Saya yakin kalau para kompasianers banyak yang punya hobby minum kopi. Banyak alasan yang diberikan sehingga orang memilih jenis minuman ini. Minuman yang aslinya beraroma harum dan khas serta berwarna hitam ini, banyak memberikan manfaat mencegah kantuk. Tentu saja jika rasa kantuk terusir, maka yang bersangkutan dapat melanjutkan beraktivitas baik untuk bekerja, belajar, ataupun untuk aktivitas lain. Termasuk juga mestinya untuk menemani saat membaca kompasiana atau menuliskan artikel-artikel di blog ini.

Bahan untuk minuman kopi berasal dari biji buah kopi. Tanaman ini dikenal dari dua jenis yakni kopi arabica dan kopi robbusca. Di Indonesia, daerah-daerah penghasil kopi yang enak antara lain adalah Lampung dan Bali.

 

Biji kopi petikan dari pohon untuk diolah lebih lanjut.

Biji kopi petikan dari pohon untuk diolah lebih lanjut.

Kopi yang dikenal enak adalah kopi luwak. Kopi ini sebenarnya kopi biasa hanya yang diperoleh dan berasal dari kotoran hewan musang (luwak). Untuk diketahui ada jenis musang yang memang memakan buah kopi dan buah yang dimakan ini adalah buah yang benar-benar sudah matang. Proses pencernaan buah dalam perut musang ini tidak akan menghancurkan biji buah kopi dan akibatnya biji tersebut akan keluar terbawa dalam kotoran. Dengan mencari dan mengambil biji dari kotoran ini selanjutnya terkumpul biji kopi pilihan yang dapat diolah lebih lanjut menjadi bahan minuman kopi yang dikenal nikmat.

Kopi disajikan dalam aneka macam seperti kopi kental, kopi tubruk, kopi instan ataupun campuran kopi susu. Saat ini banyak beragam jenis kopi instan yang ditawarkan di pasar untuk memenuhi berbagai selera konsumen yang sangat beragam. Konsumen dapat memilih jenis produk kopi yang tersedia sesuai dengan pilihan yang dikehendaki.

Aneka jenis kopi ini yang tersedia di pasar dan dibuat oleh produsen untuk memenuhi segmen pasar yang beraneka macam ini. Bahkan terkait dengan hal ini ada produsen yang membuat produk kopi khusus yang diperuntukkan hanya untuk Tuhan dan dewa-dewi saja….

Produk kopi spesial untuk Tuhan dan dewa-dewi saja.

Produk kopi spesial untuk Tuhan dan dewa-dewi saja.

Yang jelas jangan tanya ke saya soal rasa kopi tersebut, karena saya bukan dewa jadi tidak termasuk target konsumen kopi tersebut. Lagi pula saya hanya menemukan ilustrasi foto tersebut di internet. Tetapi yang jelas ini memang salah satu kreativitas para pemasar produk dan marketing. Semoga menjadi ide dan bahan inspirasi para kreator produk di Indonesia.

Tertarik baca tulisan lain ? klik saja link berikut untuk menuju blog kami :
Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s