Kalau anda lihat tokai besar sekali dan bahkan sampai diberi rambu petunjuk arah kolasinya, kira-kira anda mau atau tidak menginjakkan kaki ke tokai itu ?

Sebelumnya ini bukanlah tokai dalam pengertian bahasa slank kita yang bermakna kotoran manusia. Tokai yang ini adalah nama kota kecil di negeri Kedah Malaysia. Daerah ini merupakan salah satu penghasil beras di semenanjung negeri ini, karena merupakan wilayah pertanian sawah padi dengan irigasi teknis. Lokasinya sekitar 15 km dari kota Alor Setar, ibukota negeri Kedah, atau sekitar 100 km di utara Penang.

Kalau keluar dari Alor Setar ke arah selatan lewat jalan lama (bukan highway) maka akan terlihat rambu seperti di bawah ini. Bagi orang Indonesia yang melihat rambu yang menunjukkan arah ke Tokai itu, tentu saja akan langsung mengernyitkan kepala dan kemudian tersenyum. Mungkin langsung saja muncul rasa penasaran, ini sebagai petunjuk lokasi penimbunan benda itu, atau karena kotanya mirip dengan benda itu atau karena sebab lain.

 Rambu arah tokai

Tentu saja arti kata Tokai yang digunakan untuk jadi nama kota ini bermakna lain dengan bahasa slank kita. Dari hasil penelusuran di internet ternyata diketahui kalau ini adalah berasal dari istilah yang terkait dengan serangan Jepang di Malaya dulu. Invasi Jepang tahun 1942an dulu ternyata salah satunya berbasis di kota ini sebelum menyerbu ke arah selatan. Tokai itu sendiri juga merupakan salah satu nama wilayah di distrik Naka, Ibaraki di Jepang, sekitar 120 km dari Tokyo.

Tokai… tokai….

Kalau ini nambahi sedikit soal rambu lokasi yang jorok-jorok. Lokasinya di Indonesia. Tetapi ini bukan dari jepretan saya, hanya mengambil dari kompasiana.

 Rambu desa Toket

 

 

 

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s