Di Indonesia khususnya di tanah Jawa, pelaksanaan puasa yang dilaksanakan selama satu bulan penuh, ditandai dengan beberapa ritual yang khas. Diawali dengan 1 hari sebelum pelaksanaan puasa, biasanya masyarakat melaksanakan rutinitas padusan. Tujuan ritual ini adalah untuk mensucikan tubuh sehingga pada saat melaksanakan puasa sudah terjaga dari kotoran.

Pelaksanaan ritual padusan dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mandi besar biasa yang dilakukan di rumah, mandi berendam di kolam renang atau sumber air atau bahkan sampai perlu acara kungkum di sungai. Bahkan lokasi pantai pun sering dijadikan sarana untuk berbasah-basah menjelan puasa ini. Banyak warga tua muda beramai-ramai mengikuti acara ini di lokasi yang terdekat atau bahkan mencari tempat yang cocok dan sekaligus sebagai sarana rekreasi. Para pengelola kolam renang pun mensiasati ritual ini sebagai acara rutin dengan dikemas secara khusus pula. Ada beberapa sumber air berupa umbul yang pada hari biasa tidak banyak dikunjungi orang, tetapi khusus untuk menyambut acara ritual padusan ini, diselenggarakan acara padusan ini.

Padhusan di kolam renang Owabong - Purbalingga (dok. pribadi - Iqmal)

Padusan di kolam renang Owabong - Purbalingga (dok. pribadi - Iqmal)

Suasana padusan di umbul Pengging - Boyolali

Suasana padusan di umbul Pengging - Boyolali

suaramerdeka.com)

Padusan di pantai Parangtritis Yogyakarta (sumber : suaramerdeka.com)

Yang menarik, acara padhusan ini ternyata merupakan acara puncak atau bahkan boleh disebut klimaks penggunaan kolam renang atau umbul. Hal ini karena ternyata setelah memasuki bulan puasa, tidak banyak orang yang berkunjung lagi ke kolam renang atau umbul. Biasanya pengelola lebih banyak digunakan untuk perawatan atau perbaikan sarana yang ada guna dimaksimalkan kembali pada saat setelah puasa yakni pada saat libur lebaran.

Pertanyaannya adalah mengapa pada saat berpuasa tidak banyak orang yang pergi berenang atau mandi kungkum ? Biasanya orang berpikir karena kalau berenang atau mandi kungkum tentu akan mendapat kesegaran karena badan terkena air segar. Hal ini dapat dipahami akan dapat mengurangi kesungguhan dalam menjalankan puasa. Apalagi kalau sampai berenang, dimungkinkan orang akan minum air sehingga berakibat dapat membatalkan puasa. Akibatnya tentu saja animo masyarakat untuk datang ke kolam renang akan turun drastis, kecuali mungkin bagi warga yang tidak menuaikan ibadah puasa.

Bagi yang rutin menjadikan berenang sebagai aktivitas olahraganya, hal ini menjadi keanehan tersendiri. Renang yang baik tentu saja memang membuat tubuh terendam dalam air, tetapi kekhawatiran untuk air terminum relatif kecil. Orang yang berenang tetap bernafas sewaktu sedang memunculkan kepalanya di luar air, sewaktu di dalam air biasanya otomatis mulut tertutup. Dengan demikian kalau perenang yang benar tentu saja tidak akan minum dari air kolam. Berdasarkan pemahaman ini, tentu saja berenang selama bulan puasa tetap diperkenankan.

Kalau dikembalikan ke soal ibadah, puasa adalah ibadah yang bersifat yang personal, hanya yang bersangkutan dan Allah yang paling tahu. Oleh karena itu kalau memang berenang untuk tujuan olahraga atau berenang untuk bisa mencuri kesempatan biar bisa minum, maka orang lain tidak akan tahu. Tetapi artinya renang selama puasa tidak perlu dilarang. Kalau dilarang, maka mandi jangan-jangan juga mestinya dilarang pula.

PS. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Sebelumnya penulis juga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin kepada semua kompasianer, mungkin ada kesalahan tulis, kesalahan komentar. Mohon maaf juga artikel ini hasil adukan di arsip lama di blog saya, bukan tulisan baru.

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s