Bagi kebanyakan orang, bunga merupakan sesuatu hal yang sangat disukai. Jika tanaman sedang mengeluarkan bunga maka tanaman itu akan dipandang dengan perasaan yang damai dan memberikan sentuhan yang sangat romantis. Terlebih jika bunga itu muncul keluar bersamaan terdalam satu kumpulan tanaman dalam kebun yang tertata. Semarak bunga yang seperti ini akan menjadi ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Seperti halnya semarak bunga tulip di Belanda, kemunculan bunga sakura di Jepang, dan lain-lain. Tetapi lain halnya jika yang muncul adalah kemunculan bunga poppy di negeri Afganistan.

Afganistan adalah negeri yang relatif memiliki lahan di dataran tinggi Asia Tengah. Negeri ini sudah mengalami penderitaan akibat peperangan selama beberapa dekade yang melanda kawasan ini sehingga berakibat perekonomian merosot drastis. Dari sisi sumber daya alam yang relatif kurang begitu besar maka beberapa oknum penguasa setempat kemudian melakukan terobosan dengan jalan yang kurang benar. Mereka mengembangkan budi daya tanaman yang kemudian ternyata cocok untuk lahan setempat. Tetapi tanaman yang dibudidayakan adalah tanaman bunga poppy.

Ladang bunga poppy di Musa Qala, Helmand, Afganistan, 28 Maret 2009

Seperti diketahui, tanaman ini akan menghasilkan tangkai buah poppy yang mengeluarkan getah. Getah ini mengandung komposisi bahan yang dikenal dengan istilah cannabis. Cannabis inilah yang dikenal sebagai sumber bahan baku untuk turunan narkotik seperti opium dan lainnya. Jadi produksi getah poppy inilah yang merupakan sumber pendapatan mereka.

Mengingat barang ini termasuk barang yang banyak disalahgunakan oleh banyak orang, maka tentu saja perdagangan hal ini termasuk golongan yang dilarang oleh banyak negara. Meskipun opium juga dapat digunakan untuk bidang medis dan pengobatan, tetapi saat ini lebih banyak untuk disalahgunakan masyarakat. Bisnis gelap perdagangan ini memang banyak menghasilkan uang, tetapi uang itu justru digunakan untuk kepntingan pembelian senjata dan operasional berperang. Jadi mereka memang cukup parah aktivitasnya karena menggunakan sumber pendapatan dengan jalan bisnis yang berbahaya, sementara hasilnya juga digunakan untuk aktivitas yang kurang produktif.

Tulisan saya ini sebenarnya bukan mengungkapkan hal di atas, tetapi lebih ingin untuk menampilkan tanaman poppy yang menjadi pabrik alami getah opium. Saya yang kebetulan juga suka akan bunga ini, sangat menyukai tampilan foto-foto yang diperoleh di internet yang menampilkan keindahan tanaman ini saat sedang panen raya.

Panen bunga poppy di Afghanistan ini menampilkan keindahan yang sangat menarik. Bunga poppy keluar hampir bersamaan dengan warna putih yang indah. Jika sudah akan layu berubah warna menjadi ungu. Bunga ini keluar dari tangkai buah yang menggelembung besar. Bagian tangkai buah inilah yang pada saatnya akan membesar dan cukup matang. Pada waktu inilah petani akan menggores dengan pisau sehingga kemudian getah opium akan keluar dari sayatan tersebut.

Foto-foto ini menampilkan suasana ladang bunga poppy di Musa Qala, Helmand, Afganistan, 28 Maret 2009. Untuk keamanan penduduk setempat dan juga mengawasi jalur produksi dan perdaganan produk tanaman ini maka tentara pun dikerahkan untuk berpatroli di lahan sekitar itu.

Silakan dinikmati sajian foto-foto berikut. Pesan saya adalah jangan sekali-kali tertarik untuk mencoba menikmati bahan produksi dari tanaman ini.

Ladang bunga ini dijaga ketat oleh tentara.

Bunga poppy sosok indah yang berbahaya dijaga tentara yang memang asli sosok berbahaya.

Petani setempat yang mengawasi tanaman mereka.

Memang cantik bunganya, tapi tidak untuk penjaganya...

Iqmal Tahir
ps. Sumber gambar dari http://www.daily.co.uk

Iklan

3 responses »

  1. anna berkata:

    Jangan salah gan, ada banyak jenis Poppy yang aman alias bukan penghasil opium. Yang agan maksud ini jenis Opium Poppy, ada banyak jenis lain yang bisa ditanam sebagai penghias taman seperti misalnya Californian Poppy atau Poppy Iceland.
    Cepet di revisi gan, ini bikin salah paham orang yang baca.

    • Iqmal berkata:

      ok, terima kasih banyak…
      bunga popy yang ditunjukkan indah-indah…
      komentar ini jadi ikut mengkoreksi tulisan saya. terima kasih.

  2. yayak berkata:

    Ingin tahu rasanya gimana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s