Menyinggung soal kontroversi status monarkhi yang dicetuskan Presiden SBY baru-baru ini memang menarik. Dalam rangka pembahasan RUU Keistimewaan Daerah Yogyakarta kemudian memang alot. Bagi yang memahami sejarah dan kronologis berdirinya negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) mungkin menjadi hal yang mudah dan akan cepat memberi keputusan. Hal yang berbeda jika kemudian dibuat sebagai mainan politik atau ada tendensi tertentu, sehingga urusan menjadi berkepanjangan dengan dalih hukum ketatanegaraan, sosial, dan alasan-alasan yang dibuat-buat lainnya.

Bukan kompetensi saya untuk membahas kajian dan permasalahan tersebut. Saya hanya tertarik dalam hal kedua tokoh utama yang terkait dengan kontroversi ini, yakni Presiden SBY dan Sri Sultan HB X. Dalam banyak hal kedua tokoh ini memang sangat berbeda. Baik dari sisi asal, karier, perjalanan politik, dan lain-lain.

Kalau perbedaan yang ingin saya sampaikan bukan perbedaan yang menjurus pada kehidupan beliau-beliau berdua. Ada sisi lain yang ternyata memang berbeda.

Percaya gak, waktu salaman kemarin, SBY pakai cincin di tangan kiri dan HB X di tangan kanan. Ini dapat dilihat pada waktu mereka berjumpa setelah terjadi kontroversi status monarkhi itu yakni pada waktu pemberian penghargaan kepala daerah yang berprestasi memajukan pendidikan. Jadi memang kedua tokoh ini berbeda dalam hal cara mengenakan cincin.

Cincin SBY di tangan kiri, cincin Sultan di tangan kanan.

Jangan tanya apa makna pakai cincin di jari manis pada tangan kiri atau di tangan kanan lho ya ? Saya sendiri kadang juga suka-suka pakai cincin di tangan kiri kadang di tangan kanan. Kalau dipakai terus menerus di jari yang sama, saya tidak suka ada bekas lingkaran putih yang susah hilang. Jadi saya pikir enaknya saja dipakai bergantian, kadang malah lupa dipakai. Hehe… soalnya batu akiknya murahan sih.

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s