Judul tulisan ini mungkin membingunkan pembaca. Tapi betul tulisan “Gadjahlah Jarak” itu saya kutip dari satu tulisan di bak truk di daerah Mojokerto Jawa Timur. Sewaktu perjalanan dari Surabaya naik bis, di kemacetan kecil menjelang lintasan kereta api di sekitar Mojokerto, saya menjumpai tulisan tersebut di bak belakang satu truk di sebelah bis saya. Sempat juga saya abadikan dengan menggunakan kamera handphone. Mungkin tidak begitu jelas tapi lumayan masih terbaca.

Plesetan "Jagalah jarak" menjadi "Gajahlah jarak"

Plesetan "Jagalah jarak" menjadi "Gajahlah jarak"

Tulisan soal keselamatan kerja memang perlu disampaikan di mana saja. Di tempat kerja kalau suatu perusahaan yang mengutamakan keselamatan kerja ini selalu membuat poster motivasi dan keselamatan kerja. Hal ini tentu saja berguna untuk selalu mengingatkan para pekerja untuk menjaga kehati-hatian selama bekerja. Pada akhirnya diharapkan jumlah kecelakaan kerja seminimal mungkin.

Di jalan raya peringatan soal keselamatan selama di jalan banyak diberikan oleh pihak DLLAJR dalam bentuk rambu-rambu jalan dan informasi jalan. Hal ini diharapkan dapat membuat pengemudi atau pengguna jalan mematuhi serta lebih berwarspada dalam membawa kendaraan. Informasi jalan di depan seperti tikungan, tanjakan, turunan atau bahkan kondisi lain sering diinformasikan dalam bentuk rambu. Keberadaan sekolah, pasar, masjid pun diberikan dalam bentuk rambu. Selain itu batasan kecepatan yang diperbolehkan pun menjadi salah satu bentuk peringatan ini.

Secara personal, pengemudi kadang-kadang juga memiliki cara untuk membuat yang bersangkutan selalu bertindak hati-hati di jalan. Saya sering menjumpai stiker kecil yang dipasang di dashboard mobil atau jendela yang mudah terbaca pengemudi. Isi stiker ini bermacam-macam seperti jangan ngebut, hati-hati di jalan, dan lain sebagainya.

Untuk memperingatkan pengendara lain, peringatan semacam seringkali dibuat ditulis di bagian belakang kendaraan. Hal ini banyak digunakan umumnya pada kendaraan besar seperti truk atau bis. Contoh tulisan itu misalnya adalah, awas truk panjang, muatan berat, dilarang menyalip dari sebelah kiri, dan lain-lain.

Contoh tulisan yang sering terbaca di bagian belakang kendaraan adalah Jagalah Jarak. Hal ini sering digunakan untuk peringatan kendaraan di belakangnya apabila kendaraan tersebut memperlambat laju dengan jalan menekan rem. Apabila jarak sangat dekat bisa saja kendaraan di belakang tidak sempat mengerem dan dapat menabrak kendaraan tersebut. Oleh karena itu peringatan tulisan Jagalah Jarak ini dicantumkan.

Tulisan peringatan seperti ini mestinya harus dibaca secara jelas. Jadi kalau tulisan itu kemudian ditulis dalam bentuk plesetannya maka sudah tidak lagi bersifat sebagai peringatan namun sebagai hiburan. Kalau membaca secara sekilas mungkin tidak ada efeknya, karena yang terpateri dalam memori kita selalu anjuran untuk menjaga jarak. Baru kalau dibaca secara cermat akan diketahui kalau hal itu adalah bersifat sebagai hiburan juga, supaya tidak nganthuk. Yang itu soalnya promosi toko besi merek “Gajah” sih, lihat saja lagi gambar di atas, ada gambar gajahnya juga kan…

Ok lah yang penting kita tahu maksudnya adalah jagalah jarak.

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. Saya setuju dengan penulis.
    Tingkat kecelakaan di jalan raya semakin meningkat setiap tahun seiring dengan penambahan jumlah kendaraan di jalan raya.

    Selain itu, behaviour pengemudi yang tidak baik juga menjadi alasan. Kebut kebutan, pindah jalur tidak pakai sein, dll.

    Makanya stiker ini menurut saya sedikit banyak membantu memperingatkan pengemudi lain untuk lebih berhati hati.

    nice blog btw.

    Salam K3,
    LK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s