Tempat makan yang enak biasanya akan selalu banyak dikunjungi orang. Untuk tempat makan yang dikelola pemodal besar maka akan dibuat dalam bentuk rumah makan yang sudah dilengkapi dengan papan nama, aksesoris pelengkap, daftar menu, hiasan lain-lain. Permasalahan adalah bagi tempat makan yang dikelola oleh pemodal kecil, maka yang paling utama tentu saja adalah penyediaan makanan dan peralatannya sehingga pengunjung dapat membeli dan menikmati makanan yang dijual. Untuk urusan pelengkap akan dibuat ala kadarnya. Saat ini saya mengamati bahwa ternyata dengan suatu bentuk kerjasama sekedarnya maka permalahan ini dapat terselesaikan dengan baik.

Jika dilihat pemilik tempat makan memerlukan sarana pendukung untuk papan penunjuk keberadaan lokasi dan bangunan yang disediakan. Selain itu mereka juga memerlukan sarana dekorasi tempat makan dan juga daftar menu. Pada sisi lain banyak suatu usaha, toko, institusi atau penyedia jasa yang memerlukan upaya promosi keberadaan mereka. Promosi yang konvensional dalam bentuk pembuatan baliho, pemasangan iklan di media surat kabar atau televisi akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika kedua belah pihak ini dipertemukan maka akan dicapai bentuk simbiosis mutualisma yang saling menguntungkan baik untuk pengelola tempat makan serta untuk pemilik usaha atau jasa yang ingin berpromosi tersebut.

Bentuk kerjasama itu adalah dalam bentuk pembuatan papan nama, daftar menu atau informasi lain yang diperlukan oleh pengelola tempat makan, tetapi di dalamnya disertakan bagian yang memuat iklan dari usaha atau jasa itu. Untuk biaya pembuatan saya kira perlu disertakan secara total oleh pihak yang ingin beriklan. Tentang desain dan isi inilah yang perlu dipertimbangkan dari pemilik tempat makan.

Contoh sponsor pada papan nama dan spanduk satu warung makan.

Biaya yang dikeluarkan relatif tidak akan sebanyak jika perusahaan melakukan promosi secara konvensional. Apabila dipasang di televisi, maka biaya promosi akan sangat besar untuk slot tayangan yang berlangsung secara singkat. Untuk pemasangan di surat kabar atau majalah juga relatif mahal dengan periode tayangan yang juga berlangsung singkat. Apabila pemasangan baliho di tempat umum akan dikenakan biaya produksi dan pajak yang juga relatif tidak sedikit. Dengan demikian pertimbangan seperti ini mungkin dapat menjadi alternatif yang boleh dicoba.

Pada sisi lain hal ini berlaku sebagai bagian dari upaya Corporate Social Responsibility (CSR) yang banyak digembar-gemborkan pemerintah saat ini. Upaya promosi ini juga akan ikut menaikkan citra perusahaan yang beriklan di mata pengunjung tempat makan.

Sekarang saya lihat sudah banyak tempat makan yang telah merealisasikan hal ini. Saya mencatat ada toko tekstil, toko tas, toko sepatu yang beriklan dengan jalan seperti ini. Saya punya langganan untuk tempat makan mi ayam, yang ternyata juga memiliki spanduk dan daftar menu di dinding yang memuat sponsor toko tas di daerah setempat. Ternyata toko ini juga melakukan hal yang sama untuk banyak tempat makan lain seperti warung bakso, soto dan lain-lain.

Pada sisi lain sekarang juga banyak spanduk toko besi yang dibuat oleh produsen cat. Baik papan baliho atau spanduk pelindung panas dari kain yang yang dipasang di depan toko itu dibuat oleh pihak sponsor dengan isi iklan produk serta informasi nama toko tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Contoh promosi di papan nama toko besi.

Demikian juga untuk produsen handphone atau pengelola provider telekomunikasi juga banyak melakukan hal yang sama. Mereka bekerjasama dengan pihak pengecer atau kios-kios telepon kecil dalam bentuk media spanduk atau poster hiasan untuk dipasang di bangunan usaha mereka.

Promosi murah meriah ini niscaya dapat menguntungkan kedua belah pihak. Jadi mestinya langkah ini perlu dilakukan oleh lebih banyak lagi perusahaan besar. Pada akhirnya sangat mungkin untuk menumbuhkan kewirausahaan baru di banyak daerah untuk mengatasi pengangguran yang semakin bertambah banyak.

Iqmal Tahir

Iklan

4 responses »

  1. Dani Ramdani berkata:

    Tulisan yang bermanfaat..
    Saya mau tanya soal biaya yg dikeluarkan oleh perusahaan jika memasang iklan pada papan nama toko.. Mungkin bisa di share.. Terima kasih

  2. inday berkata:

    bisa bantu saya gak buat papan nama seperti viva wapin diatas kl mau call or sms saya aja 085366412772, saya berminat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s