Saya yakin banyak dari kita pernah melakukan presentasi dengan menggunakan tayangan menggunakan komputer/notebook dan LCD projector. File presentasi umumnya sudah disiapkan dengan menggunakan software untuk aplikasi ini dan yang paling terkenal adalah Microsoft Power Point yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Pada saat presentasi seringkali kita memerlukan obyek yang perlu diperhatikan permirsa secara lebih spesifik. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menunjuk obyek tersebut pada tayangan sehingga pemirsa dapat melihat fokus yang ditunjukkan tersebut.

laser pointer (gambar dari scitoyscatalog.com)Apabila tayangan dilakukan di depan kelas dimana presenter dapat berjalan mendekati layar, maka obyek dapat ditunjukkan dengan menggunakan tangan, penunjuk atau penggaris. Kelemahannya adalah presenter harus berjalan hilir mudik dari komputer ke layar. Selain itu kalau layarnya tinggi maka tidak dapat ditunjukkan juga. Ada satu alat yang dapat digunakan untuk keperluan ini yakni laser pointer. Alat ini berukuran kecil saja dan dapat dipegang dengan tangan. Penggunaannya juga sangat praktis, yakni ujung laser pointer diarahkan pada obyek di layar dan tombol on diaktifkan. Pada layar pada bagian yang disorot akan tampak warna merah dan pemirsa dapat selalu mengikuti bagian tayangan yang disorot tersebut.

Laser pointer tersedia di toko alat tulis dalam berbagai bentuk. Sumber tenaga sinar laser tersebut menggunakan batere kecil, baik berupa batere ukuran AAA ataupun menggunakan batere silikon (seperti batere untuk jam tangan). Apabila sering digunakan maka keperluan batere ini akan menjadi boros. Untuk laser pointer dengan batere AAA maka keperluan ini dapat diatasi dengan menggunakan jenis batere yang dapat diisi ulang (rechargable). Tetapi untuk laser pointer yang menggunakan batere silikon, maka harus menggunakan batere baru. Hal ini akan menimbulkan buangan sampah batere. Kalau dilihat dari sifat dan bahan yang terkandung di dalamnya, sampah batere ini termasuk jenis sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun). Laser pointer juga kalau baterenya tidak segera diganti, biasanya akan cepat rusak dan harus dibuang juga.

Presentasi seminarAda alternatif lain bagi presenter untuk keperluan pointer ini. Pada MS powerpoint, pada saat menu tayangan (slide show), presenter dapat menggunakan mouse dan di layar akan terlihat kursor yang dapat berfungsi sebagai pointer. Pemirsa dapat melihat kursor di layar dan perhatian mereka dapat sesuai dengan apa yang diterangkan oleh presenter. Sementara presenter juga tetap dapat menyajikan tayangan dengan lebih mudah. Dengan menggunakan pilihan warna background dan warna/bentuk kursor yang sesuai maka tampilan di layar akan lebih menonjol lagi. Hal ini dapat dicoba-coba sendiri. Penulis biasa menggunakan pilihan warna background yang relatif warna kuat atau gelap, sehingga warna kursor akan lebih tampak karena terlihat kontras.

Untuk lebih membantu meningkatkan kualitas presentasi, pada saat menu view slide dengan software tersebut, dapat dicoba juga suatu tool berupa pen pointer. Kursor dapat difungsikan sebagai pena dengan efek yang terlihat pada monitor dan layar. Pena ini dapat digunakan untuk memberi garis bawah pada suatu teks, menandai atau melingkari suatu obyek, menggambar anak panah atau bahkan untuk memberi tulisan tangan. Tampilan dapat diatur dari sisi ketebalan garis atau warna garisnya. Semua yang sudah dilakukan dengan menggunakan pen pointer ini merupakan tayangan saat disajikan saja, dan tidak akan tersimpan kembali dalam file jika selesai digunakan, sehingga tidak mengganggu bentuk slide yang digunakan.

Dengan mengoptimalkan fasilitas yang ada pada MS Powerpoint ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas presentasi anda. Sementara anda tidak perlu lagi memerlukan laser pointer untuk keperluan ini. Cuma permasalahannya adalah pada saat anda presentasi dengan posisi komputer berada jauh dan dibantu dengan operator, dalam kasus ini tidak dapat melakukan langkah yang saya sarankan.

Keuntungan lain dengan penggunaan pointer dari software adalah jika presentasi dilakukan dengan tayangan multi projector, maka setiap pointer akan tetap terlihat pada seluruh layar. Hal ini tidak dapat dilakukan jika menggunakan laser pointer biasa, karena hanya bisa menunjuk pada satu posisi saja. Dengan meninggalkan penggunaan laser pointer, mestinya anda akan ikut mengurangi potensi limbah batere dan laser pointer yang rusak.

OK dan selamat mencoba.

smp sewon - iqmal

 

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. Eko Sutrisno HP berkata:

    Semangat Go Green yang bagus ini perlu didukung.
    Memang ada kelebihan dan kekurangan memakai laser pointer. Kekurangannya sudah jelas disebutkan disini.

    Kelebihannya, kita bisa lebih berinteraksi dengan audience, karena tidak harus selalu berada di dekat komputer.

    Laser pointer yang canggih mampu melakukan segala macam pekerjaan yang diperlukan saat presentasi dan baterenya sangat awet.

    Aku menuliskannya disini laser pointer

    Salam sehati

    • Iqmal berkata:

      sippp pak… terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
      Soal ini ada juga asesoris wireless yang bisa digunakan untuk mouse dan pointer sekaligus untuk memudahkan presenter saat berjauhan dari posisi komputer/laptop.
      Sukses selalu pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s