Alloy adalah suatu bahan yang diproses dengan jalan mencampur beberapa jenis logam menjadi bahan baru melalui proses peleburan pada suhu tinggi. Sifat dari alloy ini diharapkan dapat lebih unggul daripada sifat unsur logam munrinya. Sebagai contoh adalah besi (Fe) yang bersifat keras tetapi tidak stabil karena mudah berkarat. Kalau besi dicampur dengan 3 % karbon (C) maka akan diperoleh besi baja dengan kekerasan yang berlipat dari besi murninya.

Pengembangan alloy banya dipelajari dari ilmu metalurgi, dimana pada cabang ilmu ini dipelajari jenis dan sifat-sifat unsur logam, campurannya, proses termodinamika bahan logam dan lain-lain. Pada tulisan ini sebenarnya saya tidak bermaksud menulis artikel tentang alloy ini secara serius. Saya hanya mencoba menuliskan satu humor kecil yang digunakan saat pembelajaran unsur logam, khususnya tentang alloy ini.

Tabel periodik

Unsur kimia baik logam maupun non logam dapat saling dicampur dengan suatu unsur logam untuk membentuk alloy. Tujuan pencampuran ini seperti disebutkan di atas, adalah untuk mencari sifat bahan baru yang memiliki sifat lebih unggul. Ternyata secara teoritik di alam maya, ada tiga unsur kimia yang kalau dicampurkan akan menghasilkan alat yang multi fungsi. Alat ini bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari dan diperlukan bagi banyak orang. Diperlukan tiga unsur yakni potasium atau kalium (K), nikel (Ni) dan besi atau iron (Fe). Apabila dicampurkan dengan perbandingan mol 1 : 1 : 1 maka akan diperoleh material baru dengan rumus molekul KNiFe.

Tetapi tentu saja dalam kenyataannya tidak seperti itu, tidak ada alloy baru dengan rumus molekul KniFe tersebut. Ini hanya untuk intermezzo saja.

Jadi kalau sekarang dibalik ceritanya, adalah dengan pertanyaan “

 

 Bagaimana cara membuat pisau/knife ?

Macam-macam pisau

Kalau jawaban orang teknik :

Pisau dapat dibuat dari pemanasa pelat baja untuk kemudian dipipihkan dan dibuat menyerupai bilah pisau dan kemudian diberi gagang. Setelah diasah tajam maka akan dapat diperoleh sebilah pisau.

Kalau jawaban orang kimia :

Pisau dapat dibuat dari mencampurkan secara ekimolar antara tiga unsur kalium, nikel dan besi.

Hehe… ini guyon saja…. Jangan dihafalkan ya… tidak bakal masuk ujian.

 

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s