Wacana pemindahan ibukota negara Republik Indonesia saat ini kembali mengemuka. Hal ini terjadi seiring dengan beban infrastruktur yang tidak sebanding dengan jumlah populasi dan tuntutan aktivitas sehari-hari yang terjadi, terlebih ditambah dengan kondisi alam seperti banjir rutin yang tidak tertangani dan sebagainya. Permasalahan ini memunculkan wacana baru agar ibukota perlu dipindah.

Kalau sudah seperti ini rasanya akan sangat berat untuk berpindah, kecuali ada kemauan keras dan kuat dari pemimpin negara ini. Bagi banyak kalangan di pusat sana, untuk berpindah dari Jakarta, ibukota negara saat ini, maka akan saat berat dengan banyak memikirikan pertimbangan kenyamanan yang saat ini sudah diraihnya. Ibarat seorang gajah, kalau sudah duduk nyaman, maka dia akan merasa malas dan enggan untuk berdiri dan berpindah ke tempat lain. Bahkan untuk kalangan parlemen di dewan, keperluan fasilitas tempat baru dengan anggaran raksasa pun tetap direalisasikan dengan pembangunan gedung baru berlokasi di Jakarta bukan di tempat lain. Jadi jangan harap ibukota dapat berpindah dalam masa lima atau sepuluh tahun ke depan.

Peta Indonesia.

Ibukota RI : Jakarta, Yogyakarta, BukitTinggi, Jakarta, selanjutnya ??

Omong-omong soal wacana pemindahan ibukota ini memang telah berlangsung sekian lama. Saat ini telah muncul beberapa kandidat daerah baru untuk dijadikan ibukota baru ini. Pilihan utama adalah beberapa daerah mulai dari Jonggol, beberapa kota di pulau Kalimantan, Lampung Sumatera dan bahkan di Jawa sendiri pun ada kandidatnya yakni Purwokerto. Rasanya kalau Purwokerto dijadikan ibukota RI, mungkin boleh juga ya sebagai putera daerah sana jadi ikut bangga walaupun paling cuma jadi nominasi saja ini.

Wacana pemindahan ini tentunya juga tidak langsung mematikan Jakarta sebagai bekas ibukota. Apalagi saat ini banyak sekali aktivitas perniagaan yang sudah berlangsung di sana. Dengan alasan seperti inilah maka muncul yang dipindah hanya dari sisi aktivitas pemerintahan saja. Untuk semua aktivitas bisnis dan perekonomian tetap dipusatkan di Jakarta saja.

Untuk Kalimantan dipilih karena lokasi daerah ini terletak di tengah-tengah kalau dilihat dari kepulauan Nusantara ini. Selain itu daerah yang berada di pulau itu relatif tenang dan selama ini tercatat tidak pernah mengalami bencana gempa bumi. Daerah ini relatif juga masih terbuka sehingga untuk ditata dari awal dapat mudah dilakukan. Sepertinya memang tepat untuk memindahkan beban dari pulau Jawa yang semakin besar. Pemindahan ibukota ke pulau lain dapat menjadikan pembangunan lebih merata dan kesempatan untuk peningkatan kesejahteraan pun diharapkan dapat menyebar.

Pemilihan tempat di pulau Kalimantan ini juga tersedia di beberapa lokasi. Jika ditinjau dari ibukota propinsi yang ada sekarang sebagai salah satu kandidat lokasi ibukota RI maka ada beberapa pilihan. Salah satunya tentu adalah Pontianak. Kalau saya meragukan pemilihan Pontianak sebagai ibukota RI. Ada alasan tertentu yang membuat saya berasumsi seperti ini. Hal ini adalah karena penggunaan nama kota ini, kecuali nantinya diganti dengan nama baru. Nama pontianak dalam bahasa Melayu adalah merujuk untuk sebutan hantu, yakni kuntilanak atau bahkan vampire.  Jadi nanti bisa saja ibukota Indonesia berada di kota hantu. Wah kalau sudah seperti ini bisa jadi kota mati itu.

Peta Pontianak.

Pontianak si kota hantu.

kuntilanak.

Hantu kuntilanak alias pontianak.

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. fian berkata:

    itu dulu mas..
    sekarang 2011..
    udh beda,,..
    emang anda pernah dengar asal muasal lahirnya kota pontianak…????

    • Iqmal berkata:

      Lha kalau tahu asal muasal lahirnya kota pontianak (termasuk asal nama kotanya) mbok silakan dishare juga di sini….. soal tulisan ini saya menuliskannya setelah di negeri jiran melihat film pocong berjudul pontianak itu….. saya sih setuju ibukota ri dipindah dari jakarta, misal ke sumatera atau kalimantan…. bahkan kalau yang terpilih di pontianak pun tidak masalah, paling saya yakin hanya nama kota ini yang akan diganti. toh Jakarta sekarang juga hasil pergantian nama dari Batavia dulunya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s