Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang banyak diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Saya juga pernah membaca soal diet vitamin C dengan selalu menjaga asupan vitamin C ke dalam tubuh setiap hari itu ternyata akan dapat memberikan efek yang cukup baik. Tidak terlalu banyak berpikir saya sendiri berusaha untuk mengikuti anjuran itu. Pada dasarnya saya sendiri juga senang mengkonsumsi buah-buahan atau beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C ini.

Di rumah sering juga dibelikan suplemen oleh isteri saya untuk menambah kandungan vitamin C ini seperti dari supradin atau permen ViCe. Tetapi yang lebih sering tentunya adalah mengkonsumsi buah-buahan segar. Apabila makan buah-buahan segar ini dapat diperoleh dengan membeli buah-buahan itu sendiri atau dengan cara lain. Cara lain yang saya maksudkan adalah dengan membeli olahan buah-buahan baik dari rujak, rujak es krim, lotis ataupun sup buah.

Sebenarnya masih ada satu lagi cara favorit saya untuk mengkonsumsi buah-buahan, yakni dengan minum jus buah. Paling enak tentu saja menyiapkan sendiri jus buah ini sendiri. Kebetulan rumah saya berdekatan dengan pasar buah Gamping. Di sana banyak dijual buah nanas grosiran. Jadi setiap beberapa waktu sekali saya ke sana membeli buah untuk dibuat minuman jus.

jus buah nenas.

jus buah nenas.

Pilihan buah yang murah dan segar untuk dibuat jus adalah buah nanas. Kalau membeli dalam jumlah cukup banyak, harga nenas ini relatif terhitung murah. Buah nanas di pasar Gamping itu didatangkan dari daerah sentra produksi buah nanas di daerah Blitar Jawa Timur. Nanas yang dari jenis kecil ini relatif senak bila sudah berumur matang dan mulai muncul warna kuning pada bagian kulit mata buahnya. Buah nanas ini dapat dibiarkan di tempat terbuka selama beberapa hari asal tunas daun yang keluar dari pucuk buah jangan dipotong.

Masalah yang muncul kalau membuat jus nanas ini adalah proses pengupasan. Mulai dari memotong ujung buah di sisi atas dan bawahnya, kemudian membuang kulit buahnya dengan pisau, terakhir membuat sayatan miring untuk membuang mata di bagian kulitnya ini. Terakhir akan diperoleh buah bersih yang menyerupai buah dibuat ukiran mengulir. Sebelum dijus, buah ini perlu dicuci dulu. Untuk buah nanas batu tinggal dicuci dengan air biasa saja, tetapi kalau pas dapat nanas air yang berukuran besar maka pencucian lebih baik jika ditaburi garam dapur terlebih dahulu. Pencucian ini bermanfaat untuk membersihkan sekaligus mencegah timbulnya rasa gatal yang akan terasa di lidah akibat dari getah nanas. Satu hal lagi kalau menginginkan jus yang tidak banyak berserat maka bagian hati yakni bagian tengah buah nanas sepanjang buahnya jangan diikutkan diblender.

Buah nenas matang siap konsumsi.

Buah nenas matang siap konsumsi.

Proses pemblenderan dilakukan dengan memblender air dan gula pasir terlebih dahulu. Selanjutnya dimasukkan potongan buah nanas dan terakhir adalah butiran es batu. Soal rasa itu selera tinggal tergantung dari gula pasir yang ditambahkan termasuk juga jumlah air yang digunakan.

Jus  nanas dapat langsung diminum segera setelah dibuat. Tetapi juga dapat disimpan terlebih dahulu di kulkas. Apabila jus disimpan biasanya akan terjadi dua lapisan berupa serat di bagian atas dan sari jus yang terletak di bagian bawah.

Kalau saya sukanya ya dicampur lagi, karena serat buah kan juga bermanfaat. Jadi selain dapat asupan vitamin C, tetap dapat juga serat guna membantu proses pencernaan.  Soal jus nanas ini, kalau sudah dibuat, anak-anak saya pun padha suka minum jus ini. Mereka tanpa dipaksa pun suka minum, yang harus dipaksa itu membantu mengupas buah dan membuat jusnya itu lho.

Iqmal Tahir

Iklan

6 responses »

  1. karina berkata:

    Saya juga sangat suka nanas. Kebetulan kolesterol level saya agak tinggi. setelah rutin makan nanas/ minum jus nanas. Kolesterol saya agak turun..

    • Iqmal berkata:

      Kolesterol paling efektif diatasi dengan pola makan yang terjaga, penggunaan jus buah-buahan termasuk nanas tentunya tidak efektif mengatasi kholesterol jika makanan tetap tidak dijaga. Salam diet bu Karina.

  2. roha berkata:

    bener pak,…kl untuk urusan minum jus nya sayapun tdk usah dipaksa 😀

  3. dapurherbalku berkata:

    kandungan gula dalam nanas juga termasuk tinggi, sebaiknya minum jus nanas jangan ditambah gula .. untuk penderita diabetes kurangi minumnya ya ?

    • Iqmal berkata:

      betul bu.. jus buah memang sebaiknya tidak pakai gula… tapi banyak orang menambahkan gula juga untuk buah yang sangat masam seperti sirsak, mangga pakel, dll, selera sih sebenarnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s