Kalau menonton pertandingan bulutangkis maka atraksi yang menarik adalah saat terjadi aksi saling tukar pukulan dengan teknik-teknik tinggi baik dari pola serangan tajam maupun permainan bertahan yang baik. Seorang pemain yang baik dapat memberikan variasi permainan untuk mengatasi pukulan shuttlechok dari lawan dan dikembalikan lagi ke daerah lawan dengan harapan tidak dapat diraih. Jenis pukulan lob, smash, lambung ataupun netting menjadi keterampilan yang harus dikuasai baik. Selain itu tentu saja penguasaan areal lapangan dan refleks yang baik akan menjadi dukungan. Penonton seringkali menyukai aksi pemain bulutangkis yang memiliki banyak teknik dan kemampuan serangan. Kalau sudah seperti ini tentunya permainan menjadi menarik dan hasil akhir pun menjadi harapan para penonton.

Aksi seru main badminton.

Aksi seru main badminton.

Untuk pemain tunggal, atraksi yang menarik biasanya lebih banyak terjadi dari aksi serang dengan smash tajam atau permainan netting. Untuk permainan ganda, khususnya ganda campuran atau ganda putra, aksi menarik akan lebih banyak terjadi lagi. Aksi serang dengan smash bertubi-tubi juga sering terjadi. Pola permainan bertukar posisi kadang juga menyuguhkan tontonan tersendiri. Dalam permainan ganda seperti ini, areal lapangan tentunya terasa relatif lebih sempit karena ada dua orang. Kekompakan untuk menjaga wilayah dan menempatkan diri secara kompak ini juga harus dijaga. Kondisi ini akan berakibat atraksi dapat memberikan hiburan yang menarik karena permainan biasanya akan berjalan secara cepat.

Beberapa contoh aksi yang menarik dalam permainan ganda adalah aksi mengembalikan bola yang tidak biasa. Pukulan dalam bulutangkis untuk mengembalikan bola umumnya adalah berupa forehand atau backhand, tetapi seringkali muncul pukulan variasi. Mengingat lenturan senar dari raket dan berat shuttlecock yang relatif ringan maka pengembalian dapat dilakukan dengan tenaga yang relatif ringan juga. Dari sini sering ada pemain yang dalam kondisi tertentu dapat mengembalikan bola dari pukulan lewat punggung. Bahkan ada juga yang memukul dari arah bawah selangkangan. Semua ini sah asal shuttlecock dapat memantul dan kembali ke lapangan lawan.Dalam permainan ganda ini salah seorang pemain dapat mendukung permainan temannya. Saat permainan dilakukan dengan serangan smash yang bertubi-tubi atau kondisi tertentu maka akan dapat menyebabkan senar raket terputus. Tentu saja pemain tersebut harus mengganti dengan raket cadangan supaya dapat bermain kembali dengan baik. Di dalam bulu tangkis untuk dapat keluar dari lapangan, seorang pemain harus meminta ijin kepada wasit. Jadi tentu saja pergantian raket inipun harus mendapat ijin dari wasit dan mestinya akan diijinkan.

Pada permainan modern sekarang ini, ijin keluar lapangan itu memang diatur dan ditentukan oleh wasit. Saat pertandingan berlangsung seru dan memakan waktu panjang, maka stamina pemain harus dikendalikan supaya tidak habis. Istirahat dan mengatur irama pertandingan menjadi penting. Aturan resmi dalam bulutangkis, istirahat dilakukan saat skor mencapai angka 11 dan saat pergantian set. Saat skor mencapai angka 10, pemain diizinkan untuk istirahat selama 1 (satu) menit dan pelatih boleh memberikan instruksi-instruksi kepada pemainnya, tetapi pemain tidak boleh meninggalkan lapangan. Selain itu pemain boleh keluar lapangan untuk menyeka peluh, minum air atau mengganti raket dengan seijin dari wasit. Untuk pemain tertentu, meminta ijin menyeka peluh juga dapat menjadi strategi untuk mengulur waktu dan menjaga stamina sebentar. Jadi wasit akan menentukan diperbolehkan atau tidak keperluan ini.

Kembali pada masalah pergantian raket yang putus, maka ternyata seringkali terjadi hal yang unik dan menjadi atraksi yang menarik juga. Saat pertandingan masih berlangsung, jika seorang pemain mengalami raket putus ternyata dia dapat langsung mengganti dengan raket cadangan tanpa harus meminta ijin wasit. Hal ini ternyata diperbolehkan dalam aturan. Tentu saja permainan akan terus berlangsung dengan konsekuensi pemain satunya yang bertanggung jawab meneruskan permainan sendirian. Jadi aksi mengembalikan bola di seluruh wilayah menjadi tugas dia. Pemain yang mengganti raket akan bergegas menuju tempat raket cadangan di samping lapangan dan segera kembali ke lapangan.

