Penamaan makanan khas yang berasal dari negara kita kadang aneh-aneh dan unik. Beberapa nama hidangan berasal dari sebutan rasa yang muncul, dari asal-usul dan tampilannya atau karena faktor lain sehingga nama hidangan tersebut dapat berasal. Seringkali suatu nama makanan akan terasa aneh jika dipandang dari sudut pandang yang lain.

Pada tulisan ini saya menyoroti satu nama makanan yang kalau dilihat dari ilmu kimia menjadi sesuatu yang aneh. Kalau sedang puasa sepertinya enak juga posting tulisan soal makanan dan kuliner.

  • Nasi timbal

Kalau timbal atau plumbum (Pb) dalam ilmu kimia adalah termasuk logam berat dan bersifat sebagai polutan berbahaya kalau sampai masuk dalam sistem perairan. Dengan demikian tentunya kalau nasi timbal, dapat dibayangkan bahwa makanan ini mengandung logam berat.

Namun tentu saja hal ini tidak benar karena itu hanya nama saja, yang jelas rasa nasi timbal itu mak nyus…. Nasi timbal adalah nasi campur yang khas dengan kuah santan. Seringkali makanan ini disajikan dengan dibungkus menggunakandaun pisang dan diletakkan di atas piring. Kemungkinan karena berbentuk gulungan inilah sehingga menyerupai timbel (atau pemberat) yang digunakan untuk tali pancing.

Nasi timbel khas sunda.

Nasi timbel khas sunda.

  • Oseng-oseng mercon

Mercon adalah suatu mainan anak-anak yang dapat meledak kalau dinyalakan. Mercon atau petasan umumnya banyak dibeli dan dimainkan saat menjelang lebaran, selain dengan kembang api. Bahan-bahan yang digunakan membuat mercon sehingga dapat meledak antara lain adalah kalium klorat, belerang dan karbon hitam.

Nah bagaimana sekarang kalau ada makanan oseng-oseng mercon, tentu saja tidak bakalan ada bahan-bahan yang mudah meledak itu. Penamaan makanan ini muncul karena ada yang bikin meledak yakni karena rasa pedas yang teramat sangat akibat bumbu cabe yang digunakan cukup banyak. Ledakan rasa pedas di lidah itulah mungkin yang menyebabkan masakan ini disebut sebagai oseng-oseng mercon.

Warung penjual oseng-oseng mercon.

Warung penjual oseng-oseng mercon.

  • Kacang atom

Atom adalah bagian terkecil penyusun unsur materi. Atom ini terdiri dari inti yang mengandung proton dan neutron serta elektron yang beredar di sekeliling inti. Untuk atom-atom dari unsur yang bersifat radioaktif maka akan memiliki energi inti yang sangat besar sehingga dikembangkan sebagai pembangkit energi atau untuk senjata atom. Bentuk atom sering disederhanakan berbentuk bola.

Di Indonesia banyak dibuat makanan ringan dari kacang yang dibalut dengan tepung beras dengan rasa yang gurih dan berwarna putih. Kacang ini disebut sebagai kacang atom. Kacang ini tentu saja tidak berbahaya sebagaimana atom radioaktif. Sebagai bahan makanan maka kacang juga punya tenaga potensial sebagai bahan bakar untuk penggerak tubuh, tetapi energinya tentu saja relatif kecil saja.

Kacang atom yang gurih.

Kacang atom yang gurih.

  • Bakso nuklir

Di Yogya saya menjumpai satu warung makan yang menyediakan menu bakso dan memasang nama menu andalannya ini dengan merek Bakso Nuklir. Seperti yang diterangkan di atas, maka bakso ini terasosiasi dengan senjata nuklir yang bisa meledak dahsyat. Ternyata penamaan ini karena ukuran bakso yang disajikan adalah sangat besar melebihi ukuran bakso tenis. Walaupun aslinya bulat, tetapi ternyata disajikan ke pengunjungnya dibuat dalam bentuk bulatan yang sebagian tepinya disayat sehingga merekah berbentuk bunga. Hal ini untuk menjaga kematangan seluruh bagian daging dalam bulatan bakso tersebut.

Ada yang mau menambahkan lagi makanan-makanan yang namanya berbahaya ?

Iklan

4 responses »

  1. Nurul Hidayah berkata:

    masih ada yg lebih berbahaya pak…jangan sampai kita tergoda rayuannya…rawon setaaan…

    • Iqmal berkata:

      rawon setan… hehe… yang jual pakai baju hitam-hitam, keluarnya malam setelah jam 9 kan…listriknya pakai yang 5 watt… hahah… keceplus deh caberawitnya…

  2. tunggudulu berkata:

    wah eamang cuma ada di Indonesia……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s