Menjelang pergantian tahun maka akan banyak dihasilkan sampah kertas baru yang berasal dari kalender. Kalender tahunan yang tentunya berlaku hanya berlaku selama satu tahun tentunya sudah tidak berfungsi lagi setelah tahun yang berjalan akan berakhir. Kalender ini harus diganti dengan kalender tahun yang lebih baru.

Saat ini terdapat banyak jenis dan ukuran kalender. Kalender terdapat dalam bentuk kalender dinding, kalender meja dan berbagai jenis lainnya. Untuk kalender dinding dapat berupa lembaran besar ataupun kalender berukuran kecil, selain variasi ukuran yang lainnya. Dari sisi periode, maka ada kalender dinding yang memang memuat seluruh tanggal untuk satu tahun, tetapi ada yang per bulan tertentu bahkan ada yang per hari dalam bentuk lembaran tanggal yang harus disobek setiap hari. Untuk kalender yang berperiode bulanan ada yang satu halaman untuk satu bulan, ada yang untuk dua bulanan, tiga bulanan, empat bulanan atau enam bulanan. Ini uniknya jumlah bulan dalam setahun berupa 12 sehingga faktor persekutuannya adalah 1, 2, 3, 4, 6 dan 12.

Kalender gaya motivasi. Kalau ada kalender ini di warung makan, mungkin akan aku minta sama penjualnya.

Tampilan kalender juga bermacam-macam. Ada kalender yang didominasi dengan angka-angka yang dicetak besar untuk menunjukkan tanggal yang akan terlihat jelas dari kejauhan. Kalender seperti ini akan menunjukkan fungsi kalender yang kuat sehingga kurang akan unsur dekorasi yang disajikan. Bentuk yang lain dan yang banyak dijumpai adalah kalender yang memuat gambar foto atau lukisan dengan bagian cetakan tanggal di bagian bawah atau samping kertas. Gambar foto atau lukisan berfungsi untuk hiasan sehingga kalau dipasang di dinding akan mempercantik tampilan ruang dimana kalender terpasang. Selain itu pada bagian kalender ini juga dicetak suatu informasi merek, toko, institusi atau organisasi tertentu. Bagian ini berfungsi untuk promosi atau usaha pemasaran dari pemilik nama yang tercetak di kalender tersebut.

Kembali terkait soal limbah atau sampah dari kalender ini, maka saya membuat tulisan ini agar dapat dipahami upaya pengelolaan dari limbah kalender ini. Cara yang paling mungkin adalah dengan mengelola limbah kalender ini seperti halnya limbah kertas lainnya untuk didaur ulang.

Saya hanya ingin mengulas untuk kalender-kalender tertentu, yakni yang memiliki tampilan cetakan gambar atau lukisan yang cantik dan artistik. Untuk kalender seperti ini, akan sangat sayang jika langsung dibuang sebagai limbah untuk didaur ulang. Lembaran kalender dengan gambar yang cantik seperti itu akan lebih baik jika dimanfaatkan unsur dekorasinya. Bagian yang berisikan gambar ini lebih baik dipotong dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk ditempel sebagai dekorasi. Akan lebih baik lagi jika gambar kemudian dilapis dengan plastik pembungkus atau bahkan dipigura. Dengan demikian jika dipasang untuk dekorasi akan mempercantik ruangan.

Kalau sudah dibuat dilapis plastik atau dipigura, mungkin saja jumlahnya akan banyak padahal setiap tahun akan berulang. Saya yakin setiap keluarga atau bahkan kantor akan menghasilkan limbah kalender yang bergambar cantik setiap tahunnya. Untuk itu mungkin juga akan lebih baik disumbangkan ke sekolah di daerah pinggiran atau keluarga pihak yang membutuhkan. Jika gambar sudah diplastik rapi atau dipigura, saya yakin tidak akan ada yang menolak untuk menerima dan memasang hasil donasi ini.

Kalender gambar lumba-lumba.

Kalender gambar bunga yang asli.

Kalender gambar bunga juga (ada bunganya lho di bagian background). Kalau yang ini jangan dibagikan ke siapa-siapa lho ya, dipakai untuk rumah sendiri saja.

Bagi pihak hotel, bank atau perusahaan besar lainnya yang setiap tahun juga menerbitkan kalender, maka langkah ini juga dapat dimanfaatkan untuk promosi lebih lanjut. Apabila mereka mampu membagi-bagikan kalender ke banyak tempat, maka limbah kalender yang dihasilkan dari lingkungan mereka juga tetap dapat dibagikan lebih lanjut dengan cara serupa di atas. Hal ini sekaligus tetap dapat dimanfaatkan sebagai bagian promosi, karena bisa saja pada bagian gambar yang dipigura tetap memuat logo nama atau merek mereka.

Kalau ada  bank, perusahaan atau hotel yang kesulitan untuk membagi-bagikan limbah kalender ini, mungkin saya bisa membantu menindaklanjuti hal ini. Kumpulkan saja kalender yang akan terbuang, kemudian untuk pembuatan plastik atau pigura akan dibantu dengan biaya yang menyesuaikan. Proses distribusi ini akan dapat dilakukan untuk sekolah-sekolah atau tempat umum yang berada di daerah pedesaan, atau bahkan untuk dibagikan ke rumah-rumah penduduk di berbagai pelosok.

Pada akhirnya kepedulian kita akan kelestarian lingkungan ini harus selalu diperhatikan, termasuk dalam hal ini adalah penghematan kertas dan pengurangan sampah. Jadi kalau dalam hal kalender ini maka dapat dicoba cara-cara di atas. Semoga dapat ditiru.

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s