Perayaan natal bagi umat beragama Kristen kadang harus melibatkan peran dari seorang sosok Santa Klaus. Sosok ini banyak diharapkan kedatangannya menjelang malam natal untuk membawa hadiah yang lama diidam-idamkan selama satu tahun sebelumnya setelah menjalani aktivitas yang penuh kebaikan. Santa Klaus ini kemudian muncul dalam sosok lelaki berjanggut lebat dengan pakaian merah dan topi merah. Biasanya dia akan menaiki kereta salju yang ditarik rusa kutub dengan membawa sekantong hadiah.

Terkait dengan keberadaan Santa Klaus ini kemudian muncul berbagai perayaan dan event yang menghadirkan sosok ini. Ada satu event unik yang diselenggarakan oleh masyarakat lokal di Boston Amerika Serikat. Sejak beberapa tahun ini diselenggarakan lomba balap lari untuk para peserta umum tetapi harus mewajibkan pesertanya menggunakan kostum Santa Klaus ini. Hal yang menariknya adalah kostum ini harus bersifat buka-bukaan walaupun nanti lomba balap larinya adalah dilaksanakan di udara terbuka, tentunya saat musim salju di lokasi balapan itu.

Ajang balapan ini diselenggarakan oleh SSRunners, Inc., yang merupakan organisasi nir laba yang didirikan guna menggalang dana amal untuk membantu anak-anak. Ajang balap lari ini dinamakan dengan Santa Speedo Run.  Lomba ini pada awalnya dilakukan pertama kali tahun 2000 yang diinspirasikan dari keriuahan orang saat berlomba-lomba berbelanja di suatu pusat perbelanjaan. Saat itu kemudian terjadi keriuhan sewaktu ada beberapa orang yang bertelanjang badan di jalanan bersalju, hanya dengan mengenakan asesoris topi dan janggut Santa Klaus, serta pakaian dalam saja. Selanjutnya karena mendapat sambutan yang hangat mereka mengorganisir even ini lebih meriah lagi. Pada tahun pertama ini yang tadinya hanya diikuti oleh lima orang saja, ternyata setelah berlanjut sembilan tahun  maka lomba balap lari ini diikuti oleh peserta sebanyak 500 orang laki-laki dan perempuan.

Ajang ini juga dilakukan guna pengumpulan dana amal. Setelah sepuluh tahun ini, pihak penyelenggara telah dapat mengumpulkan uang sebanyak $640,000. Dana yang digunakan adalah untuk kepentingan amal guna mendukung bantuan pada masalah sosial anak-anak.

Untuk dapat mengikuti lomba ini, calon harus mendaftar dengan membayar sebesar 30 dolar dan yang bersangkutan harus mau berkomitmen untuk mengumpulkan donasi sebesar minimal 300 dolar. Ajang lomba balap ini terbuka untuk umum tetapi memenuhi persyaratan batasan umur minimal 21 tahun. Lomba ini akan berlangsung dengan mengambil titik start dan finish di lokasi Lir Tavern at 903 Boylston Street, Boston. Jarak lomba sekitar 1 mil dengan melewati daerah pertokoan di pusat kota tersebut.  Untuk tahun 2010 ini, lomba telah dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2010.

Sesuai dengan sejarah awalnya, maka peserta lomba lari ini harus mengenakan atribut Santa Klaus. Asesoris santa ini minimal berupa topi merah dan janggut putih. Untuk detailnya kemudian diatur bahwa peserta tetap harus mengenakan pakaian dalam produksi dari pihak sponsor (Speedo). Untuk menjaga kesopanan, maka peserta juga tetap tidak diperbolehkan pakaian dalam yang terlalu vulgar. Selain juga untuk melindungi peserta dari kondisi cuaca luar yang sangat dingin saat musim salju ini. Peserta juga harus membawa tas untuk menyimpan baju ganti setelah masuk finish.

Seperti apa kemeriahan lomba balap ini, lihat saja dari foto-foto berikut. Selamat menikmati.

Para peserta bersiap pemanasan sebelum start, supaya tidak kedinginan.

Beberapa peserta lomba balap lari berfoto dulu.

Sesaat setelah bendera start dikibarkan....

Semoga jadi juara ya....

Kantong yang ini sih bukan isi hadiah, tapi isinya baju ganti nanti kalau sudah sampai garis finish.

Jangan lupa sambil mengumpulkan juga uang sumbangan....

Go ! Santa, go ! Go! Go !

Nah ada pembaca yang  ingin ikut ajang lomba ini ? Datang saja ke Boston tahun depan…

Sumber foto dari : www.boston.com dan www.ssrunners.org/ssrun/

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. Agung Rangga berkata:

    huahaha…
    Pada kemana nih rusanya…

    silakan berkunjung…
    http://popnote.wordpress.com

    • Iqmal berkata:

      Rusanya lagi dikurung di kebun binatang, gak boleh dapat ijin keluar tuh…
      Blog barunya mantap juga tuh…. baru dua bulan, tulisannya dah banyak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s