Hobby berenang membuat banyak pengalaman berkunjung ke berbagai kolam renang di berbagai daerah. Ada satu kolam renang yang selalu menjadi favorit untuk rutin dikunjungi. Bukan kolam renang besar dengan fasilitas yang mewah memang. Namun kolam renang ini menarik untuk dikunjungi karena kualitas air yang digunakan. Sungguh bersih dan segar, serta tidak membuat pedih mata karena tidak menggunakan kaporit.

Kolam renang yang saya maksudkan itu adalah kolam renang Walik di Purbalingga. Sebenarnya nama kolam renang ini adalah Tirtasari, tapi orang setempat lebih mengenalnya sebagai kolam renang Walik.

Kolam renang ini mudah diakses dari Purbalingga karena berjarak sangat dekat tidak sampai lima kilometer. Untuk menuju ke sana dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan pedesaan yang memiliki rute Purbalingga-Kutasari. Jalan ke lokasi ini merupakan jalan aspal hotmix melewati persawahan dan obyek wisata Taman Reptil. Sesampai di pertigaan kecil dengan papan nama Kolam Renang Tirtasari maka perlu berbelok ke kanan melewati jalan non aspal tapi berbatu kecil sepanjang 300 meter. Sampailah kita ke kolam renang ini.

Suasana kolam renang dari atas bukit.

Kolam renang walik yang indah.

Jangan dibayangkan ini sebagai satu tempat wisata yang modern. Obyek ini memang hanya menjual sarana obyek wisata kolam renang saja. Namun kualitas air kolam renang inilah yang menjadi andalan. Memang di situ sekarang sudah ada rumah makan dengan menu utama ikan, tetapi keberadaan rumah makan ini relatif baru jika dibandingkan dengan obyek wisata kolam renang itu.

Kolam renang walik memiliki riwayat yang cukup panjang. Kolam renang ini sudah berdiri sejak tahun tujuh puluhan. Waktu saya sekolah menengah tahun 1980an saat SMP pun bahkan sampai SMA kalau ada acara ekstrakurikuler berenang dilakukan di kolam renang ini. Perjalanan waktu itu harus dilakukan dengan menggunakan angkutan pedesaan untuk mengangkut pelajar berombongan. Jadi bagi saya, ada catatan sejarah khusus termasuk jasa kolam renang inilah yang membuat saya bisa memiliki keterampilan berenang.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa dari kolam renang ini telah banyak mencetak atlet-atlet renang yang baik. Pihak dinas kebudayaan dan olahraga setempat memang mengasuh klub renang yang sering berlatih di kolam renang ini. Kolam renang ini sebenarnya tidak memiliki ukuran kolam yang memenuhi standar olimpiade. Namun jasa kolam renang ini tetap tidak dapat disepelekan dalam hal mencetak atlet renang nasional.

Pada asalnya kolam renang ini milik pemerintah daerah. Tetapi sekarang kolam ini dimiliki oleh pihak swasta yakni pemilik perusahaan teh Sosro. Perusahaan ini membeli lahan di sekitar kolam renang sekaligus kolam renang ini. Mata air segar ini dijadikan sebagai bahan baku untuk diolah dan diproduksi menjadi air minum dalam kemasan.

Saat memasuki komplek kolam renang ini memang yang terbayang adalah kesederhanaan fasilitas yang tersedia. Saat ini pihak pengelola memang masih berbenah, namun saya yakin akan tetap kalah kalau dibandingkan dengan taman wisata air dan kolam renang Owabong milik Pemda Purbalingga. Namun saya yakin kolam renang Walik akan tetap memiliki pengunjung fanatik seperti kami sekeluarga.

Tiket masuk ke kolam renang ini cukup murah. Kalau hari libur memang sedikit lebih mahal harga tiketnya. Bahkan kalau hari besar, harga tiket ini akan naik lebih mahal lagi tapi mendapat bonus minuman teh kotak. Harga tiket ini relatif terjangkau oleh para pengunjung.

Pintu masuk ke kolam renang.

Kolam besar untuk orang dewasa dan yang sudah mahir berenang.

Suasana pengunjung kolam renang.

