Berkunjung ke dusun Cangkringan, Sleman beberapa waktu lalu untuk melihat sisa-sisa letusan gunung Merapi, memang menyisakan rasa takjub serta kengerian tersendiri. Letusan gunung Merapi yang berlangsung pada bulan Oktober-November 2010 kemarin memang cukup dahsyat. Selain menimbulkan korban jiwa cukup banyak, juga mengakibatkan kerugian material yang tidak sedikit. Walaupun peristiwa letusan sudah lama berlalu, namun sisa-sisa proses letusan dan dampak bencana sekunder masih terus berlangsung.

Saat ini banyak orang berkunjung ke daerah letusan khususnya yang merupakan jalur wedus gembel. Jalur ini terbentuk melalui alur sungai-sungai utama yang berasal dari hulu di lereng gunung Merapi, yang merupakan jalur laluan asap solfatara yang dikeluarkan pada saat letusan. Solfatara yang merupakan material debu panas keluar mengalir bergulung-gulung sehingga dari kejauhan terlihat seperti wedus gembel. Dengan pergerakan yang cepat, maka wedus gembel ini akan keluar cepat dan laju menuruni lereng untuk menerjang berbagai benda yang dijumpainya. Bangunan akan runtuh terkena terjangannya. Tanaman akan layu dan kering bila terkena panasnya. Manusia dan hewan lainnya jika tidak sempat melarikan diri untuk mengungsi juga akan mati terbakar panas yang dibawa wedus gembel ini.

Pada tulisan ini saya akan menyajikan rangkaian gambar-gambar silhouete sosok pohon yang tersisa setelah terkena letusan. Sosok pohon yang meranggas inilah yang ikut menjadi saksi letusan gunung Merapi itu.

silhouette 1

silhouette 1

silhouette 2

silhouette 2

silhouette 3

silhouette 3

silhouette 4

silhouette 4

silhouette 5

silhouette 5

Pohon yang mungkin mencoba bertahan meneruskan kehidupannya masih berdiri tegak memang, hanya tiada bagian tanaman yang mendukung kehidupannya. Daun yang ada habis terbakar, sementara perakaran menembus tanah dan pasir yang masih memiliki panas di atas normal. Semoga masih dapat bertahan.

 

Iqmal Tahir

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s