Comel dalam bahasa Melayu artinya adalah cantik. Ini adalah kata sifat yang menunjukkan kecantikan dari seseorang yang berjenis kelamin perempuan. Jadi kalau melihat seorang gadis Melayu atau sering dikenal dengan istilah awek yang memiliki paras menarik dan cantik maka bolehlah kita mengatakan dengan awek itu comel.

Omong-omong soal gadis melayu ini ada satu yang khas. Kebanyakan mereka adalah menggunakan busana khas berupa gaun panjang sampai menutup mata kaki. Kepalanya selalu tertutup kain jilbab. Mereka menunjukkan identitas bahwa orang Melayu itu muslim. Memang tidak semuanya seperti itu karena ada juga beberapa gadis Melayu yang tidak menggunakan jilbab juga. Kain yang digunakan biasanya adalah kain warna-warni dengan corak yang saya katakan meriah. Pokoknya comel itu.

Tapi yang saya herankan adalah waktu menemukan baliho raksasa tentang Gadis Melayu di tepi kota Alor Setar, yang merupakan bandar besar di negeri Kedah, Malaysia. Bayangan saya tentang gadis Melayu yang comel itu hilang sudah. Tidak ada lagi paras segar atau wajah yang cantik yang digambarkan dalam baliho ini. Tidak ada lagi feminitas atau unsur sensual dari gadis Melayu yang tadinya melekat terpateri di kepala saya. Tidak comel sama sekali.

Baliho Gadis Melayu dengan model peraga yang tidak comel.

Baliho Gadis Melayu dengan model peraga yang tidak comel.

Tengok saja gambar baliho yang sempat saya ambil fotonya. Comel atau tidak ?

Ya, itu adalah Gadis Melayu yang tidak comel. Gadis Melayu di sini adalah judul acara kontes untuk peserta para gadis Melayu untuk berprestasi dan berlomba dengan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan masing-masing. Acara ini dipandu oleh presenter laki-laki terkenal dari negeri itu. Dan presenter laki-laki inilah yang digunakan pada baliho ini, bukannya para gadis Melayu itu yang dipasang. Jadi jelas Gadis Melayu yang terpasang ini sama sekali tidak comel.

Di kehidupan sehari-hari soal comel atau tidak dari gadis Melayu itu relatif. Memang ada dan banyak juga yang termasuk kategori comel. Kalau tidak percaya tengok saja Siti Nurhaliza.

Kalau Siti Nurhaliza ini baru saya yakin memang asli comel...

Kalau Siti Nurhaliza ini baru saya yakin memang asli comel...

Kalau yang tidak comel itu juga ada dan lebih banyak lagi. Hehe…Heran saja disini banyak yang masuk kategori XXL. Soalnya banyak yang termasuk kuat makan sih.

Soal melihat orang comel di jalan, harus hati-hati. Hal ini karena bisa jadi orang comel yang anda lihat termasuk kategori pondan atau banci lokal. Kalau yang jenis ini hampir selalu dipastikan cantik-cantik sekali. Kadang memang para pondan ini banyak yang orang lokal, tapi kadang banyak yang berasal dari negeri tetangga Thailand. Pondan yang ini selalu tampak comel nih, karena mereka umumnya selalu menjaga penampilan dengan riasan atau pakaian yang menarik. Pokoknya jangan sampai tertipu lho.

Yang ini juga comel, tetapi bukan termasuk kategori gadis melayu, karena berjenis kelamin laki-laki alias banci.

Yang ini juga comel, tetapi bukan termasuk kategori gadis Melayu, karena berjenis kelamin laki-laki alias banci.

Sudahlah saya aslinya tidak suka yang comel-comel, lebih suka yang ayu-ayu saja….

6 responses »

  1. fathiiiii berkata:

    Seingat saya poster gadis melayu itu sudah ngga ada pak. Biasanya jadi patokan saya kalau ke Alor Star. Kalau sudah sampai “Gadis Melayu” tandanya sudah harus siap2 turun dari bis 😀

    • Iqmal berkata:

      hehe… itu memang foto tahun kemarin… jadi posting artikelnya ya kalau pas ingat saja dan pas kurang kerjaan…
      Woooo… yang jelas ketahuan nih bapaknya Faruq suka berharap lihat-lihat gadis melayu…. hehe….

  2. Ifei berkata:

    Aku suka yg melayu comel

  3. wakwakk berkata:

    arti “comel” itu kirain “imut/lucu” karena anak laki-laki juga sering disebut comel, kalau “awek” saya rasa emang diambil dari bahasa gaul indonesia “cewek”, begitu juga kata gua atau gue yg diserap daribahasa gaul negara kita

Tinggalkan Balasan