Kolam yang tersedia di sini adalah satu buah kolam renang besar dan satu unit kolam renang anak-anak. Kolam renang yang besar memiliki beberapa variasi kedalaman sehingga pengunjung dapat memilih kedalaman yang sesuai dengan tingkat kemahirannya. Bagi orang yang sudah bisa berenang maka pilihan untuk mengambil jalur melintas panjang kolam adalah yang terbaik, namun juga dapat menggunakan mengambil jalur melintas lebar kolam. Bagi anak kecil memang dapat menggunakan kolam anak-anak, namun ukuran kolam ini relatif sangat terbatas.

Kolam anak-anak bagian dasar dan tepinya sudah dilapis dengan keramik, sedangkan kolam renang besar hanya dilapis plester semen saja. Namun kebersihan kolam ini tetap terjaga karena sirkulasi air terus berlangsung. Petugas rutin membersihkan air hanya dengan mengambil dedaunan yang mungkin jatuh ke dalam kolam. Sementara kolam renang lain perlu ditambahkan dengan kaporit untuk menjaga kualitas air, maka air di kolam renang Walik tidak perlu ditambahkan kaporit.

Kualitas air di kolam renang Walik cukup bagus. Hal ini karena menggunakan air yang keluar langsung dari sumber mata air tanah yang terjaga baik. Di atas kolam renang ini memang terdapat bukit besar dan tumbuh beberapa pohon besar. Salah satunya adalah pohon beringin besar dengan tajuk pohon yang sangat besar dan perakaran menggantung yang cukup lebat. Di bawah bukit inilah keluar mata air yang memancar dengan debit yang cukup besar. Sebagian air ini dimanfaatkan untuk memasok kolam renang ini, sebagian diambil untuk diolah menjadi bahan baku air minuman dalam kemasan serta sisanya disalurkan untuk dimanfaatkan penduduk setempat dan irigasi pertanian setempat.

Air masuk ke dalam kolam renang dari sudut utara kolam renang. Pengunjung banyak juga yang suka berendam di lokasi ini karena bisa merasakan kesegaran air yang baru masuk. Kalau berenang pada saat siang hari maka air ini akan terasa lebih sejuk di tubuh. Namun kalau berenang pada pagi hari atau saat hujan, maka air di bagian ini akan terasa lebih hangat.

Fasilitas kantin yang menyediakan aneka macam minuman dan makanan.

Fasilitas gazebo untuk tempat beristirahat dan menunggu.

Mata air untuk sumber air ke kolam renang.

Kalau pengunjung beranjak dari bagian ini dan menuju ke arah bukit di atasnya, maka akan dapat melihat mata air yang menjadi sumber pasokan air bagi kolam renang ini. Sebagian besar air masuk ke kolam renang tanpa perlu disaring lagi karena sudah bersih dan jernih, sebagian lagi dialirkan lewat pipa untuk digunakan pada tempat pembilasan pengunjung.

Untuk sarana pendukung bagi kenyamanan pengunjung maka di sini juga disediakan fasilitas kamar ganti, toilet, gazebo ruang tunggu, tempat penitipan barang, jasa persewaan ban pelampung, kantin dan taman bermain.

Deretan kamar ganti memang tersedia hanya kadang tampak kurang bersih. Hal ini karena memang masih mempertahankan bentuk asli sehingga orang sekarang memandang agak kurang bersih. Fasilitas ini tersedia dalam dinding semen dengan lantai tegel biasa. Terkadang di dinding banyak coretan tangan sebagai aksi vandalisme yang mengganggu pemandangan juga.

Hal yang cukup menarik adalah soal tempat untuk membilas. Sebenarnya kolam renang ini juga memiliki tempat biasa dari shower seperti halnya kolam renang yang lain. Tetapi kolam renang Walik masih memiliki dan mempertahankan dua tempat bilas yang unik. Tempat bilas ini berada di sudut ujung kolam renang. Tempat bilas ini berposisi lebih rendah dari permukaan tanah, sehingga pengguna harus menuruni tangga untuk dapat ke bawah. Air yang ada memancar deras secara terus menerus melewati pipa besar berukuran sekitar 5 inchi. Di bagian dasar air juga mengenang sehingga kaki pengguna akan tercelup dalam air. Bilas dalam pancuran seperti ini memberikan sensasi tersendiri karena air bersih yang saat ini dirasa saat mahal dapat digunakan sepuasnya untuk membilas tubuh. Satu hal yang dirasa sangat mewah kalau digunakan di rumah kita sendiri. Namun di sini dapat digunakan sepuasnya bisa berlama-lama asal tahu diri saja yang antri untuk menggunakan tempat bilas ini masih ada.

