Ini jelas-jelas kaki manusia, kok tetap dibilang berkaki ayam. Benar sih sama-sama kakinya ada dua, tetapi antara manusia dan ayam kan jelas berbeda. Kalau manusia kan kakinya bagus dari paha, lutut, betis kemudian pergelangan kaki. Coba lihat saja, kalau paha manusia dipamerkan kan mesti banyak yang melirik. Tapi kalau paha ayam dipamerkan, mana ada yang tertarik kecuali sudah jadi digoreng.

Sebutan berkaki ayam itu digunakan dalam istilah orang melayu untuk menyebut orang yang berjalan dengan telanjang kaki. Jadi kalau berjalan tanpa menggunakan sepatu atau ayam mereka disebut berkaki ayam. Memang sih kalau bahasa Jawa kadang menggunakan istilah nyeker. Ini kan  juga berarti kaki ayam. Tapi memang terasa aneh juga.

Berlari dengan cara berkaki ayam alias telanjang kaki alias nyeker...

Ini cerita lain. Kalau bicara alas kaki, orang selalu paham bahwa fungsi alas kaki untuk melindungi kaki agar tidak terluka saat menginjak barang tajam. Demikian juga untuk melindungi kaki agar tetap hangat saat dingin atau pun tidak kepanasan saat melintas di udara terbuka. Namun coba tengok kalau ada orang melintasi genangan air misal saat banjir. Termasuk juga saat orang naik sepeda motor saat hujan deras. Ternyata alas kaki khususnya sepatu malah dilepas dan dimasukkan ke dalam tas, sedangkan kaki malah dibiarkan berkaki ayam alias bertelanjang kaki.

Lebih baik berkaki ayam saat banjir.

Bersekolah dengan berkaki ayam

Cerita lain lagi. Soal kaki ayam jangan disepelekan lho, karena ternyata banyak orang yang penyuka kaki ayam ini. Coba tengok penggemar nasi kucing yang menyukai makan nasi bungkus ini dengan lauk kaki ayam goreng. Tengok juga penggemar nasi gudeg setan dengan menu pilihan kaki ayam. Ada lagi penggemar nasi sop ayam klaten yang fanatik pada kaki ayam. Apakah anda juga suka ?

Kaki ayam goreng asli.

Kalau orang mengenakan sepatu ini, barulah dia dikatakan tidak berkaki ayam.

Sudah dulu ya, ini soalnya kuku-kuku kaki-kakiku kaku-kaku……

Iqmal Tahir

Iklan

4 responses »

  1. karina berkata:

    hehehehehehe…..:D

  2. hehe . . . .hehe . . .hehe . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s