketidaktahuan sifat bahan.

Risiko bahaya karena ketidaktahuan sifat bahan.

 

Iqmal Tahir

One response »

  1. […] Sheet (MSDS). Di tulisan ini saya tidak mengulas soal MSDS, tapi ada juga sih tulisan MSDS saya, baca di link ini. Tulisan ini hanya terkait satu kartun humor ini yang menanyakan efek bahaya salah satu unsur kimia […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s