Saat pergantian seperti ini bisa saja memakan waktu sekitar 5-10 detik. Hal ini dapat memberikan permainan tetap berlangsung sampai ada 2-3 kali pertukaran arah shuttlecock. Aksi ini kalau didukung dengan keterampilan dari pemain yang bertugas menjaga lapangan, maka akan memberikan suguhan yang unik. Permainan jadi semacam pertandingan keroyokan dua lawan satu. Kalau kondisi seperti ini umumnya lawan akan memanfaatkan untuk menekan supaya mendapatkan angka. Namun seringkali terjadi permainan dapat kembali berjalan normal bahkan pemain yang bersangkutan justru malah yang kemudian menang.

Beberapa peristiwa pergantian raket selama pertandingan ganda masih berlangsung dapat diceritakan di bawah ini. Umumnya memang berlangsung pada pertandingan ganda.

Pada pertandingan Djarum Indonesian Open Series, seperti yang dikutip dari sini.  Hal ini  terjadi pertandingan antara pemain ganda putera Korea Selatan Lee Yong Dae/Jung jae Sung melawan pasangan dari Cina Cai Yun / Fu Haifeng. Pertandingan memang waktu itu dimenangkan pasangan Korsel itu dengan straight set. Di tengah pertandingan, Jung Jae Sung tiba-tiba keluar lapangan untuk mengganti raket. Saat itu tentu saja tinggal Lee Yong Dae saja yang harus bermain single untuk mengcover seluruh area lapangan. Hebatnya pasangan Korsel ini tetap dapat melanjutkan permainan kembali secara normal bahkan kemudian poin dapat diperoleh mereka. Aksi pasangan ini kemudian berlanjut juga di saat pertandingan final ganda campuran yang melibatkan pasangan pemain Korsel juga yang ternyata melibatkan aksi Lee Yong Dae. Pemain Lee Yong Dae ini saat berlangsung pertandingan berlangsung, ternyata juga melakukan pergantian raket.

Pasangan ganda Cina.

Pasangan ganda Cina.

Pasangan ganda putera Korea Selatan.

Pasangan ganda putera Korea Selatan.

Aksi pemain Indonesia untuk melakukan hal yang sama juga banyak terjadi. Salah satunya seperti dikutip dari blog ini adalah saat pertandingan ganda campuran di babak  perempat final China Super Series. Saat pertandingan antara pasangan Indonesia Gresya/Flandy melawan pasangan dari Cina Yu Yang / He Hanbin. Flandy saat di tengah pertandingan masih berlangsung merasakan senar raketnya terputus. Setelah itu Flandy mengarahkan shuttlechok tinggi ke belakang kemudian dia berlari ke tepi lapangan untuk mengganti raket. Saat itu terjadi peristiwa unik karena Hanbin pun kemudian memberikan pukulan smash tetapi masih bisa dikembalikan oleh Gresya. Pukulan smash ini bahkan berlangsung berturut-turut dan bisa dikembalikan baik oleh Gresya seorang. Justru kemudian pukulan smash ketiga dari Hanbin ini malah nyangkut di net dan memberikan poin bagi pasangan Indonesia. Hal yang unik lagi setelah itu malah senar raket dari Hanbin sendiri yang kemudian putus dan harus diganti. Tetapi yang ini pergantiannya tentunya saat pertandingan berhenti. Aksi seperti ini dapat memberikan hiburan tersendiri bagi penonton yang melihatnya.

Kejadian lucu yang melibatkan pemain Indonesia juga terjadi saat turnamen Swiss Open 2009. Saat itu Yohanes Hogiyanto/Hafiz Shaharudin pasangan gado-gado Indonesia/Malaysia yang bermain untuk Swiss. Waktu permainan berlangsung senar Hogi putus dan dia segera bergegas menyambar raket yang berada di dalam tasnya di samping lapangan. Penonton tentu akan melihat aksi ini dengan baik. Yang lebih lucu adalah bahwa raket yang digunakan oleh Hogi adalah raket squash dan bukan raket bulutangkis.  Hogi tidak merasa dan baru sadar saat Hafiz tertawa mengingatkan Hogi.

Masih banyak lagi kejadian serupa. Pasangan Indonesia yang terkenal Ricky dan Rexy juga sering menampilkan aksi seru dalam permainannya. Untuk aksi pergantian raket ini juga sering dilakukan pasangan ini dengan Ricky yang sering sebagai pelakunya. Sebagai contoh tahun 1996 seperti dikutip dari blog ini. Dalam permainan rally, Ricky tercatat lebih dari satu kali mengganti raket selama permainan berlangsung. Tentu saja Rexy lah yang kemudian tetap meneruskan pertandingan rally itu.

Beberapa rekaman pertandingan yang menyuguhkan aksi seperti ini dapat dilihat di Youtube seperti di sini dan sini.

Ini gambar bonusnya. Buat tambah seru !

Aksi pasangan Markis/Kido.

Aksi pasangan Markis/Kido.

Bonus aksi 1.

Bonus aksi 1.

Bonus aksi 2.

Bonus aksi 2.

Bonus aksi 2.

Bonus aksi 3.

Bonus khusus.

Bonus khusus.

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s