Air bersih sudah merupakan satu fasilitas primer baik untuk keperluan konsumsi tubuh maupun untuk mendukung aktivitas sehari-hari dalam menjaga kebersihan misal untuk mandi, mencuci atau lainnya. Jika tidak ada dukungan air bersih, saya yakin banyak sekali hal akan menjadi kacau dan bahkan boleh dibilang menjengkelkan. Saya baru-baru ini mengalaminya.

Bagi pembaca mungkin akan lebih mudah mengetahui proses ini kalau diilustrasikan seperti kejadian dalam videoklip grup vokal dari Korea yang sedang ngetop sekarang ini. Grup Wondergirl punya salah satu single hits yang banyak disukai orang yakni lagu Nobody. Tentu saja yang saya sampaikan adalah terkait dengan videoklip itu yang unik dan lucu.

Sesuai narasinya maka lagu itu seolah-oleh dinyanyikan oleh seorang penyanyi laki-laki dengan latar grup tari perempuan yang dalam hal ini diperankan anggota Wondergirl aslinya. Sewaktu akan pentas menyanyikan lagu ini, tiba-tiba penyanyi laki-laki ini pergi ke toilet dulu untuk buang air besar tanpa pamit. Peristiwa yang dikira biasa saja, ternyata menjadi masalah saat di dalam toilet yang digunakan tidak ada kertas tissue untuk bilas. Padahal proses buang air besar sudah terlaksana. Sewaktu yang bersangkutan memanggil orang ternyata tidak ada satupun orang di luar yang muncul. “Chukiyo….!!”.

Kondisi di panggung sudah dimulai dengan lantunan intro musik dari lagu, dan pada akhirnya lagu harus dinyanyikan sang penyanyi utama belum muncul-muncul karena masih terjebak di dalam toilet. Akhirnya memaksa improvisasi grup penyanyi latar yang tampil. Dan ternyata justru lagu yang dinyanyikan ini menjadi lebih baik dan disukai para penonton. Saat penyanyi utama sudah selesai dengan masalah toilet dan akan naik ke panggung, ternyata lagu sudah mau habis. Kalau videoklip ini menjadi unik, tetapi peristiwa di toilet ini menjadi satu pengalaman yang lucu dan menjengkelkan ini.

Videoklip unik dari wondergirl.

Videoklip unik dari wondergirl.


Peristiwa yang mirip baru saja aku alami juga. Ceritanya waktu itu lab kami di klaster yang berada di bangunan dua lantai itu baru mengalami masalah air di toilet. Untuk lab lantai satu tidak ada masalah, tetapi lab di lantai dua ternyata air keluar sangat kecil pada waktu siang hari. Jadi semua aktivitas yang menggunakan toilet harus pindah ke lantai bawah.

Saya yang sebenarnya jarang naik dan menggunakan lab atas jadi kurang begitu mengingat akan masalah kelangkaan air ini. Waktu itu harus terburu-buru untuk pergi ke perpustakaan, saat itu juga harus membuat fotokopi surat, untuk itu harus pergi ke ke lab atas tersebut yang memiliki sarana mesin fotokopi terdekat daripada balik ke ruang kantor saya di sebelah. Sebelumnya baru saja makan kwetiaw udang agak pedas dan ditambah segelas besar es teh susu. Ternyata setelah makan berefek pada bergejolaknya isi perut pada waktu di sana. Tentu saja spontan saat itu pergi ke toilet terdekat di lab atas itu. Dengan penuh kelegaan dan tanpa perasaaan apa-apa pokoknya semua yang memberontak dilepaskan saja di dalam toilet itu. Baru setelah isi perut keluar, segera tersadar bahwa toilet ini sedang bermasalah karena tidak ada air. Mata segera jelalatan untuk mencari tempat tisue yang ternyata tidak tersedia karena memang tidak biasa di sini. Semakin panik, lihat air di tempat setor juga tidak mengalir.

Waduh….

Setelah menghela napas sejenak, memikirkan langkah selanjutnya. Langkah pertama adalah tentunya memastikan apakah di bak kamar mandi sebelah terdapat air atau tidak. Tetapi tentu saja harus jalan keluar. Begitu pintu terbuka kupanggil ada orang atau tidak. “Chukiyo…!!”, eh keliru “Zul…!!”. Setelah pasti tidak ada jawaban berarti tidak ada orang. Secepat kilat pindah ke kamar mandi sebelah dan untunglah masih ada cukup air. Dengan ember dapatlah digunakan untuk mengambil air untuk keperluan membilas bagian tubuh yang terkontaminasi. Untunglah air juga masih cukup untuk menyetor toilet sampai bersih. Hehe…. syukurlah.

Kalau di videoklip Wondergirl ini di akhir lagu masih ada scene dimana dia mengulangi masuk ke toilet. Di sana dia memastikan keberadaan kertas tisue ini sebelum melaksanakan hajatnya. Tetapi ternyata peristiwa ini berulang kembali karena digambarkan saat itu aktivitas dilangsungkan setelah melihat ada kertas tisue, hanya saja ternyata kertas tisue yang tersedia hanya satu lembar alias tidak mencukupi. Kalau saya ya tentu saja tidak mau mengulangi hal yang sama, pokoknya kalau perut mules, langkah pertama adalah cek keberadaan air di toilet itu dulu….

“Chukiyo…!!”.

“Nobody…nobody…nobody… but you…..”.
“Nobody…nobody…nobody… but you…..”.

Wondergirl beraksi...

Wondergirl beraksi...

Iqmal Tahir

Iklan

2 responses »

  1. ari berkata:

    Hehe… kalo ada CCTV nya… bisa jadi pengisi youtube nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s