Sewaktu ada acara universitas di sini, ternyata juga ada salah satu stand klinik yang berpartisipasi di acara ini. Mereka memberikan layanan berupa jasa pemeriksaan ringan dan konsultasi kesehatan bagi para pelajar. Saya ikut-ikutan saja karena bosan dan tidak begitu paham pada pidato yang disampaikan dalam acara itu mengingat sangat kental dengan nuansa yang berbau politik lokal. Setelah antri dan mengisi formulir, maka berikutnya saya diperiksa berat dan tinggi badan, dicek tekanan darah,  kemudian dari sini barulah ditemukan dengan dokternya untuk konsultasi. Saya yang dari awal tidak begitu paham dengan masalah kesehatan, tentu saja kurang begitu mengerti dengan istilah teknis yang disampaikan, kecuali saran-saran umum yang memang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Salah satu istilah yang disampaikan saat itu adalah BMI atau Body mass index.

Sampai di kantor barulah saya mencari istilah apa ini. Body mass index (BMI) atau Quetelet index adalah ukuran perkiraan dari berat badan berdasarkan taksiran berat dan tinggi tubuh. Kalau dulu masih kecil ada taksiran serupa dengan menghitung tinggi badan dikurangi angka 100, maka hasilnya itulah yang seharusnya menjadi berat badan ideal dari orang itu. Tetapi kemudian berkembang kajian untuk menghitung BMI secara lebih rinci lagi dengan memperhitungkan umur. Bahkan ada juga yang memperhitungkan masalah faktor perkawinan dan aktivitas perokok. Kalau mau baca yang lebih detail tentang BMI baca saja sendiri di wikipedia, saya kira cukup lengkap.

Grafik untuk mengetahui skor BMI.

Ini saya menuliskan hal lain yang kebetulan juga saya peroleh di internet. Untuk menghitung BMI kita secara cepat dan praktis ternyata juga dapat dilakukan sendiri. Dengan memanfaatkan tool yang terdapat pada halaman web kompas health di alamat ini, maka hal ini juga dapat mudah kita lakukan.

Isikan data yang terkait dengan tubuh anda.

OK tinggal isikan saja data berat, tinggi dan umur maka tinggal klik proses, akan segera muncul hasilnya. Kalau yang soal seperti ini sih tentunya tinggal kejujuran kita saja untuk mengisikan data yang benar. Bisa saja data yang dimasukkan sekenanya saja maka komputer server tetap akan mengolah data tersebut sesuai dengan yang anda masukkan.

Apabila hasil sudah disampaikan maka akan ada juga saran yang direkomendasikan. Termasuk juga masalah makanan sehat yang patut dipertimbangkan untuk menjaga kondisi tubuh ideal.

BMI saya nih...

Untuk gambar di atas adalah gambar screen capture untuk BMI saya. Memang sih saat ini tergolong ideal, tetapi saya sendiri kurang puas perlu medical check up lebih menyeluruh. Hal ini saya rasakan karena saya tiap hari kebanyakan mengkonsumsi nasi lemak, makanan berkari dan roti cannai. Lagipula kondisi kerja juga menuntut banyak pikiran dan terkadang sering muncul perasaan stress juga. Ok-lah mudah-mudahan tetap sehat selalu. Ini yang penting.

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. Endang S berkata:

    Waduuh pak iqmal…kok ribet men yo… kalo mau makan harus ngitung berapa kalori. Enakan kalo pengin makan ya makan aja… sing penting bergizi seimbang (4 sehat5empurna).. dan hindari stress…. karena stress itu pemicu timbulnya banyak penyakit. Kata Ustad…Orang yang stress biasanya belum memaknai “Syukur” secara benar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s