Waktu sehabis lebaran kemarin, kami bepergian beramai-ramai. Di akhir perjalanan, ada sesuatu yang tak tertahankan dan harus dikeluarkan dari dalam tubuh ini. Kami akhirnya berada di dalam bus besar yang berwarna-warni. Di dalam bus, saya tadinya tahan dulu keinginan buang air kecil ini. Namun lama kelamaan di tubuh semakin dingin dan terasa semakin kebelet tak tertahankan. Orang lain di dalam bus itupun saya lihat cuek-cuek saja. Akhirnya dengan muka tertunduk, kubuka celanaku dan terbebaslah aksi buang hajat kecil ini. Terdengar gemericik lirih di dalam bus itu. Di lokasi yang penuh banyak orang itu pun akhirnya saya tuntas menunaikan hajat buang air kecil ini.

Pembaca jangan salah sangka dulu pada saya yang jorok untuk melakukan buang air di dalam bus. Saya yakin banyak orang lain yang melakukan hal yang sama jika berada di lokasi tersebut. Tidak hanya buang air kecil, tetapi juga mungkin buang air besar.

Hal ini bisa terjadi karena bus yang saya ceritakan ini adalah body bus yang dimodifikasi menjadi bus toilet. Bus ini tentu saja berbeda dengan bus biasa dan juga tidak bisa bergerak. Bus ini diubah oleh pengelola taman wisata kolam renang Galuh di daerah Prambanan Yogyakarta. Dari luar akan tampak seperti bus yang sedang parkir. Tetapi setelah naik di dalamnya, maka akan tampak deretan toilet sekaligus digunakan sebagai kamar bilas/kamar ganti bagi pengunjung.

Bus untuk toilet dan kamar ganti pengunjung kolam renang.

Di setiap ruangan yang tersedia, tersedia pancuran air dan ember, toilet jongkok serta gantungan baju dengan pintu yang dapat dikunci. Pengunjung dapat memanfaatkannya untuk membilas tubuh setelah usai renang. Fasilitas yang bersih dan lengkap ini cukup memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Hal yang penting adalah ruangan tidak bau pesing, yang kadang dijumpai di fasilitas toilet/kamar ganti beberapa lokasi pemandian.

Sekedar informasi tentang obyek wisata ini mungkin perlu saya tuliskan juga. Kolam renang ini sepertinya menargetkan pengunjung utamanya adalah kalangan anak-anak. Hal ini terlihat dari ketersediaan fasilitas kolam renang yang ada dan sarana rekreasi lainnya. Untuk pengunjung umum tersedia kolam renang utama berukuran standar yakni 20 x 50 meter dengan kedalaman yang bervariasi. Selain itu terdapat banyak jenis kolam rekreasi anak-anak seperti kolam air mancur, kolam bola, kolam arus deras, waterboom, ember tumpah, kolam bermain anak-anak. Pengelola juga menyediakan peminjaman pelampung dari ban dalam. Di sana tersedia juga tempat penitipan barang, stand penjualan makanan ringan dan minuman. Pengunjung juga dapat menggunakan fasilitas rekreasi tambahan seperti go kart, ATV, perahu air, bianglala, bombomcar dan lain-lain. Namun untuk fasilitas ini dapat digunakan dengan membayar tambahan.

Tiket masuk untuk berkunjung ke obyek wisata ini sebesar Rp 10.000,00 per orang. Untuk ukuran daerah Yogyakarta dan sekitarnya relatif cukup murah, terutama apabila dibandingkan dengan fasilitas yang tersedia relatif menarik dan memberikan kenyamanan.

Demikianlah sekedar tulisan ringan tentang aktivitas liburan lebaran kemarin ini. Besok lagi kalau di bus, lihat-lihat dulu kalau mau pipis, pastikan sekali lagi bahwa bus yang tersedia adalah memang bus toilet.

 

Iqmal Tahir

Iklan

5 responses »

  1. puisiazzet berkata:

    Hehe…, ternyata di dalam bus yang sudah didesain menjadi toilet to.. saya membaca di alenia pertama (dalam hati) langsung haaa??!! Jogja memang tempatnya orang-orang kreatif.

    Salam kenal dan selamat berkarya,
    Akhmad Muhaimin Azzet.

  2. Abu Athhar berkata:

    ada yang double decker gak mas?..hehehehe..

  3. Oki berkata:

    Yg penting bisnya tdk bau pesing…klo habis pake disiram lg yg bersih lho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s