Ini bukan berarti menganggap kelakuan mereka seperti binatang, tetapi dengan mengutip julukan-julukan yang diberikan oleh masing-masing suporter masing-masing kepada tim kebanggaan mereka yang menggunakan istilah binatang. Dari 32 tim nasional yang berlaga di ajang terakbar sepak bola yang rutin terselenggara setiap empat tahun itu, ternyata banyak yang menggunakan sebutan binatang untuk menyebut julukan tim. Jadi kalau sekarang mereka berkumpul di Afrika Selatan, maka dapat dikatakan tempat berkumpulnya binatang dan tempat berkumpulnya para binatang untuk dijadikan tontonan adalah kebun binatang. Mudah-mudahan tidak ada yang marah dengan membaca tulisan ini.

Selain julukan pada tim masih ada binatang yang terlibat yakni sang mascot turnamen ini sendiri. Binatang yang digunakan sebagai maskot ini merupakan hewan yang sering muncul dan paling dikenal yaknisi macan tutul Zakumi. Mascot World Cup 2010 dengan nama Zakumi ini melambangkan leopard atau macan tutul yang memang merupakan binatang yang banyak dijumpai di negara Afrika Selatan.

Logo binatang singa pada perhelatan Piala Dunia 2010 Afsel.

Logo binatang singa pada perhelatan Piala Dunia 2010 Afsel.


Kembali ke nama julukan, telah banyakdiketahui bahwa nama julukan bagi tim nasional bisa muncul karena berbagai hal yang terkait. Selain dari latar belakang budaya dan pola permainan, juga bisa berasal dari tarian khas (misal tim Samba Brazil), warna kebesaran negara (misal tim Oranje Belanda), warna kostum (misal tim Biru Italia dan Les Bleus Perancis), riwayat legenda (tim The Green Army Irlandia), dan tradisi kuno (tim Matador Spanyol). Untuk julukan yang terinspirasi dari pola permainan antara lain tim Panser Jerman dan tim grendel Italia.

Selain dari yang disebutkan di atas, maka julukan tim nasional suatu negara kadang merujuk dengan binatang. Hal ini bisa jadi karena mirip semangat dan pola permainan tim dan kadang dikaitkan dengan jenis binatang yang ada di negara tersebut.

Dari 32 tim yang berlaga di Piala Dunia Sepakbola 2010 ini yang menggunakan julukan binatang antara lain adalah Inggris (The Three Lions / Tiga Singa), Serbia (The White Eagles), Perancis (ayam jantan), Serbia (Beli Orlovi atau White Eagles), Slovenia (Zmajceki atau Dragons), Aljazair (The Desert Fox / rubah gurun), Nigeria (The Lions), Ghana (The Scorpions/kalajengking atau juga Black Stars), Pantai Gading (the elephants/si gajah), Kamerun (Indomitable Lions),Nigeria (Super Eagles), Korea Utara (Choillimaatau kuda terbang dalam mitos Asia), Korea Selatan (banyak pendukung yang menjuluki Tigers of Asia atau macan asia, kadang juga disebut sebagai Taeguk Warriors), Selandia Baru (The Kiwis/ burung kiwi)

Di luar negara yang kebetulan tidak termasuk dalam peserta putaran final piala dunia ini masih banyak tim yang menggunakan sebutan binatang. Kebanyakan memang yang berasal dari negara-negara Afrika. Tim nasional yang berasal dari Afrika yang menggunakan sebutan binatang ini adalah untuk Somaliadan Guiena (keduanya dijuluki the elephants/si gajah), Angola (black antelopes/antilop hitam), Togo (the sparrowhawks/si rajawali ), Burundi (swallows/camar), Mali (eagles/elang), Tunisia (Eagles of Carthage / elang dari Cartagena), Maroko (Lions of the Atlas / Singa dunia) atau Senegal (The Lions of Teranga). Kalau dari Asia yang menggunakan ini adalah Brunei (Harimau Bintang) dan Singapura (The Lions)

Kalau tim nasional negara kita bagaimana ? Saya kira semua sudah tahu julukan tim PSSI adalah tim merah putih yang merujuk pada warna bendera nasional negara kita. Seragam utama tim PSSI juga adalah baju merah dan celana putih. Untung saja PSSI tidak pernah main sepakbola dalam satu grup dengan negara Monaco, coba kalau bertanding mesti salah satu harus ganti kostum.

Walaupun di dada kaos pemain tertera logo burung garuda, tetapi tim tidak pernah dijuluki Burung Garuda. Kalau kira-kira kita diminta mengusulkan julukan baru pada tim PSSI dengan menggunakan julukan binatang, maka julukan yang pas apa ? Julukan ini mestinya merujuk pada binatang yang khas dan hanya ada di negara kita. Jika mungkin juga harus merujuk pada tipe atau pola permainan yang sering diperagakan. Mungkin ini beberapa julukan yang bisa digunakan :

  • badak tak bercula (ini merujuk pengurus organisasi yang mengkebalkan diri terhadap kritikan, tetapi timnya miskin akan jumlah serangan)
  • komodo sakit flu (ini merujuk pada pola permainan yang lamban dan senangnya merayap perlahan malas mencari ruang gerak)
  • cenderawasih dalam sangkar (hayo coba tebak siapa yang berada dalam sangkar?)

Kira-kira anda setuju yang mana dari pilihan anda ? Atau ada usulan lain yang lebih tepat ?

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s