Gara-gara melakukan pencarian file-file lagu mp3 gratisan di satu webhosting gratisan, saya menemukan lagu jadul yang pernah menjadi kegemaran saat masih anak-anak. Bukan lagu anak-anak memang tetapi saat itu banyak orang pun menyukainya. Tentu saja orang pun akan hafal lirik dan tahu untuk menyanyikannya. Lagu ini memang cenderung mudah dihafal karena liriknya pendek-pendek dan menceritakan suasana riang. Selain itu irama yang gembira dalam alunan cenderung dangdut maka cukup sudah menarik banyak orang untuk menjadi penggemarnya.

Cover kaset Ellya Khadam penyanyi lagi Boneka India.

Cover kaset Ellya Khadam penyanyi lagi Boneka India.

Lagu berjudul Boneka India ini mulai dari dinyanyikan pertama kali sampai sekarang tentu akan menarik pendengarnya. Penyanyi asli lagu ini adalah Ellya Khadam sekitar tahun 70an. Saya yang masih kecil pun waktu mendengar dari kasetnya pun ikut memutar berulangkali, sampai bosan memejet tombol play dan rewind-nya. Bahkan mungkin kalau dilihat lagi pita kasetnya sudah keriting sampai perlu direbonding lagi. Radio-radio yang memiliki penggemar setia dangdut dan lagu nasional pun pasti sering memutar lagu ini juga.

Kemudian setelah masuk smp, saya juga teringat lagu ini direkam dan dinyanyikan lagi oleh group orkes Pengantar Minum Racun (PMR). Beberapa penyanyi dangdut pinggiran juga ada yang tercatat membawakan lagu ini. Terakhir saya memperoleh lagu ini dalam versi dangdut mix melalui internet itu.

Saat mendengar lagu ini kembali, pikiran saya malah tertarik untuk mencermati lirik yang dinyanyikan itu. Boleh lah sedikit muncul pikiran iseng untuk ikut tenggelam dalam mengapresiasi dan menerjemahkan gambaran yang ada dalam lirik itu.

Hatiku gembira, riang tak terkira

mendengar berita, kabar yang bahagia

Memang sih yang disajikan adalah hal yang biasa tentang kegembiraan seseorang, jadi sebenarnya tidak ada yang aneh. Tingkah yang cenderung digambarkan itu kekanakan, yakni mendapatkan souvenir oleh-oleh dari luar negeri berupa boneka. Saya sebut kekanakan karena ekspresi kesenangan yang disajikan sangat berlebihan dan diulang-ulang (soalnya bagian ini muncul dalam refrain).

Ayahku kan tiba, datang dari India

membawa boneka, yang indah jelita, Oh sayang…

Boneka cantik, kumimpi-mimpi

menjadi idaman, sepanjang hari

Mengapa saya sebut boneka perempuan ? Tentu saja karena ada kata kunci indah jelita dan cantik. Pastinya hal ini untuk menunjukkan stereotip seorang perempuan. Saat itu mungkin belum popular seorang laki-laki tampil cantik dan menjadi gambaran untuk dijadikan model boneka. Apalagi boneka ini jelas-jelas diperoleh saat kepulangan dari India. Mungkin kalau pulang dari Thailand, saya akan bertanya-tanya dan tidak dapat memastikan jenis kelamin boneka ini. Tahu kan kalau saya sebut negara terakhir ini, iya lah soalnya banyak sekali lelaki tulen dari negara gajah yang tampil cantik dan bahkan melakukan operasi transgender.

Proses pembuatan boneka khas India.

Proses pembuatan boneka khas India.

Boneka india yang cantik jelita.

Boneka india yang cantik jelita.

Dari India, boneka lokal tersebut tentunya menampilkan gambaran sosok khas dari negeri tersebut. Jadi kalau perempuan, pastilah digambarkan dalam bentuk wanita cantik dengan riasan titik merah di bagian dahi tepat di tengah antara kedua alisnya. Perempuan ini mestinya berambut panjang dan berwarna hitam.

Kini kudapat, boneka baru

untuk hadiah ulang tahunku

Boneka India memang spesial untuk kado ulang tahun.

Boneka India memang spesial untuk kado ulang tahun.

Untuk hadiah ulang tahun biasanya dipilih sesuatu yang khusus dan istimewa. Jadi dari sini boneka ini juga termasuk kategori ini. Tentunya ini bukan boneka biasa yang diperoleh sebagai souvenir dari negeri India tetapi kenyataannya tercantum label Made in China. Saat ini wabah mainan anak-anak termasuk boneka yang diproduksi dari negeri beruang panda ini memang menjadi isu tertentu karena faktor produksi massal, harga yang mustahil dibayangkan dengan ongkos produksinya, serta bahaya tersembunyi di balik bahan baku mainan yang digunakan. Bagi seorang ayah yang baik dan ingin membelikan hadiah ulang tahun anaknya dari jauh tentunya tidak membelikan boneka China ini, karena di berbagai pelosok tanah air mulai dari Jakarta sampai di kota-kota kecil sendiri sudah banyak kios penjual mainan dari cina ini.

Boneka yang indah, pandai main mata

hatiku gembira, riang tak terkira

Boneka yang bisa digambarkan dalam lirik ini sudah memiliki kemajuan dalam hal mekanik. Mata boneka dibuat dengan desain tertentu yang bisa bergerak-gerak. Untuk boneka lain bahkan tangan dan kaki dapat diatur karena ada mekanisme yang dipasang menyerupai pundak dan siku atau paha dan lengan manusia. Untuk boneka modern bahkan saat ini juga terpasang speaker untuk menampilkan suara yang telah direkam.

