Salah satu issue saat ini yang sedang naik daun adalah masalah global warming atau pemanasan global. Issue ini menyangkut tentang gejala siklus di alam berupa peningkatan jumlah karbondioksida dan gas-gas rumah kaca di alam, yang berakibat bumi seperti diselubungi selimut dan berdampak kenaikan temperatur global secara rata-rata. Salah satu penyebab peningkatan jumlah gas rumah kaca ini adalah akibat sektor penggunaan bahan bakar yang berlebihan oleh kendaraan-kendaraan di jalan raya. Penggunaan mesin kendaraan dengan kapasitas cc yang besar, maka akan memerlukan konsumsi bahan bakar yang besar pula dan akan berakibat jumlah gas hasil pembakaran menjadi meningkat.

Setelah menulis tentang daftar superhero yang tidak peduli pada pengelolaan sampah, selanjutnya terpikir membuat daftar superhero yang tidak peduli pada masalah global warming ini. Terkait dengan uraian di atas maka ternyata memang ada beberapa superhero yang jika dilihat dalam menjalankan aksi untuk menumpas penjahat, ternyata melakukan praktek atau aktivitas yang dapat mempercepat laju pemanasan global.

Daftar berikut :

1. Batman

batman

Batman masuk dalam daftar ini adalah karena faktor seleranya untuk memilih Batcar. Mobil ini perlu diketahui adalah mobil dengan bahan bakar yang sangat boros karena menggunakan mesin roket sebagai penggeraknya. Tengok saja ukuran knalpotnya yang berukuran besar dan mengeluarkan api untuk hasil pembakaran di mesinnya.
Kalau mobil biasa mungkin rasio bahan bakar terhadap jaraknya adalah sekitar 1 : 10 yakni satu liter bahan bakar untuk sepuluh kilometer. Untuk batcar mungkin rasionya jadi terbalik 10 : 1 (sepuluh liter untuk jarak 1 kilometer). Hal ini benar-benar melupakan program penghematan energi.
Mestinya Batman punya alternatif untuk memilih jenis kendaraannya supaya peduli program ini dengan menggunakan jenis city car bermesin di bawah 1000 cc. Atau kalau tetap menggunakan mesin bermesin besar dengan menarik bis kota yang dapat dinaiki oleh banyak orang, sehingga efisiensi pemakaian bahan bakar dapat meningkat. Akibatnya tingkat kenaikan gas karbondioksida hasil pembakaran mesin ini dapat dikurangi.

2. Rocketman

rocketman

Mirip dengan Batman, superhero ini kalau berpindah adalah dengan menggunakan roket yang tertempel di punggungnya. Untuk diketahui bahwa roket jika diperlukan untuk mengangkat suatu obyek maka tentu saja akan memerlukan bahan bakar yang banyak. Hasil pembakaran bahan bakar roket yang digunakan akan menghasilkan lebih banyak lagi gas-gas rumah kaca penyumbang efek global warming ini.

3. Human Torch (Fantastic four)

Human Torch

Human Torch memiliki kesaktian untuk mengeluarkan api yang dapat digunakan sebagai senjata. Dengan sering melakukan aksi pembakaran ini maka tokoh superhero ini juga memberi kontribusi pada kenaikan temperatur bumi ini. Apalagi jika mungkin tokoh yang dihadapi relatif ulet, tentu saja api yang diperlukan akan semakin banyak. Jadi repot lah kalau sudah seperti ini, tentu saja secara logika maka baik Human Torch dan lawannya harus ikut bertanggung jawab dalam kasus ini.

 

 

Iqmal Tahir

Iklan

One response »

  1. […] Siapakah Superhero yang tidak Peduli Global Warming ? […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s