Berikut ini foto bersama Ian pada saat persiapan tugas among tamu pada acara resepsi perkawinan putri tetangga rumah sekitar bulan Juni 2008.

apanyayangkurang-by-iqmal

Dari foto tersebut kalau orang diberi pertanyaan
“KEKURANGLENGKAPAN APA YANG DAPAT ANDA PIKIRKAN SETELAH MELIHAT FOTO TERSEBUT ?”

Ternyata 100 % jawaban yang diberikan salah. Saya tidak menghitung secara pasti tetapi dapat dikatakan ukuran jawaban kira-kira sebagai berikut :
– sekitar 90 % jawaban menyatakan baju beskap
– 7 % menjawab keris
– 2 % menjawab jam tangan
– 1 % menyerah

Untuk menjawab suatu pertanyaan memang seringkali kita harus kritis dan bahkan untuk orang-orang dengan bakat tertentu harus berpikir “out of the box”. Termasuk dalam hal ini sebenarnya arah pertanyaan adalah apa seharusnya ada pada foto itu sehingga situasi berjalan normal seperti kebiasaan umum.

Saya pernah menjumpai suatu situs pendidikan yang memuat ilustrasi cukup bagus. Tampilan pertama adalah gambar ruang kosong dengan jendela terbuka di dinding seberang menampilkan terbuka. Jika ditanyakan apa yang dapat dilihat dan dipelajari dengan melihat gambar tersebut. Tentu saja jawaban sangat terbatas tentang ruang kosong dan jendela yang terbuka tersebut. Kecuali yang menjawab seorang filsafat atau penyair, bisa saja dia dapat mengembangkan imajinasi dengan panjang lebar. Tetapi untuk orang kebanyakan mungkin tidak banyak yang diungkapkan. Situs tadi kemudian meminta orang tersebut mendekat ke dinding dan melihat keluar melalui jendela, sehingga tampaklah pemandangan luar yang indah dan luas. Sekarang orang dapat menceritakan apa yang dilihat dengan lebih panjang lebar. Begitu juga untuk memandang sesuatu atau menilai sesuatu, seringkali diperlukan suatu cara yang dapat melepaskan dari kungkungan atau pembatas.

Kembali ke foto saya tadi, jawaban yang muncul adalah kebanyakan karena pikiran sudah terbatas pada apa yang tergambar. Kalau baju berskap dan keris tentu saja, kita sudah dipinjami satu set perlengkapan pakaian adat jawa lengkap. Kan tidak mungkin dipinjami kain batik sama blangkonnya saja. Kalau jam tangan, juga sudah ada karena tiap hari juga sudah dipakai dan punya lebih dari satu malah.

Jadinya jawabannya apa dong ? Coba dipikir lagi, makanya gunakan paradigma “out of the box”.

Kalau anda ingin bergabung dengan yang 1 % di atas baru boleh buka kunci jawabannya dengan klik more.

Jawaban :

Rumah saya ternyata belum ada AC-nya.

Jadi kesumukan tuh….Hehe…. Cape deh…….
Seratus untuk saya.

Ada yang mau menyumbang sodaqoh untuk beli AC ?

 

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s