Crop Circle beberapa waktu lalu membuat heboh masyarakat Indonesia saat dijumpai di areal persawahan di Sleman Yogyakarta. Kasus ini kemudian mencuat karena dihubungkan dengan keberadaaan UFO sebagai tertuduh utama pelaku pembuatan. Pada sisi lain banyak yang tidak percaya dan lebih berasumsi bahwa crop circle itu adalah hasil pekerjaan manusia. Terlepas dari pro dan kontra siapa pembuat crop circle itu, ternyata belum lama ini saya secara tidak sengaja melihat pembuatan crop circle i ini oleh sosok berwarna kuning besar di persawahan dekat tempat saya bekerja. Batang-batang padi ini terlihat rebah sesuai dengan jalur yang diinginkan oleh si pengendali sosok kuning ini. Crop circle iini terbentuk dalam pola lingkaran tidak simetris betul memang. Hanya saja kemudian pola crop circle ini terhapus dengan seiringnya waktu.

Crop circle di Sleman 2011.

Crop circle di Sleman 2011.

Saya yang saat itu sedang sendirian dari lantai dua di lab tempat biasa saya bekerja, benar-benar dapat mengamati proses ini dengan leluasa. Sang pembuat crop circle sendiri terlihat tidak menyadari keberadaan saya dan terus melakukan proses yang sedang dilakukannya.

Bagaimana kisah sebenarnya ? Baca saja tulisan ini lebih lanjut.

Di laboratorium saya, kalau sedang bekerja biasanya lebih senang kalau tercipta suasana yang tenang atau minimal pas dengan mood yang sedang dilakukan. Saya sendiri kalau bekerja kadang suka juga sambil diiringi musik yang beraneka macam, dari dalam negeri maupun luar, dari lagu intrumental maupun lagu bersuara vokal, baik pop, disco, dangdut bahkan rock pun tak masalah. Namun baru kali ini ada satu suara yang sangat mengganggu saat sedang bekerja. Tadinya saya berusaha tak menghiraukan suara ini. Suara yang berdengung keras, kadang menjauh dan kadang mendekat, benar-benar mengusik konsentrasiku.

Akhirnya dengan sedikit kesal aku beranjak dari tempat kerjaku dan mencoba melihat apa yang sebenarnya sedang terjadi. Saya yang sedang bekerja di lantai dua kemudian pergi ke ruang makan yang berada di bagian belakang. Dari sini dapat teramati areal persawahan yang luas dengan hamparan padi yang menguning siap dipanen.

Dari jendela yang saya buka tirainya ternyata terlihat pada hamparan padi itu membentuk pola geometrik yang menyerupai lingkaran di persawahan. Saat itu suara yang mendengung terdengar seperti mendekat ke arahku dari kejauhan. Pola geometrik itu rupanya terbentuk sebagai jejak akibat pergerakan sosok besar yang bergerak perlahan tapi pasti di areal persawahan tersebut. Sosok yang berwarna kuning ini terus bergerak membentuk pola yang diinginkan. Imajinasiku terus berkembang membayangkan pola crop circle seperti apa yang akan dihasilkan.

Kehadiranku di tepi jendela di sini sepertinya tidak diketahui, terbukti proses pembuatan crop circle itu terus berlangsung. Saya tetap di tempat itu menunggu sampai sosok kuning itu mendekat di sawah dekat bangunan laboratoriumku ini. Untuk mengabadikan peristiwa ini tidak lupa harus dilakukan. Hanya berbekal kamera dari handphone saya kira sudah cukup untuk memperoleh gambar-gambar dokumentasi pembuatan crop circle yang sedang berlangsung ini.

Inilah sebagian hasil foto-foto crop circle yang dapat saya abadikan. Gambaran sosok kuning yang membuat dan menghasilkan pola lingkaran di hamparan sawah itu juga terlihat di gambar.

Inilah circle cropnya. hehe.... jelek sekali polanya....

Inilah cropcircle-nya. hehe.... jelek sekali polanya....

Inilah sosok kuning yang sedang membuat circle crop.

Inilah sosok kuning yang sedang membuat crop circle.

Ini sih sebenarnya sedang panen padi, terus iseng dibuat circle crop.

Ini sih sebenarnya sedang panen padi, terus iseng dibuat crop circle.

OK jadi itulah crop circle yang waktu itu saya lihat. Mudah-mudahan tidak mengganggu anda lagi. Minimal dapat meyakinkan para pembaca sekalian bahwa crop circle itu hanyalah hasil perbuatan manusia. Faktor tidak terungkap dengan pasti siapa pelakunya itu hanyalah soal waktu saja.

Sudah dulu ya, ini mau balik bekerja lagi.

Iqmal Tahir

Tinggalkan Balasan

