Baru-baru ini mata saya tertuju pada suatu label kemasan minuman yang menarik perhatian saya. Pada label kemasan itu tertulis suatu merek dan logo minuman soft drink dengan aneka rasa, tetapi hal yang menarik perhatianku adalah tulisan “Minuman Berkarbonat”. Selama ini saya sering menjumpai tulisan pada minuman soft drink dalam bentuk “Minuman Bersoda”. Maklumlah orang kimia, kalau menjumpai seperti ini kan mesti muncul pikiran iseng.

Minuman berkarbonat.

Yang ini jelas minuman bersoda.

Minuman soft drink pada dasarnya adalah minuman segar dalam kemasan dengan formulasi tertentu yang memiliki komposisi pemanis, perasa, pewarna dan dilengkapi dengan bahan natrium karbonat (sodium carbonate). Bahan terakhir ini ditambahkan sebagai pemberi sensasi kesegaran saat gelembung gas karbondioksida dilepaskan dari dalam cairan. Keberadaan gelembung ini sebenarnya tidak ada khasiat kesehatan apapun selain menimbulkan sensasi air akan terlihat segar oleh peminumnya.

Oleh produsen minuman, bahan sodium karbonat ditambahkan dalam bentuk serbuk yang kemudian terlarut dalam air kemasan itu. Serbuk itu akan larut dalam bentuk gas dan tidak terlihat saat cairan masih dalam kemasan, baik dalam botol atau dalam kaleng. Kelarutan itu terjadi karena sodium karbonat memang bahan mudah larut dalam air melalui proses solvasi ion menjadi ion sodium dan karbonat.  Ion karbonat sendiri dalam jumlah tertentu di air cenderung lebih stabil menjadi gas karbondioksida. Pada prakteknya jumlah gas karbondioksida terlarut dalam air dibuat berlebih dengan jalan menaikkan tekanan gas di permukaan cairan di dalam kemasan. Dengan demikian begitu kemasan terbuka yakni saat tekanan di permukaan air sama dengan tekanan atmosfer, maka secara alamiah akan mengakibatkan jumlah konsentrasi gas akan menurun menyesuaikan tekanan atmosfer tersebut. Secara visual yang terlihat adalah gelembung-gelembung gas keluar dari dalam cairan.

Penambahan bahan ini tentu saja berupa garam sodium karbonat secara utuh. Garam ini adalah senyawa yang terdiri ion sodium (Na) yang bermuatan positif dan ion karbonat yang bermuatan negatif. Tidak mungkin seseorang menambahkan hanya bagian ion positifnya saja atau ion negatifnya saja. Kedua jenis ion itu selalu bergabung membentuk persenyawaan garam. Jadi dalam minuman soft drink itu selalu ada ion sodium dan ion karbonatnya sekaligus.

Struktur molekul dari sodium karbonat

Oleh karena itu kalau ada produsen minuman yang mengklaim minuman mereka seharusnya adalah minuman yang bersodium karbonat. Kalau disebutkan sebagai minuman bersoda berarti menyembunyikan kandungan karbonatnya. Demikian juga kalau disebutkan sebagai minuman berkarbonat berarti menyembunyikan kandungan sodanya. Ini dari sisi konsep kimianya.

Kalau dari konsep promosi dan produksi memang tetap sah saja. Apalagi dalam era kompetisi produk di pasaran untuk merebut pangsa konsumen, maka penyebutan tidak menjadi masalah dengan menyembunyikan fakta. Bisa juga dalam rangka meraih hak atas kekayaan intelektual kadang penyembunyian fakta sering diperlukan untuk mencegah peniruan oleh kompetitor.

Dari sini pembaca mestinya paham bahwa minuman bersoda ataupun minuman berkarbonat itu pada hakekatnya adalah sama. Minuman ini jelas mengandung bahan sodium karbonat.

Satu lagi, saya pernah menjumpai gambar di internet seperti di bawah ini. Kalau “Minuman Berdosa” seperti pada label itu sih saya tidak bisa menganalisis dari sisi kimianya. Mungkin itu salah label yang seharusnya minuman bersoda. Tetapi bisa juga itu adalah jenis minuman yang kalau diminum membuat orang merasa berdosa. Kalau tidak lagi, berarti itu minuman soft drink biasa, tetapi hasil curian jadi berdosa bagi yang mencuri dan meminumnya…

Minuman Berdosa.... wah harus cepat-cepat bertaubat dan minta pengampunan itu...

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. simparmin berkata:

    wah tulisannya menarik sekali pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s