Perjalanan pulang ke Yogyakarta selalu ditempuh melewati waktu yang panjang. Untuk perjalanan pulang kali ini dilakukan menggunakan penerbangan Kualalumpur-Solo. Jadwal pesawat ke Solo berlangsung lebih siang daripada jika menggunakan pesawat rute langsung ke Yogyakarta.  Dengan jadwal penerbangan pada pukul 10 maka check in dapat dilakukan sekitar pukul 8 pagi. Kalau sudah seperti ini maka perjalanan dari Kangar dapat dilakukan malam hari dengan tidak terburu-buru.

Perjalanan bus dari Kangar-Kualalumpur yang memakan waktu sekitar 7 jam lebih inilah yang sebenarnya lebih meletihkan. Ibarat dalam reaksi kimia maka jalur ini merupakan rate determining step, karena waktunya lebih lama. Padahal waktu tempuh perjalanan pesawat KL-Solo sendiri hanya perlu wkatu 2,5 jam saja. Kalau masih diibaratkan dengan reaksi kimia, energi aktivasi yang terbesar adalah soal harga tiket pulang ini. Kalau ada uang sebenarnya lebih enak lagi, jika perjalanan ke KL ditempuh dengan pesawat juga dari Alor Setar. Tetapi tentu saja katalis yang diperlukan untuk mengatasi energi aktivasi ini tidak tersedia, terlebih jika diinginkan sering pulang balik tiap 3 bulan sekali.

Waktu pulang kemarin, saya naik bis Sri Maju pukul 9.30 malam. Perjalanan ini diprediksi sampai KL pada pukul 5 pagi. Saya masih belum yakin soalnya belum tahu nanti turun dari bis di hentian Bukit Jalil atau sudah di terminal baru. Jadi lebih aman pilih bis yang relatif awal saja.

Di dalam bis yang relatif enak ini, dengan pendingin AC yang cukup sejuk juga. Posisi kursi 2 – 1 sehingga memungkinkan duduk dengan nyaman. Saat itu juga bis tidak terlalu penuh. Hanay terisi penumpang kurang dari 12 orang saja.

Kepala gundul sebagai ciri khas Kojak.

Kepala gundul sebagai ciri khas Kojak.

Satu catatan saya adalah waktu itu terdapat beberapa anggota Kojak di dalam bis. Tahu Kojak kan ? itu lho detektif yang rambut kepalanya dicukur habis sehingga tinggal penthol kepala yang plontos. Mulai dari pengemudi bis yang plonthos kepalanya. Kemudian ada tiga orang penumpang yang plonthos juga. Satu orang di antaranya adalah seorang mat saleh alias bule dari Eropa.

Jadi saya yakin yang rambutnya paling panjang alias gondrong paling tinggal saya seorang. Untuk diketahui saya itu belum pernah potong rambut di Malaysia sini. Kalau rambut sudah panjang ya berarti sudah saatnya untuk pulang ke Indonesia. Hehe….

Kalau ada seorang Kojak saja maka dunia kriminal tertangani baik. Di dalam bis ini malah ada empat orang Kojak, jadi mestinya semakin aman dong. Ok lah berarti waktunya tidur saja, biar besok tidak mengantuk saja.

Bus Sri Maju langganan.

Bus Sri Maju langganan.

Perjalanan berikutnya sepertinya tidak usah diceritakan secara detail. Pokoknya sampai di Bukit Jalil pagi jam 5 lebih, terus menunggu kereta LRT jam 6 menuju Bukit Jamek, dari sini lanjut naik Kelana Jaya ke KL Sentral, disambung lagi naik bis shutlle menuju LCCT. Sampailah di LCCT sekitar jam 8 kurang. Masih cukup untuk sarapan pagi di medan selera. Dari sini barulah check in dan menunggu boarding. Di ruang ini jumpa profesor beserta isteri yang naik pesawat dari alor setar dan bermalam. Nasib jadi student ya seperti ini. Pesawat berangkat sesuai jadwal dan sampai di Solo waktu setempat adalah pukul setengah dua. Dari sini singgah makan siang di warung Mbah Semar Kartasuro. Setelah itu langsung pergi ke Yogya, mengantar ke wisma MIPA, dan kemudian langsung pergi ke rumah sakit menjenguk isteri yang sedang opname.  Malamnya langsung tidak pulang dulu, tetapi langsung ikut menemani tidur di RS Pantirapih ini. Untunglah besoknya sudah diperbolehkan pulang. Jadi begitulah cerita perjalanan pulang kali ini. Sambung lain kali ya dengan lebih detail.
Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s