Kalau ada satu buku fiksi atau tepatnya komik rekaan yang saat ini banyak menyindir aktivitasku maka inilah yang paling tepat. PhD Comics atau PhD The Strip.

cover comic PhD

PhD di sana bukan singkatan dari Philosophy Doctor tapi merupakan plesetan dari istilah tersebut yakni Piled Higher and Deeper – The Strip. Komik ini sebenarnya sudah dicetak dalam bentuk buku tersendiri yang dapat dibeli di toko buku internasional terkemuka atau lewa Amazon. Namun jika punya waktu dan ada koneksi internet bisa saja membaca cuplikan yang belum dibukukan di website yang tersedia (kunjungi websitenya di sini: http://www.phdcomics.com).

Piled Higher and Deeper” (PhD) ini merupakan komik dalam bentuk gambar ilustrasi yang menceritakan kehidupan atau gambaran sindiran yang terjadi dalam dunia akademik, khususnya menyangkut aktivitas riset dan seluk beluknya bagi seorang mahasiswa kandidiat doktor. Jadi di sini kalau pembaca yang sedang menempuh aktivitas yang sama bergelut di dalam laboratorium maka akan banyak menemui situasi dan kejadian yang sama dengan apa yang diceritakan di dalam komik ini. Bagi seorang doktor yang sudah menyelesaikan studinya pun dapat mengenang kembali apa yang pernah dialaminya sehingga dapat tersenyum terbahak-bahak karena teringat peristiwa serupa yang pernah dialaminya.

Hubungan student dan profesor.

Hubungan student dan profesor.

Sekilas mengenai pengarang komik ini yang ternyata benar-benar seorang kompeten dalam bidang riset. Jorge Cham sebagai penulis komik ini memulai coretannya sewaktu masih menampuh pendidikan di Stanford University. Dia membuat dan banyak menuangkan karyanya sewaktu menempuh pendidikan doktoralnya dalam bidang teknik mesin di universitas terkemuka tersebut. Setelah lulus yang bersangkutan kemudian menjadi dosen dan peneliti di universitas terkemuka lain yakni California Institute of Technology (Caltech) sambil tetap membuat komik ini sampai sekarang. Sebagai seorang doktor tentu saja dia juga produktif menghasilkan paper ilmiah yang baik. Beberapa publikasinya tercantum dalam list yang berderet panjang sebagian besar dalam bidang robot serta interface mesin dan otak.

Karya komik PhD ini cukup melegenda. Pada awalnya selain dipasang di website, juga muncul di harian kampus yakni di The Stanford Daily selama sembilan tahun. Kemudian juga banyak dipasang dan menghiasi surat kabar beberapa kampus yakni MIT, Carnegie Mellon University dan Caltech newspapers.

Selain dalam surat kabar atau majalah kampus, komik ini pun mampu menembus jurnal terkemuka sebagai bentuk ulasan khusus. Jurnal yang memuat hal ini dapat disebut sebagai berikut jurnal Nature, the Chronicle of Higher Education, IEEE Potentials magazine, Math Horizons magazine, Stanford Magazine dan Canada’s The Peer Review magazine. Hal yang semakin membuat lebih terkenal lagi adalah link khusus dari situs web milik surat kabar internasional terkemuka seperti USA Today’s, The NY Times dan The Washington Post.

Sampai tahun 2010 ni terdapat buku kumpulan komik yang telah dicetak. Hebatnya setiap buku ini samapi dicetak ulang karena permintaan yang banyak. Daftar judul buku ini selengkapnya adalah

Total buku yang sudah terjual adalah 70.000 eksemplar. Memang bukan ukuran yang sangat fenomenal. Hal ini saya yakin karena seluruh buku itu memang dapat diakses secara online sehingga pembaca yang berminat membeli buku itu menjadi tidak maksimal. Bagi yang ingin membaca sekilas lewat website mungkin dapat saja berkunjung ke situs yang dikelola khusus untuk komik ini. Pertumbuhan situs ini memang sangat pesat. Situs ini diakses setiap bulannya berupa 2,850,398 kunjungan dan jumlah halaman yang diakses adalah  14,300,978. Ini adalah data pada bulan Maret 2010.  Diketahui bahwa pengunjung unik ini adalah sekitar 7,088,984 per tahunnya. Pembaca ini dilacak berasal dari 800 latar belakang bidang studi, jadi tidak hanya yang memiliki latar belakang ilmu teknik saja. Selain itu diketahui pengunjung berasal dari 1000 perguruan tinggi yang berbeda dari seluruh dunia. Jadi memang komik ini memiliki pengunjung fanatik yang sangat banyak.

