Keheningan malam yang menemani tidur akan sangat melenakan tubuh kita untuk terpejam dan berbaring dalam rangka memberikan kesempatan istirahat setelah seharian bekerja. Menjelang terbitnya matahari di ufuk timur, alam akan segera bersiap menyongsong hari baru dengan berbagai aktivitasnya. Pagi hari menjadikan waktu yang terindah untuk memulai hari baru ini.

Suara alam banyak tercipta di pagi hari untuk menyambut permulaan aktivitas. Suara paling khas adalah lengkingan kukuruyuk dari ayam jago yang saling bersahut-sahutan. Irama yang sama ini menjadi pertanda dan isyarat untuk membangunkan banyak orang dan mahluk hidup lainnya untuk mengawali hari baru. Waktu tidur dianggap sudah cukup dan harus ditinggalkan untuk kemudian beraktivitas kembali.

Suara ayam jantan di pagi hari adalah khas di banyak tempat yang memang di sana dipelihara sebagai hewan ternak. Orang beternak ayam, khususnya ayam bukan ras, selalu memiliki minimal sepasang ayam jantan dan ayam betina. Ayam jantan inilah yang bertugas membangunkan orang di pagi hari. Memang nikmat rasanya setelah tidur panjang dibangunkan di pagi hari dengan lengkingan bunyi ayam jantan ini. Terlebih bagi orang-orang tertentu yang memelihara ayam hutan atau turunannya, suara lengkingan ayam hutan ini akan sangat kuat dan mantap.

Ayam jago yang rajin berkokok.

Ayam jago yang rajin berkokok.

Saat ini saya juga tiap pagi hari dibangunkan oleh suara ayam jantan yang menyapa dan membangunkan mataku untuk segera beranjak dari tempat tidur. Segera setelahnya mengambil air dan menunaikan aktivitas rutin di pagi hari. Hanya saja suara khas ini bukan suara alam yang keluar dari ayam jantan sebenarnya melainkan suara artifisial dari bunyi weker di handphone yang disetel untuk isyarat waktu bangun pagi.

Memang tinggal di perumahan komplek orang cina, sangat berbeda. Hewan peliharaan mereka yang terutama adalah kucing atau anjing. Anjing seringnya berbunyi pada saat lapar atau mereka terusik saja. Kucing berbunyi kalau musim kawin saja atau sedang lapar juga. Di pagi hari, kebanyakan hewan ini juga seperti majikannya lebih senang berbaring tidur menghangatkan tubuh. Jadi tidak ada manfaat mereka di pagi hari untuk membangunkan kita.

Kalau tinggal dekat masjid masih lumayan, suara adzan subuh biasa berkumandang dan dapat menjadi isyarat kita untuk bangun. Tetapi kondisi perumahan sekarang juga jauh dari masjid, sehingga praktis tidak terdengar suara adzan pun.

Alarm dari ayam jago.

Alarm dari ayam jago.

Akhirnya kembali untuk dapat mendengar suara alam di pagi hari, caranya adalah dengan menggunakan suara artifisial tersebut. Dengan kemajuan handphone maka salah satu fasilitas yang tersedia yakni alarm dapat dimanfaatkan untuk keperluan ini. Berbagai suara dapat dipilih terserah pemilik untuk dijadikan tanda bunyi alarm ini, termasuk salah satunya tadi suara ayam jago yang khas.

Kukuuruuyuuuuuuukkkk…………..

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s