Ku ayun ku buai, ku dendangkan sayang

tidurlah hai si buyung, juwitaku sayang, Oh sayang…

Dari sisi penggemarnya, boneka perempuan cantik pun selalu menjadi idaman. Baik untuk penggemar perempuan maupun penyanyi laki-laki.

Perempuan pada dasarnya menginginkan tampilan yang cantik seperti puteri dalam cerita dongeng. Hal inilah yang kemudian diimajinasikan dalam bentuk boneka cantik itu. Boneka seperti ini akan dibawa bermain sepanjang waktu, bahkan saat mau tidur pun diajak untuk menemani siapa tahu akan berjumpa di mimpi indahnya.

Kalau laki-laki mungkin menginginkannya boneka cantik lebih khusus yakni boneka dalam ukuran 1 : 1. Ini sih mesti ada tujuan sampingannya. Saat ini di pasaran dan toko-toko khusus memang banyak tersedia boneka ukuran besar yang memiliki konsumen khusus untuk sarana rekreasi pribadi. Untuk dibawa tidur juga mungkin. Hal ini siapa tahu akan mengantarkannya untuk bertemu juga dalam mimpi yang indah dan pastinya mimpi basah.

Boneka sayang…berbaju biru

boleh dipandang, tak boleh diganggu

Dalam lagu itu digambarkan juga soal baju yang dikenakan. Baju India yang khas adalah baju sari berupa kain panjang yang dililitkan ke tubuh secara khusus. Pakaian ini pada dasarnya cukup eksotis karena tetap menutup tubuh perempuan dengan sedikit memamerkan bagian perut dan pusarnya. Apabila berjalan dan bergerak tentu saja dapat memancing perhatian orang untuk menatapnya.

Boneka berbaju biru.

Boneka berbaju biru.

Boneka cantik jelita berbaju biru.

Boneka cantik jelita berbaju biru.

Warna biru adalah warna yang banyak difavoritkan orang. Kalau untuk anak-anak cenderung suka warna pink yang terkesan romantis. Tengok saja kalau perayaan hari valentine, semua baju dan asesoris akan dipilih yang berwarna pink. Namun untuk kasus boneka India ini dipilih yang berbaju biru. Warna ini tentunya adalah pilihan warna yang menggambarkan sosok ningrat dan dari kalangan terpilih. Ok lah makanya cukup dipandang saja, jangan diganggu lho ya !

Kalau dikaitkan dengan situasi jaman sekarang, maka oleh-oleh boneka cantik tentunya diharapkan adalah boneka Barbie. Bagi anak-anak perempuan sekarang, boneka barbie menjadi idaman dan mainan favorit apalagi setelah ditonjolkan melalui film animasi dan promosi yang sangat besar. Wabah boneka barbie ini muncul dengan penjualan boneka dan berbagai macam asesorisnya. Boneka ini memang didesain khusus untuk dapat dimodifikasi oleh pemiliknya dengan berbagai macam baju, riasan, asesoris pribadi dan pernik-pernik rumah bahkan kendaraannya. Boneka ini juga tersedia dalam berbentuk ekspresi. Boneka dengan ciri khas ramping, warna kulit putih dan rambut blonde ini banyak menarik penggemar anak-anak dan kalangan berbagai umur lainnya. Dari sisi harga kalau yang orisinal akan diberi label yang mahal, maka tersedia pula tiruan yang dijual dalam harga yang lebih terjangkau pula.

Sekali lagi saya tetap masih penasaran dengan sosok boneka India ini. Namanya imajinasi kan boleh saja disalurkan ya. Pikiran yang paling mungkin adalah berlari menuju sosok artis-artis Bollywood yang hilir mudik melalui film yang harus ditonton marathon selama hampir tiga jam. Untungnya selalu ada dentuman musik dan para penari yang muncul tiba-tiba, entah dari mana, tidak jelas apa kaitannya, dengan para tokoh utamanya.

Dari berbagai artis yang muncul akan ada gambaran ideal yang mendekati sosok boneka India ini. Kalau dulu yang sering muncul adalah artis Aishwarya Rai. Memang sangat pas saat masih muda, tetapi setelah dia menikah dan berumur, maka perlu diganti sosok idola boneka India ini. Akhirnya pilihan jatuh pada Katrina Kaif.

Katrina - The real indian baby doll.

Katrina - The real indian baby doll.

Memang cantik jelita nih...

Memang cantik jelita nih...

Boleh dilihat, jangan dipegang !

Boleh dilihat, jangan dipegang !

Benar-benar hadiah yang ditunggu-tunggu.

Benar-benar hadiah yang ditunggu-tunggu.

Katrina Kaif adalah bintang pilihan para laki-laki dari kalangan bollywood. Wajahnya menggambarkan tampilan ideal dengan sosok tubuh yang membuat para lelaki memimpikannya. Jadi inilah dia boneka India yang sesungguhnya. Saya yakin para pembaca pun setuju akan pendapat ini.

Boneka cantik, dari India

boleh dilirik, tak boleh dibawa

Hatiku gembira, riang tak terkira

mendengar berita, kabar nan bahagia

Ayahku kan tiba, datang dari India

membawa boneka, yang indah jelita

Oh sayang…La… la la la la…, La… la la la la…


 

Iqmal Tahir

Iklan

One response »

  1. […] Teka Teki Boneka India | (new) Iqmal Tahir’s Blog – 4/1/2011 · Gara-gara melakukan pencarian file-file lagu mp3 gratisan di satu webhosting gratisan, saya menemukan lagu jadul yang pernah menjadi kegemaran saat masih anak-anak. Bukan lagu anak-anak …… […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s