lampu traffic lightSeiring dengan pertambahan penduduk maka saat ini fasilitas transportasi termasuk sarana jalan menjadi sangat penting untuk mendukung mobilitas orang sehari-hari. Apabila sarana infrastruktur jalan cenderung konstan tetapi jumlah pengguna semakin bertambah banyak maka situasi yang terjadi semakin lama adalah arus lalu lintas akan semakin bertambah pelan. Di dalam perkotaan situasi ini bertambah dengan keberadaan jumlah simpang yang cenderung membuat situasi arus lalu lintas terhambat. Dengan pengaturan menggunakan lampu traffic, situasi kemacetan dapat dihindari. Akan tetapi semakin lama juga diperlukan alternatif tambahan untuk membantu arus lebih lancar lagi.

Saat ini oleh para ahli transportasi telah dilakukan usulan alternatif berupa pemasangan timer pada berbagai lokasi traffic light di berbagai kota. Manfaat timer untuk memberi informasi waktu tunggu saat lampu merah dan sekaligus informasi waktu tersisa untuk lampu hijau. Yang menarik adalah fasilitas timer ini dibuat dengan menggunakan panel lampe LED yang relatif hemat listrik serta disajikan dengan warna lampu timer yang sesuai dengan warna lampu traffic yang menyala.

Tujuan diadakan timer ini untuk meningkatkan efisiensi kelancaran lalu lintas bagi penggun a jalan saat berada di di lokasi lampur traffic light tersebut. Saat lampu merah masih cukup lama, pengendara dapat mematikan mesin seperlunya. Saat lampu merah sudah mau habis, pengendara dapat bersiap untuk segera menjalankan kendaraannya segera setalah lampu berganti hijau. Kalau tanpa timer, saat lampur merah berganti hijau, pengemudi di depan sendiri sering terlena apalagi jika posisi kendaraan sudah terlalu maju sementara lampu traffic light tidak tersedia di depan. Pada situasi ini kadang pengemudi kendaraan di depan sendiri harus diingatkan oleh pemakai jalan di belakangnya dengan klakson.

Saat lampu hijau sudah mau habis, pengendara dapat bersiap untuk memilih mempercepat sehingga masih dapat memperoleh kesempatan jalan terus. Tetapi jika memang timer saat lampu hijau tinggal 2 atau 1 detik, pengemudi diharuskan memelankan kendaraannya sehingga dapat berhenti saat lampu merah berganti menyala.

 timer traffic light

Saya setuju sekali jika pemasangan timer ini perlu diadakan pada seluruh lampu traffic khususnya memang di lokasi lalu lintas yang sangat padat. Hal ini tentu saja akan memerlukan dana yang cukup besar untuk pengadaan fasilitas tersebut. Dapat saja jika pengadaan ini dilakukan dengan memancing pihak ketiga untuk berpartisipasi dengan kompensasi ada ruang untuk promosi produk. Bentuk yang diinginkan saya kira dapat dicari dengan pertimbangan timer tetap terlihat dan berfungsi sementara kesempatan beriklan pun masih dimungkinkan.

Salam peduli budaya tertib berlalu lintas.

Intermezzo :
Kenyataannya timer ini juga bermanfaat lain seperti :

  • Saat lampu merah sudah mau habis, pengendara dapat bersiap dan khusus untuk pengendara dari arah tengah atau belakang dapat berpindah lewat jalur kiri untuk maju ke depan.
  • Saat lampu merah mau habis juga dapat untuk dimanfaatkan untuk lathan start seperti pada acara balapan motor. Hitung-hitung untuk mengefektifkan refleks untuk berlatih start.
  • Timer dapat berfungsi sebagai sarana untuk menghilangkan kantuk saat mengemudi yakni dengan mengikuti hitungan mundur dari timer tersebut.
  • Timer dapat untuk sarana berlatih mengenal dan menghafal angka bagi anak-anak pra TK dengan melafalkan angka berapa yang tertera pada timer tersebut.

 

 

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s