Demam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan saat ini memang banyak menyedot banyak perhatian kita. Untuk sejenak kita dapat memperoleh suguhan hiburan atraksi sepakbola yang ditampilkan oleh 32 tim yang terpilih untuk lolos ke putaran final itu. Dengan melihat tayangan seperti itu kemudian tentu saja akan muncul tim favorit yang dijagokan oleh masing-masing orang yang diharapkan dapat tampil sebagai juara dunia dengan mengatasi seluruh tim-tim kompetitornya. Sang juara disini tentu saja disuguhkan harus dapat lolos dari proses eliminasi pada masing-masing grupnya, kemudian dengan mengikuti pertandingan sistem gugur dengan melibatkan 16 tim terbaik, maka tim yang tidak terkalahkan dalam sistem gugur ini dapat dinyatakan sebagai sang juara.

Sang juara yang disebutkan di atas tentu saja adalah berdasarkan aturan dan ketentuan kompetisi yang telah ditetapkan oleh FIFA. Kalau menurut saya, sang juara yang menjadi favorit saya adalah tim Brasil. Tim Brasil ini tidak saya jagokan sendirian, melainkan sejajar bersama dengan tim favorit lainnya meliputi Belanda, Portugal, AS, Korea Selatan, Inggris, Australia, Selandia Baru, Serbia dan Slovenia. Mohon maaf karena tim yang saya jagokan ini ternyata lebih dari satu. Dari sepuluh tim yang saya jagokan itu, memang ada empat tim yakni gugur di babak eliminasi grup yakni Australia, Selandia Baru, Serbia dan Slovenia, namun patut diingat penampilan keempat tim ini relatif juga menarik. Semangat dan corak permainan tim ini patut untuk ditonton karena relatif mampu memberikan suguhan yang baik. Untuk ke enam tim pertama yang saya sebutkan, dengan bukti mereka lolos dari babak penyisihan maka kualitas tim-tim ini memang terbukti. Dari pertandingan babak 16 besar yang telah berlangsung juga telah diektahui bahwa Korea Selatan, AS dan Inggris juga telah tersisih. Jadi praktis tinggal Brasil, Belanda, dan Portugal saja yang tersisa.

Lantas apa alasan saya menempatkan ke sepuluh tim tersebut sebagai favorit. Untuk Brasil, Belanda dan Portugal memang jelas tim ini didukung oleh keberadaan pemain yang sangat berbakat dengan pola permainan sepakbola berteknik tinggi dan rapi. Tetapi yang jelas alasan saya menjadikan mereka sebagai tim favorit bukan karena alasan teknik semata, melainkan karena alasan lain. Alasan lain ini berupa dengan minat dan kepedulian saya akan lingkungan hidup. Sepuluh tim yang saya sebutkan di atas ternyata ikut memberikan peduli akan masalah lingkungan dengan cara mengenakan kostum nasional yang berasal dari bahan ramah lingkungan.

Botol bekas untuk didaurulang

Botol bekas untuk didaurulang


Kalau yang ini baju pakai botol bekas.

Kalau yang ini baju pakai botol bekas.


Jersey tim yang terbuat dari kain hasil daur ulang botol bekas.

Jersey tim yang terbuat dari kain hasil daur ulang botol bekas.

Kostum ramah lingkungan bagi tim-tim tersebut dibuat oleh produsen Nike dengan membuat kain yang terbuat dari 100 persen polyester hasil daur ulang botol plastik. Tema ramah lingkungan memang sedang diadopsi oleh produsen pakaian olahraga tersebut. Ini merupakan pertama kalinya kaos tim nasional yang disponsori oleh produsen tersebut dengan mengenakan sepenuhnya dari polyester daur ulang.

Tiap kaos yang dipakai oleh pemain dibuat dari daur ulang sejumlah 8 botol plastik. Pembuatan kostum tim nasional 2010 ini, dilakukan oelh pemasok kain ke Nike dengan mengumpulkan botol bekas dari berbagai tempat pengumpul di Jepang dan Taiwan. Prosesnya adalah dengan pelelehan botol-botol tersebut dan dijadikan menjadi benang baru untuk akhirnya ditenun menjadi kain pembuatan kaos. Proses seperti ini ternyata dapat menghemat bahan mentah yang berharga dan juga mengurangi penggunaan energi hingga 30 persen. Dengan memakai polyester daur ulang untuk kostum tim nasional, Nike telah memanfaatkan sekitar 13 juta sampah botol plastik. Itu artinya setara dengan 254.000 kg limbah polyester yang cukup menutup lebih 29 lapangan sepakbola. Jika botol plastik tersebut dijejerkan maka panjangnya akan mencapai 3000 km atau lebih panjang dari seluruh pantai pesisir Afrika Selatan. Bagi Nike, kostum tim menjadi tonggak penting bagi Nike untuk menghasilkan produk ramah lingkungan. Meski turut menyelamatkan lingkungan bukan berarti harus mengorbankan unsur inovasi performanya. Kostum dirancang khusus agar pemain tetap kering, sejuk dan lebih nyaman sehingga bisa memberikan penampilan terbaik di lapangan.

Dengan penggunaan kostum yang berasal dari daur ulang itu sepertinya telah terbukti tidak ada perubahan performan dan atraksi yang disuguhkan dalam mengakhir permainan tim-tim itu. Sikap dan minat untuk ikut mendukung masalah lingkungan seperti ini dengan mengenakan jersey ramah lingkungan seperti itu akan menambah nilai tambah bagi hasil akhir ke sepuluh tim favorit saya itu.

Jadi terakhir saya sampaikan permintaan maaf kepada tim-tim Spanyol, Jerman, dan Argentina (terlebih untuk Perancis dan Italia), bahwa dengan terpaksa kali ini saya tidak menjagokan kalian….

Saya berharap bahwa tim juara akan merupakan salah satu dari ketiga tim ini, para pengguna kaos daur ulang. Brasil, Belanda, atau Portugal ?? Semoga….

Kostum kebanggaan tim Brazil.

Kostum kebanggaan tim Brazil.


Kostum kebanggaan tim Belanda.

Kostum kebanggaan tim Belanda.


Kostum kebanggaan tim Portugal.

Kostum kebanggaan tim Portugal.

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s