Minuman beralkohol bagi umat Islam adalah sesuatu yang diharamkan untuk dikonsumsi. Itu sudah jelas tidak usah ditinjau dari sisi agama atau pengaruhnya. Kalau dilihat efek memabukkan bisa saja orang berkilah minum sedikit diperbolehkan asal tidak mabuk, tetapi tentu saja bukan itu yang dimaksud dari larangan itu. Kalau saya di sini tentunya tidak ingin menuliskan kajian agama dari minuman beralkohol itu, melainkan sesuai judul yang tertulis, melihat sisi keindahan dari minuman beralkohol itu.

Keindahan seperti apa ? Kalau dari sisi botol, bisa saja minuman beralkohol disajikan dalam bentuk botol-botol yang unik dan menarik. Ada sisi lain keindahan yang tersembunyi dari jenis-jenis minuman beralkohol itu jika dilihat di bawah mikroskop. Gambar-gambar di bawah ini saya cuplikan dari website ini.

Cairan yang secara visual akan terlihat transparan, ternyata akan berbeda jika dilihat secara mikroskopis dengan menggunakan perangkat mikroskop. Dari cahaya sinar putih yang melewati akan ada efek penyerapan, penghamburan dan pemantulan cahaya yang kemudian berefek warna-warni yang jika ditangkap sensor mata atau kamera akan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Peristiwa penyerapan radiasi sesuai panjang gelombang tertentu yang karakteristik dengan gugus-gugus khromofor yang terdapat pada komponen minuman beralkohol tersebut.

Dengan perbesaran sampai 1000 kali menggunakan mikroskop yang baik, beberapa gambar berikut diambil oleh tim dari Jurusan Kimia Florida State University. Minuman biasa seperti vodka, rose wine dan tequila memberikan efek visual yang sangat indah.

Minuman anggur rose wine.

Setiap gambar diperoleh dengan jalan meneteskan cairan minuman dan diletakkan dalam slide mikroskop. Setelah itu tetesan dibiarkan mengering dan slide kemudian ditempatkan di bawah mikroskop.  Untuk proses pengeringan cairan secara alami dilakukan dengan menggunakan container atau dalam ruang  pengering dengan silika gel.

Variasi visual minuman dapat terjadi karena komposisi minuman yang ada, termasuk keberadaan pengotor yang terdapat dalam minuman vodka. Warna yang tampak di mikroskop tidak selalu terkiat dengan warna viusal dari sampel minuman yang digunakan. Warna yang tampak di citra mikroskop ini lebih karena hasil polarisasi cahaya yang melewati sampel. Jadi termasuk jika cahaya melewati sampel berbentuk kristal yang dihasilkan dari pengendapan sebagian komponen minuma kristal ini, akan menghasilkan bidang yang berwarna lain.

Minuman Whiskey

Tequila

Untuk minuman tequila sedikit lebih gelap karena kandungan fruktosa yang tinggi dan keberadaan minyak atsiri yang dihasilkan tanaman agave.

Vodka.

Pada minuman vodka terdapat bulatan globula yang dihasilkan dari padatan yang terlarut dalam minuman. Contoh padatan ini dihasilkan dari gula. Selain itu terdapat indikasi lain keberadaan komponen penghasil aroma dalam vodka karena vodka diproses melalui cara destilasi dan dilewatkan arang karbon untuk pemurniannya.

Martini

Pada minuman martini terdapat gambaran yang menunjukkan keberadaan minyak atsiri atau karena tannin yang terdapat dalam minuman untuk memberikan sedikit rasa tanin. Untuk cocktail akan berbeda lagi karena ada terdapat komposisi buah-buahan dan soft drink yang mengandung asam sitrat dan gula yang akan terlihat kompleks saat dikeringkan dan difoto.

Foto-foto minuman beralkohol ternyata memberikan variasi yang sangat banyak sekali. Saat ini foto-foto tersebut bahkan menjadi seni tersendiri. Hasil foto ini berbentuk kaleidoskop yang tersusun atas warna dan bentuk akibat komposisi kristal atau bahan kimia yang terkandung di dalam minuman.

Apakah pembaca ingin tertarik juga untuk membuat foto-foto serupa ? Yang penting jangan tertarik untuk mencoba meminumnya lho ya… ingat itu haram !

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s