Dalam beberapa kesempatan saya selama perantauan ini sering membeli daging sapi untuk dimasak sendiri. Memang kalau dibandingkan dengan membeli makanan matang di warung, akan jauh lebih berhemat kalau memasak sendiri. Jadi sesekali saya memang memilih untuk memasak sendiri. Pilihan untuk memasak adalah daging sapi karena sekali memasak dapat digunakan untuk beberapa hari. Saya sendiri sering memasak telur atau mi, tetapi kadang cepat bosan, jadi perlu variasi antara daging ayam dan daging sapi ini.

Untuk memasak daging sapi, dapat dimasak beberapa macam, bisa masak kecap, masak sayur lombok hijau, soup atau yang lainnya. Semuanya dapat dimasak masing-masing, yang jelas sebelumnya daging harus direbus dulu biar lunak dan tidak a lot. Perlakuan supaya lunak inilah yang dilakukan pada tahap awal. Jadi daging setelah dibeli sampai di rumah dicuci bersih, kemudian daging direbus dalam air. Ke dalam air rebusan ini kalau saya biasa ditambahkan garam dan bubuk bawang putih secukupnya. Setelah cukup matang, maka daging dapat dipotong-potong dan dimasak sesuai dengan jenis masakan yang diinginkan.

Untuk menghasilkan potongan daging yang empuk, maka harus direbus dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika menggunakan gas, maka akan memerlukan bahan bakar banyak karena memang perebusan memerlukan waktu.

Saya mendapatkan saran seperti yang sering dilakukan oleh ibu saya dan juga hal yang biasa dipraktekkan isteri saya di rumah. Jika akan merebus daging maka ke dalam air rebusan di panci dimasukkan sebatang sendok besi. Saran ini dilakukan agar daging bisa cepat lunak. Ternyata saran ini setelah saya ikuti memang dapat cepat menghasilkan daging yang lunak. Walaupun tentu saja tidak saya lakukan perbandingan dengan teliti, tetapi berdasarkan pengalaman, langkah ini cukup membantu melunakkan daging yang direbus.

sendok untuk cepat matang

Masukkan sendok ke dalam panci agar daging cepat empuk.

Dugaan saya adalah sendok besi karena terbuat dari metal akan dapat menyerap panas secara cepat dan lebih tinggi. Selama di dalam air rebusan maka sendok panas ini akan membantu penyerapan panas pada daging, akibatnya daging dapat terpanaskan lebih cepat jika dibandingkan tanpa sendok.

Anda mau mencoba ? Buktikan saja sendiri tip di rumah kami ini….

Tinggalkan Balasan