Pengunjung dapat menyewa pelampung ban yang memudahkan anak-anak bermain di permukaan air. Kadang juga digunakan pengunjung yang belum mahir berenang untuk latihan mengapung. Sewa ban pelampung ini relatif murah.

Di sebelah kolam ini juga tersedia satu kolam kecil. Kolam ini berisikan puluhan ekor ikan emas dan ikan hias air tawar lainnya. Kalau kita menyebarkan serpihan roti  maka ikan-ikan ini akan berebutan memakan taburan roti tersebut.

Komplek ini juga menawarkan fasilitas taman bermain. Pengunjung dapat pergi naik ke bagian atas bukit kecil menggunakan tangga semen yang tersedia. Di situ terdapat pondokan untuk duduk berteduh. Selain itu banyak tersedia ayunan anak-anak dan sarana bermain lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa kandang yang berisikan beberapa burung dan unggas hias lainnya yang menarik. Pengunjung dapat melepaskan rasa lelah dan beristirahat di taman bermain ini setelah selesai berenang.

Masih ada satu hal lagi yang belum diceritakan. Ini soal makanan, memang pengunjung lebih baik membawa sendiri bekal makanan dan minuman ke kompleks kolam renang ini. Namun jika tidak ingin repot, di kolam renang ini juga tersedia kantin. Pengunjung dapat memesan mi instan, bakso atau soto dari kantin ini. Kantin juga menyediakan minuman hangat dan dingin bagi para pengunjung. Kalau favorit kami biasanya adalah membeli nasi pecel dan mendoan. Kalau anak-anak yang paling suka adalah membeli mendoan dan nasi kupat, tidak lupa bonus cabe rawitnya. Mendoan yang masih panas ini kemudian dibawa ke tempat gazebo. Sambil duduk beristirahat menikmati mendoan panas ini akan sangat nikmat.

Kompleks Pemandian Walik kalau dilihat dengan Gogle Earth.

Kompleks Pemandian Walik kalau dilihat dengan Gogle Earth.


Wah ternyata cukup banyak juga yang saya tuliskan soal kolam renang ini. Pokoknya kolam renang ini termasuk yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi bagi para pelancong di daerah Purbalingga. Sekali-kali boleh juga menjadi alternatif kalau pergi Owabong sudah sering, maka pergi ke kolam renang ini dapat menjadi pilihan lain.

Ada satu humor kecil terkait soal nama kolam renang ini. Kalau ditanya mau pergi kemana, terus yang bersangkutnan menjawab “mau kewalik”. Dalam bahasa Jawa, maka jawaban ini akan memberikan bahan tertawaan karena hal itu memiliki arti mau “nungging terbalik”. Hehe…

Ayo nyari yang segar-segar saja biar bisa diwalik… eh salah, ayo mencari kesegaran di Walik…

Iqmal Tahir

Iklan

12 responses »

  1. choirul berkata:

    wah seger banget tuh………………………..

  2. b d' ima berkata:

    jadi inget masa SMP-SMA…..pingin nyemplung lagi….

  3. ya aq jg sneng bget klo d sna ap lg skrg dh ad water boomnya..

  4. Zefanya Andre berkata:

    Biaya masuknya sekarang berapa?

  5. Nabila Febbyanti berkata:

    Aku sudah pernah waktu bersama teman-teman seperti Zayyan,Viani dan Rina pake baju olahraga MIM bukateja

  6. galan berkata:

    yah nih aq jg mau kesana ma pcr

  7. tri berkata:

    Kang ceritanya bagus. Tapi bisa ga ditambah data; kedalaman kolam–yang dibilang berbagai macam kedalaman; misal 1,5 meter atau 1,2 meter atau ada yang 2 meter atau 3 meter gitu.. data seperti ini penting untuk melengkapi ungkapan “dalam” atau “cukup dalam”…

    • Iqmal berkata:

      hehe… yang jelas tidak sedalam samudera atlantik….
      sekarang kolam renang Walik sudah banyak berbenah jadi waterboom, untuk kolam anak-anak paling kedalaman setengah meter, kolam renang standar sebelah barat kedalaman 1,20 meter dan yang sisi pojok utara kedalaman 2,5 meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s