Beberapa karakter dalam komik ini antara lain adalah Cecilia, Mike Slackenerny, Tajel dan ada sosok yang tidak bernama. Selain itu tentu saja ada sosok profesor para pembimbing mereka dan beberapa tokoh kecil yang selintas muncul dalam beberapa adegan yang diceritakan dalam komik.

Cecilia adalah mahasiswa perempuan dalam jenjang doktor teknik. Sosok ini kadang cenderung peragu dan memiliki kegemaran khusus makan coklat.

Mike seorang yang pintar tapi sekaligus lugu. Mike lulus dari jenjang doktor ini dengan masa tempuh yang relatif lama. Dia memiliki sumber dana beasiswa dari isterinya Jen yang berharap segera dapat lulus dengan cepat.

Tajel merupakan seorang kandidat doktor dalam bidang ilmu sosial. Tajel ini seorang yang selalu mencari fakta untuk dipersoalkan sehingga banyak menuai protes dari para koleganya.

Dalam komik ini ada satu sosok yang digambarkan tak bernama atau anonim. Sering digambarkan hanya sebagai ????. Tokoh ini banyak berjasa dalam berbagai persoalan yang dijumpai di komik ini. Pembaca dapat membayangkan sendiri tokoh ini  seperti apa. Tokoh ini memiliki saudara perempuan bernama Dee, yang bercita-cita lulus dari tingkat doktor ini sebagai jalan untuk meraih kesuksesan hidup.

Beberapa kejadian, konflik, situasi atau kondisi yang biasa dihadapi para mahasiswa doktoral selalu menarik dituliskan dalam komik ini.

Tokoh Cecilia yang digambarkan sangat menginginkan lulus cepat tetapi sering banyak menjumpai kendala dalam pekerjaan di laboratoriumnya. Tugas riset yang menyita waktu sehingga banyak acara yang harus bertabrakan menyebabkan situasi menjadi mengesalkan. Banyak kasus yang menjadi bahan hiburan yang menjadi senyum kecut para pembacanya karena hal itu juga dialami oleh para pembaca.

Faktor pengumpulan data untuk pekerjaan riset sering juga dikomikkan. Beberapa hasil data yang membingungkan kadang juga menjadi bahan yang menarik dalam komik sehingga membuat pembaca tersenyum.

Satu hal yang umum dalam bidang riset ini adalah terkait dengan masalah publikasi ilmiah. Dalam komik ini juga sering digambarkan soal deadline untuk segera publikasi. Suasana kalut untuk segera menulis, bahkan situasi saat publikasi sudah disetujui hanya karena pembetulan pun dapat menjadi ide cerita yang menarik untuk disajikan dalam komik ini.

Menjelang deadline

Menjelang deadline

hihi

Sibuk tak sibuk, harus kelihatan sibuk

Tekun mengikuti seminar ilmiah.

Tekun mengikuti seminar ilmiah.

Secara umum, buku ini relatif dapat menjadi sarana pelepas stress untuk meninggalkan kejenuhan dalam bekerja di laboratorium. Sekaligus juga untuk membangkitkan semangat dalam bekerja dan lulus secepatnya. Amin.

Ada satu joke yang sangat mengena bagi saya. Biasanya seorang student doktoral diwajibkan banyak membaca buku oleh profesor pembimbingnya. Jadi kalau ada seorang mahasiswa yang moodnya sedang hilang, kemudian pada suatu hari sedang ditanya mengenai aktivitasnya, maka sah-sah saja mahasiswa tersebut menjawab, “Well, I’ve been reading some books about research…”. Hehe padahal buku riset tersebut adalah tentang PhD comics ini.

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. pras berkata:

    he,he…nyidir …..gimana sudah mau selsai belum??? sudah berapa publikasinya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s