Dalam kehidupan modern seperti ini di mana pengetahuan sudah banyak menjelaskan banyak sekali fenomena alam, ternyata kepercayaan tertentu terhadap benda-benda alam masih saja dijumpai. Bahkan hal ini bisa dijumpai pada masyarakat yang tinggal di negara-negara modern. Satu contoh yang saya sajikan di tulisan ini adalah tentang pemujaan pada matahari.

Matahari adalah benda langit yang menjadi pusat tata surya di galaksi Bimasakti ini. Jadi memang sejak jaman dahulu terdapat kelompok yang memuja matahari ini dalam konteks tertentu. Di Mesir jaman dahulu pun sudah ada pemuja matahari ini. Termasuk di Inggris yang pada jaman dahulu diduga juga penganut paham yang sama terbukti dari peninggalan arkeologis yang dikenal sebagai Stonehenge.

Stonehenge adalah suatu situs purbakala yang unik berupa konstruksi membentuk pola lingkaran konsentrik dengan menggunakan batu-batu besar. Batuan penyusunnya yang diukur memiliki umur lebih dari lima ribu tahun ini merupakan situs arkeologis terkenal di wilayah Inggris ini. Lokasi tepatnya adalah terletak di Salisbury Plain, Amesbury.

Situs arkeologis Stonehenge di Inggris.

Situs arkeologis Stonehenge di Inggris.



Lokasi ini setiap tahunnya menjadi daerah wisata khusus yang banyak dikunjungi pelancong. Pada musim panas ternyata ada juga pelancong khusus yang sengaja mendatangi tempat ini dan melakukan banyak ritual terkait dengan pemujaan matahari. Walaupun saat ini diduga pemujaan lebih bersifat sebagai festival atau atraksi biasa namun tetap saja hal ini dikaitkan dengan pemujaan pada matahari.

Ritual yang berlangsung meriah ini biasanya dilakukan pada saat Summer Solstice. Pada hari itu, merupakan puncak siang terlama di belahan bumi utara karena matahari sedang beredar tepat di bagian ujung utara untuk kemudian berbalik ke selatan kembali. Tahun ini, perayaan Summer Solstice jatuh pada tanggal 21 Juni 2010.

Beberapa kemeriahan dapat dijumpai di sini seperti perkumpulan ritual pemujaan dengan baju ada khusus. Pendeta melakukan doa keselamatan. Pengunjung yang berpesta melakukan berbagai kegiatan unik. Semuanya dapat dilihat pada gambar-gambar berikut. Silakan dinikmati pesta di Stone Henge yang berlangsung tahun 2010 itu. Gambar-gambar diperoleh dari website ini : http://www.ctpost.com/

Menjelang matahari terbit saat summer solstice.

Menjelang matahari terbit saat summer solstice.


Geliat peserta festival di Stonehenge.

Geliat peserta festival di Stonehenge.


Persembahan doa pada matahari.

Persembahan doa pada matahari.


Upacara pemujaan matahari yang khusuk.

Upacara pemujaan matahari yang khusuk.


Para peserta festival di Stonehenge.

Para peserta festival di Stonehenge.

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s