Masih ingat peristiwa fenomenal pemecahan rekor pemenang delapan medali emas dalam suatu olimpiade yang terjadi di Olimpiade Beijing tahun 2008 lalu di cabang olahraga air renang oleh Michael Phelps ? Saat tampil untuk nomor perorangan dan nomor beregu, atlet ini sukses meraih tempat pertama untuk menggondol medali emas dan memberi kontribusi sehingga lagu kebangsaan negara Amerika Serikat dapat berkumandang berkali-kali di arena kolam renang.

Michael Phelps - pemegang 8 medali emas Olimpiasi Beijing

Michael Phelps - pemegang 8 medali emas Olimpiasi Beijing


Pada beberapa artikel telah banyak ditulis untuk membahas rahasia keberhasilan atlet ini. Di antaranya adalah karena kerja keras dalam berlatih untuk memperoleh skill khusus yang menghasilkan laju gerakan yang cepat untuk menembus air. Ada juga artikel yang membahas tentang bentuk tubuh fisik Michael Phelps yang sangat ideal untuk cabang olahraga air ini. Namun sebenarnya masih ada satu lagi faktor yang mampu menunjang atlet dapat lebih berprestasi, tidak hanya untuk Phelps saja, tetapi juga untuk atlet-atlet renang yang lain. Apa itu ? Baju renang khusus dari bahan Polyuretan.

Persyaratan olahraga renang secara umum adalah melindungi bagian tubuh atlet atas nama etika. Dalam olahraga renang diatur minimal untuk atlet laki-laki adalah celana pendek atau celana renang pendek dan untuk atlet wanita adalah baju renang menutup dada sampai paha (model swimsuit one piece). Secara teknis baik untuk olahraga darat maupun air, semua asesoris atau baju yang dikenakan oleh atlet dalam olahraga kecepatan, hendaknya tidak menambah beban bagi atlet, ikut membantu mengoptimalkan energi dan juga harus dapat melindungi tubuh. Kemudian berkembang penggunaan tutup rambut untuk menjaga agar rambut tidak berkibar yang dimungkinkan dapat menghambat laju perenang. Masalah rambut ini kadang diatasi atlet pria, dengan memotong rambut sampai pelonthos.

Prestasi atlet dalam berbagai cabang olahraga kemudian banyak didukung dengan kemajuan teknologi, termasuk dalam dunia olahraga renang ini. Mengingat performa tambahan yang diperbolehkan pada renang hanya soal baju, maka beberapa perancang baju renang memasukkan unsur teknologi dari sisi bahan dan desain yang digunakan. Desain yang diterapkan adalah berupa baju yang menutup sebagian besar tubuh yang dilakukan dengan tujuan mengurangi gaya interaksi dengan air. Baju ini akan melekat secara fit pada tubuh atlet yang memakainya. Dengan model baju renang yang terbuat dari poliuretan ini ternyata mampu menaikkan performa perenang. Dua produk baju renang dari bahan poliuretan yang banyak dipilih beberapa perenang dunia adalah buatan Speedo’s model LZR Racer dan buatan Adidas AG model TechFit Powerweb.

Struktur molekul poliuretan

Struktur molekul poliuretan


Baju renang dari poliuretan ini memiliki beberapa mekanisme untuk membantu meningkatkan laju kecepatan renang. Yang pertama adalah karena baju renang akan membentuk setelan yang menutup rapat tubuh dan kaki, dengan hanya menyisakan bagian tubuh kaki, lengan dan leher saja. Bahan yang terbuat dari polimer yang elastik ini akan menekan tubuh pemakai menjadi bentuk yang lebih hidrodinamik dan memungkinkan gerakan yang halus dan hemat energi. Baju ini juga dibuat dengan sambungan secara ultrasonik sehingga baju tanpa sambungan ini akan bersifat ketat dan sangat ringan dengan tingkat hambatan kurang dari 6 %. Untuk diketahui bahwa cacat kulit karena bekas kulit pun akan dapat menghambat air sehingga akan memperlambat laju perenang. Baju renang model ini dapat menekan tubuh tiga kali lipat dibandingkan dengan baju renang biasa, sementara beratnya hanya setengahnya saja.

Model baju renang dari bahan poliuretan

Model baju renang dari bahan poliuretan

Selain karena faktor ringan dan ketat tadi, baju ini juga memiliki fitur penstabil dari dalam yang terus menjaga perenang memiliki konsistensi sepanjang lomba. Saat berenang, pinggul perenang akan sering lelah karena tenggelam lebih rendah dan hal ini akan menciptakan hamatan. Dengan adanya stabilizer inti maka akan membantu menjaga tubuh dalam posisi berenang optimal, sehingga kecepatan meningkat dan tentu saja energi yang dikeluarkan untuk mendorong tubuh ke depan akan lebih sedikit.

Dari sisi inilah kemudian muncul banyak perdebatan tentang penggunaan baju renang jenis baru ini. Yang dipermasalahkan adalah komponen dari baju yang berupa panel poliuretan tambahan di bagian-bagian tertentu yang strategis. Panel ini mampu mengurangi hambatan sampai 24 persen lebih jika dibandingkan dengan hambatan yang digunakan baju model Speedo sebelumnya, dan tentu saja akan dapat menyebabkan penurunan waktu tempuh secara signifikan oleh perenang. Dalam olahraga renang di mana setiap rekor ditentukan hanya berdasarkan selisih hitungan seperseratus detik, maka penggunaan poliuretan ini akan memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Beberapa perusahaan baju renang mencoba mengajukan jenis baju renang untuk diteliti oleh FINA (Federation Internationale de Natation) yakni federasi olaharga air dunia yang bertanggung jawab atas keputusan mengenai pakaian renang di renang profesional. Tetapi ternyata masih ada perbedaan pendapat masalah kebenaran penggunaan baju renang jenis ini.

Kemajuan riset untuk menghasilkan jenis baju renang lain yang lebih unggul terus berkembang. Adidas mengeluarkan jenis baju renang yang menutup tubuh dari bahan poliuretan yang dibuat dengan teknologi thermoplastik. Baju ini sebenarnya lebih dirancang untuk olahraga bukan air dengan keunggulan dapat menyerap energi yang dikeluarkan tubuh dan menggunakannya kembali untuk membantu gerakan tubuh.

Bukti bahwa baju renang dari polyuretan ini mendukung prestasi ini adalah saat diberlakukannya pelarangan penggunaan baju ini mulai April 2010. Untuk adaptasi aturan baru ini, Phelps mencoba bertanding di Kejuaraan Dunia Renang di Roma tahun 2009 dengan tidak mengenakan baju poliuretan. Ternyata Phelps kalah saat bertanding dengan tidak pakai baju renang khusus ini, yakni untuk final nomor 200 meter gaya bebas dimana Phelps kalah dari perenang Peter Biedermann yang memakai bau renang poliuretan.

Bagaimana tindakan ke depan, diperbolehkan atau tidak. Kalau alasannya adalah bahan dengan teknologi maju ini ternyata mengurangi keaslian prestasi atlet olahraga, maka mungkin perlu dipikirkan bagaimana aturan olahraga diatur kembali sehingga lebih asli lagi. Salah satu caranya adalah berenang tanpa memakai baju sama sekali. Hehe… diyakini olahraga air akan semakin banyak memancing minat penonton dimana-mana. Yang jelas FINA telah mengeluarkan aturan baru untuk melarang pemakaian baju renang yang berbahan poliuretan mulai tahun 2010.

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s