Ini sebenarnya tulisan tentang pengalaman yang sudah lama, tetapi kemarin kebetulan menemukan catatan yang terkait jadi sekalian diedit untuk ditampilkan di blog ini.

September tahun 2006 dulu, kebetulan diajak teman (Respati Tri Swasono) untuk mengikuti acara pelatihan selam. Kegiatan ini dari dulu sebenarnya sudah ingin dilakukan Cuma belum dapat teman yang sama minatnya dan juga belum ada waktu yang tepat. Apalagi untuk kursus pelatihan semacam ini perlu biaya yang cukup mahal juga sekitar 2,5 juta sendiri. Akhirnya ditekadkan untuk mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Pusat Studi Teknologi Kelautan UGM ini.

Untuk mengurus kegiatan selam, ternyata diperlukan beberapa persyaratan khusus. Selain pernyataan kesediaan diri untuk mengikuti pelatihan ini dengan mengisi formulir yang disediakan, ternyata juga harus ada surat keterangan sehat dari dokter. Seperti mau mendaftar PNS atau mengikuti lowongan kerja saja. Tetapi memang untuk kegiatan ini diperlukan pernyataan resmi yang membuktikan bahwa yang bersangkutan itu sehat jasmani, karena medan kegiatan memang yang tidak biasa yakni di bawah air dan di laut terbuka.

Mengingat di UGM saat itu sudah ada fasilitas klinik untuk staf dan mahasiswa yakni klinik Gadjah Mada Medical Centre (GMC) maka daripada susah-susah dan sekalian memanfaatkan fasilitas yang belum pernah dikunjungi itu, saya pergi ke sana saja. Dalam bayangan saya, karena dosen sudah dicover oleh UGM untuk fasilitas ini tentunya cukup dengan membawa kartu GMC maka semua akan bebas biaya. Lumayan tentu saja dibandingkan dengan harus pergi ke rumah sakit lainnya.

Setelah mendaftar dan memberitahu maksud ke GMC di tempat pendaftaran itu, kemudian disuruh menunggu. Akhirnya setelah beberapa saat dipanggil untuk diperiksa di dokter. Setelah dokter tahu maksud pemeriksaan untuk ikut kursus selam, ditanya tentang riwayat kesehatan, diperiksa tekanan darah, mata, dan tenggorokan. Akhirnya dokter langsung membuat surat pernyataan sehat untuk dibawa ke resepsionis.

Dan di bagian resepsionis ini ternyata untuk mengambil surat keterangan sehat, ternyata malah dikenakan pembayaran. Setelah tanya, memang kalau untuk surat keterangan sehat itu harus bayar, kalau surat keterangan sakit malah gratis. Walaupun tentu saja sebenarnya pemeriksaan yang dilakukan oleh dokternya relatif mirip dan kalau sakit malah masih diberi obat-obatan, tetapi malah tidak harus bayar. Akhirnya ya sudah karena memang perlu surat keterangan dokter itu, ya harus membayarlah.

Cuma heran saja, GMC untuk yang hal kecil macam itu kok ya masih harus bayar. Sebenarnya mungkin bisa saja gratis, caranya pada surat dituliskan bukan SURAT KETERANGAN SEHAT melainkan sebagai SURAT KETERANGAN TIDAK SAKIT, intinya kan sama saja. Mungkin kalau bunyi suratnya tidak sakit, malah tidak bayar nih.

Hasil dari surat keterangan itu, akhirnya terlaksana ikut pelatihan selam yang dilaksanakan di kolam renang UNY dan dilanjutkan di perairan pulau Karimunjawa. Yang jelas selama kegiatan memang tidak terjadi sesuatu hal yang berkaitan dengan kesehatan saya, alias surat keterangan sehat itu memang betul terbukti. Parahnya kegiatan di lapangan selama 5 hari berturut-turut itu menghasilkan efek kenaikan berat badan sebanyak 3 kilo hanya dalam waktu kurang dari seminggu (bawaannya makan melulu sih, lagipula menunya memang mamncing selera juga).

Kemungkinannya setiap habis menyelam, selalu tersedia makan catering atau prasmanan dengan menu ikan laut yang memang memancing selera saat letih. Selain itu efek lainnya adalah kulit tubuh yang menjadi hitam terbakar matahari.
Berikut disajikan beberapa foto-foto selama kegiatan. Foto lainnya dapat dilihat di galleri wisata Karimunjawa. Dari hasil kegiatan saya sudah punya lisensi khusus untuk menyelam, jadi kalau ada yang mau menyelam belum ada buddy-nya bolehlah mengajak saja. Jangan khawatir, saya makannya tidak begitu banyak kok…..

 

Iqmal Tahir

Ini beberapa cuplikan dokumentasi saat kegiatan menyelam di Karimun Jawa – September 2006 lalu. Enjoy.

  • Diving – Pulau Menjangan Kecil
  • Diving karimunjawa   Diving karimunjawa   Diving karimunjawaDiving karimunjawa

    Pulau Menjangan Kecil   Pulau Menjangan Kecil   Pulau Menjangan Kecil

    Pulau Menjangan Kecil   Pulau Menjangan Kecil

    Pulau Menjangan Kecil   Pulau Menjangan Kecil   Pulau Menjangan Kecil

    • Diving – Karang buatan Menjangan Kecil

      Diving karang buatan   Diving karang buatan   Diving karang buatan

     

    • Diving – Pantai barat Menjangan Besar

    Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar

    Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar

    Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar

    Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar   Diving Menjangan Besar

    Iklan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s