Soal jus buah sebenarnya ada satu lagi yang sangat aku sukai. Mungkin bagi kebanyakan orang jenis buah ini tidak banyak disukai, tapi bagiku sangatlah favorit yakni buah pakel. Buah ini kalau di daerah Banyumas dikenal dengan nama mbawang. Tapi tidak tahu kalau di Yogya malah disebut sebagai buah pakel padahal pakel adalah sebutan untuk mangga yang masih muda. Kalau isteri saya juga berkilah, kok mbawang yang mirip dengan bawang merah apa bawang putih saja. Untuk selanjutnya aku sebut saja sebagai mbawang.

Buah mangga pakel atau mbawang.

Buah mangga pakel atau mbawang.

Buah mbawang ini memang mirip buah mangga. Hanya saja kulit buahnya berwarna lebih ke arah coklat kehijauan dan berubah menjadi coklat kekuningan saat buah telah matang. Buah ini memiliki tekstur keras saat masih mentah. Kalau sudah matang, bagian tepi buah keras tetapi daging di dalamnya melunak dan dipenuhi dengan serat. Saat sudah matang, buah ini mengeluarkan aroma harum yang sangat kuat. Ada juga sih buah mangga yang mirip dengan mbawang saat sudah matang mengeluarkan aroma yang kuat. Buah yang mirip aromanya dengan mbwang ini adalah buah mangga kweni.

Jangan coba-coba memakan buah mbawang saat belum matang. Hal ini karena rasanya sangat masam dan buahnya bergetah yang bikin gatal di kulit. Buah yang matang pun akan dapat menyebabkan rasa gatal. Untuk mengatasinya maka setelah buah dikupas, kemudian dilumuri dengan garam dapur dan kemudian dicuci dengan air bersih.

Makan buah mbawang tidak seperti mangga yang dapat diiris kecil-kecil. Buah ini banyak berserat besar-besar sehingga memang lebih cocok untuk dibuat jus. Oleh karena itu seteleh dikupas dan dicuci, buah ini dapat diiris pada daging bagian luar, selanjutnya yang bagian dalam lebih tepat untuk diperas dengan tangan dan dibasahi air. Dengan demikian air perasan akan keluar dari buah mbawang ini untuk kemudian diblender dengan air, gula dan es.

Blender buah.

Blender buah untuk membuat jus.

Untuk membuat jus mbawang dapat dilakukan dengan menggunakan gula untuk pemanisnya. Kalau buah yanglain lebih cocok menggunakan gula pasir. Untuk jus buah mbawang lebih enak menggunakan gula jawa atau gula kelapa, walaupun juga dapat menggunakan gula pasir.

Buah ini jelas banyak mengandung vitamin C. Dari sisi rasa yang masam saja, hal ini sudah menandakan kandungan vitamin C yang tinggi. Jadi memang bagi penyuka buah-buahan, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi juga buah mbawang. Hanya memang kendalanya adalah pohon buah ini sudah mulai jarang ditemukan. Demikian juga produksi buah ini setahun hanya dijumpai satu kali saja. Jadi kalau pas saat musim, harus dimanfaatkan betul untuk membeli dan mengkonsumsi buah mbawang ini.

Jus mbawang yang kaya vitamin C.

Jus mbawang yang kaya vitamin C.

Jus mbawang, segar, manis, masam dan dingin.

Jus mbawang, segar, manis, masam, harum dan dingin.

Di Blater sebenarnya juga dijumpai satu pohon ini di halaman belakang. Tetapi pohonnya juga tidak begitu subur. Kalau di Yogya, saya biasa mendapatkan buah ini dengan jalan membeli di kios buah-buahan yang menjual untuk keperluan penjual rujak buah. Di kios ini ternyata sering dijual buah-buahan lokal yang tidak banyak dijual di kios buah-buahan lainnya. Jadi saat lewat kios ini dan kemudian tercium aroma buah mbawang yang tajam ini, dipastikan selalu mampir untuk sekedar membeli buah ini beberapa kilo.

Saya yakin banyak dari pembaca yang belum pernah lihat buah ini. Hayo mengaku sajalah….

Iqmal Tahir

Iklan

6 responses »

  1. dony arisandy berkata:

    Iya bener, saya belum pernah liat buah ini. Dari judulnya, aku pikir jus bawang, tapi gambarnya kok kayak mangga 😆 Ternyata nama buahnya mbawang 🙄

    • Iqmal berkata:

      nama mbawang itu khas daerah banyumas, untuk daerah lain pakai nama pakel… buah mangga yang memiliki aroma serupa adalah buah mangga kweni…

  2. yulika berkata:

    aku suka bgt sama buah ini, dibikin rucuh sama gula jawa klo kata org banyumas ,,,,,

    • Iqmal berkata:

      hehe…. sueger polll ya rucuhnya….. asem manis dan wangi yang khas… kalau ketambahan semut, rasanya bisa jadi nano-nano, hehe….

  3. gugun berkata:

    ko jadi penasaran ya !!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s