Wisata di pemandian air panas alami banyak disukai oleh berbagai kalangan. Wisata ini seringkali juga dikenal sebagai istilah natural hot spring. Di sekitar Jawa Tengah, terdapat wisata air panas alami sperti di Baturaden (Purwokerto), Guci (Pemalang) atau Krakal (Kebumen). Kalau di Jawa Barat ada Ciater, sedangkan di Jawa Timur terdapat di daerah Pacet.

Wisatawan datang berkunjung ke tempat ini tentu saja untuk menikmati sumber air panas yang ada untuk mandi atau berendam menghangatkan badan. Dengan berendam tentu saja dapat memperoleh beberapa manfaat. Salah satu manfaat tersebut adalah badan menjadi segar kembali dan mungkin rasa penat menjadi hilang. Selain itu karena kehangatan air maka akan dapat membuka pori-pori kulit sehingga kotoran akan terlepas. Air panas alami umumnya juga mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk menghilangkan mikroorganisme penyebab gatal atau penyakit kulit lainnya seperti eksim atau lainnya.

Pemandian air panas di candi Umbul Magelang.

Pemandian air panas di candi Umbul Magelang.

Saat mandi air panas, secara normal kita selalu terbiasa dengan pola membasahi tubuh dan kemudian berendam. Setelah cukup berendam maka akan membilas dengan air bersih. Pada saat pembilasan ini umumnya kita terbias untuk selalu menggunakan sabun mandi guna menggosok anggota badan dan menyiramkan air kembali sampai bersih. Namun saat mandi dengan air panas dari sumber alami seperti ini, jangan berharap dapat melakukan pembersihan tubuh dengan menggunakan sabun. Hal ini karena fungsi dan kerja sabun sebagai surfaktan tidak dapat berlangsung dalam air panas alami ini. Buih sabun yang biasa ada tidak mungkin dihasilkan saat sabun digosokkan ke tubuh.

Mengapa sabun tidak dapat berfungsi ???

Di dalam air panas alami, terdapat kandungan mineral yang tinggi biasanya berupa garam-garam sulfida atau belerang. Dengan komposisi kimia seperti itu maka akan menyebabkan kadar ion-ion dalam air menjadi tinggi. Dalam kimia, hal ini dikenal sebagai air dengan kesadahan tinggi. Untuk kondisi seperti ini tentu saja beberapa macam surfaktan tidak akan berfungsi baik. Contoh surfaktan adalah sabun mandi yang sering kita gunakan sehari-hari. Oleh karena itu kalau kita akan membersihkand iri pada saat mandi dengan air panas alami ini, janganlah menggunakan sabun mandi.

Terus kalau tidak bisa dengan sabun, maka cara membersihkan dapat dilakukan dengan bahan lain misal menggunakan deterjen. Deterjen tetap dapat berfungsi sebagai surfaktan atau pembersih pada air sadah atau air panas alami. Namun tentu saja hal ini tidak dianjurkan karena kulit tubuh akan menjadi kering. Jika memang ingin tetap harus dengan surfaktan maka gunakan shampoo cair saja untuk membilas rambut dan busanya dioleskan pada seluruh tubuh.

Sumber mata air panas di Pancuran Telu, Baturaden.

Sumber mata air panas di Pancuran Telu, Baturaden.

Sumber mata air panas di Krakal, Kebumen.

Sumber mata air panas di Krakal, Kebumen.

Cara lain untuk membersihkan tubuh saat di air panas alami ini adalah mengikuti salah satu dari cara berikut :

  • Berendam dalam air panas secukupnya kira-kira minimal 10 – 15 menit. Hal ini akan berakibat pori-pori akan terbuka dan kotoran yang melekat dapat lepas dengan cara digosok menggunakan spons atau kain handuk.
  • Gunakan batu yang memiliki permukaan halus tetapi berpori-pori. Untuk menggosok tubuh, cara menggosok dengan batu halus ini merupakan cara umum yang banyak digunakan di pedesaan untuk menghilangkan kotoran yang melekat di tubuh. Jangan gunakan batu yang tajam karena akan melukai kulit. Batu yang digunakan biasanya berupa batu kali yang berpori-pori atau batu apung.
  • Kalau di beberapa tempat wisata kadang ditawarkan lumpur setempat yang mengandung belerang. Lumpur ini dapat digunakan sebagai lulur untuk dikujurkan pada kulit seperti body scrubb. Setelah lumpur diolerskan pada kulit dan digosok-gosokan maka setelah disiram kembali dan air panas maka tubuh akan dapat menjadi bersih.
  • Cara yang lebih umum adalah membilas dengan air dingin. Setelah tubuh berendam dalam air panas maka kita dapat menggunakan air dingin biasa untuk membilas dan mandi seperti biasa. Pada saat ini biasanya sabun mandi dapat digunakan seperti biasa.

Jadi setelah membaca tulisan ini maka para pembaca yang mungkin akan berwisata di pemandian air panas alami dapat menyiapkan diri. Pada akhirnya tentu saja dapat diperoleh pengalaman wisata yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Iqmal Tahir

Iklan

12 responses »

  1. JMW berkata:

    Wah baru tau nih gak boleh pake sabun 😦
    Info yg bermanfaat.. 🙂

  2. yulita berkata:

    ow,, baru tau juga, selama ini saya kalau mandi di krakal sell bawa sabun,, ok,,, mksi infonya

    • Iqmal berkata:

      Kalau mandi di Krakal pakai sabun sih tetap tidak masalah, hanya saja tetap tidak akan berbusa, paling cuma untuk menggosok tubuh saja kan ?

  3. […] ps. Ada tulisan terkait soal ini yang mungkin menarik yakni penggunaan sabun yang tidak efektif saat digunakan dalam pemandian air panas alami. Baca di link ini. […]

  4. […] Ada satu tulisan lain yang terkait soal ini yakni Penggunaan Sabun yang Tidak Efektif saat Digunakan di Pemandian Air Panas Alami. Baca di link […]

  5. nendras berkata:

    ayo kita jaga kekayaan titipan yang maha kuasa.

    • Iqmal berkata:

      betul mas…negara kita banyak memiliki sumber-sumber air panas, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya, minimal untuk tempat wisata…jika memang sangat besar, bisa untuk pembangkit listrik tenaga geotermal.

  6. rima berkata:

    bagaimana cara mengatasi kulit menglupas akibat dari mandi air panas mengunakan sabun????

    • Iqmal berkata:

      mengelupasnya kulit itu sih mungkin akibat air yang terlalu panas, terus jadi melepuh, kalau dengan sabun sih tidak mengelupas…. kecuali kalau kulit yang sensitif terus kena deterjen atau sabun yang tipe “keras”. cara mengatasinya ya ganti sabun yang lebih “lunak” misal sabun bayi…

  7. Tan berkata:

    memang fungsi sabun tidak terlalu efektif jika sedang berendam air panas. tetapi ada saja orang yang ingin selalu menggunakan sabun mandi ketika berendam air panas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s